Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan Wajah yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan Wajah yang Jarang Diketahui - Manfaat kacang ini jarang diketahui karena orang selama ini orang lebih banyak mengenal kacang merah berkaitan dengan kesehatan tubuh. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang keberadaannya dikenal luas di dunia. Kacang ini tumbuh subur di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Jenis kacang ini relatif mudah untuk dibudidayakan dengan waktu budidaya yang cukup singkat.

Kacang dengan nama latin phaseolus vulgaris ini berbentuk seperti ginjal dengan warna merah kecoklatan. Hal inilah yang menjadikan kacang merah dikenal dunia dengan nama kidney beans. Kacang merah kering ataupun produk-produk makanan dan minuman yang berbahan dasar kacang merah cukup mudah dijumpai. Es krim, puding, kue dan sup merupakan jenis makanan yang biasa menggunakan kacang merah sebagai campurannya.

manfaat kacang merah

4 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan

Kacang merah dikenal sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan serat, protein, karbohidrat, kalsium, asam folat, zat beli dan juga memiliki kandungan vitamin A, B, C, D, B6 dan juga B12. Kandungan gizi dalam kacang merah ini menjadikan kacang merah memiliki segudang manfaat. Selain bagus untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga untuk menjaga berat badan, ternyata kacang merah bagus untuk merawat kecantikan. Berikut 4 manfaat kacang merah untuk kecantikan kulit wajah yang belum banyak diketahui orang.

1.      Mencegah Penuaan Dini

Kacang merah memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV A dan UV B serta polusi udara. Kulit kering, kusam dan keriput merupakan tanda-tanda awal penuaan. Hal ini akan sangat mengganggu apabila dialami oleh orang-orang yang secara usia belum masuk dalam kategori tua. Kandungan antioksidan dalam kacang merah cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi dengan teratur maka dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

2.      Sebagai Toner Wajah

Manfaat kacang merah yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya untuk menyegarkan kulit wajah atau sebagai toner. Selain menyegarkan, toner juga berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran atau minyak pada kulit wajah yang masih tertinggal meski sudah dibersihkan dengan pembersih. Bagian yang digunakan sebagai toner adalah air rebusan kacang merah. Rebus setengah bagian kacang merah dengan satu bagian air hingga mendidih. Setalh mendidih, saring rebusan kacang merah tersebut. Tunggu hingga air rebusan menjadi dingin sebelum diaplikasikan sebagai toner wajah.

3.      Sebagai Masker Wajah

Masyarakat Jepang sudah sejak lama mengenal kacang merah sebagai salah satu bahan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Sebelum dijadikan sebagai masker, kacang merah perlu untuk ditepungkan terlebih dahulu. Kacang merah kering dapat langsung digiling untuk dijadikan bubuk. Bubuk kacang merah selanjutnya dicampur dengan air untuk diaplikasikan sebagai masker wajah. Air bisa juga diganti dengan minyak kelapa, minyak zaitun, madu atau air bunga. Bubuk kacang merah sebaiknya disimpan di kulkas ketika belum digunakan sehingga akan awet utuk digunkan kemudian hari.

4.         Untuk Mengangkat Sel kulit Mati

Sel kulit mati yang masih menempel pada keulit tentu saja akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan kotor. Manfaat kacang merah adalah sebagai eksfoliator atau pengangkat sel kulit mati. Aplikasikan bubuk kacang merah sebagai scrub pada kulit wajah. Sebaiknya tidak menggunakan scrub kacang merah ini terlalu sering karena justru dapat membuat kulit wajah sensitif terhadap sinar matahari.

Kacang merah sangat mudah dijumpai baik di pasar-pasar tradisional ataupun di pasar moderen. Manfaat kacang merah sudah tidak ditragukan lagi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membiasakan mengkonsumsi dan juga menggunakannya kacang merah dalam merawat kesehatan serta kecantikan kulit wajah. Untuk lebih praktis, air rebusan kacang merah dan juga bubuk kacang merah bisa dibuat dalam jumlah cukup banyak dan simpan di kulkas. Ayo manfaatkan kebaikan alam untuk merawat kulit wajah.

Post a comment for "4 Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan Wajah yang Jarang Diketahui"