Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

4 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi. Di antaranya yakni faktor keturunan, kegemukan, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya. Maka dari itu, untuk mencegah hipertensi ini dapat dilakukan dengan menghindari faktor-faktor risikonya tersebut.

Sebelum terlambat, high blood pressure ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika anda menemukan gejala seperti jantung yang berdebar cepat, vertigo, mudah marah, dan cepat lelah, maka sebaiknya anda segera menghubungi dokter. Hal ini karena keadaan-keadaan tersebut merupakan gejala yang umum dialami oleh pengidap tekanan darah tinggi.

makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi

4 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Ada pantangan khusus bagi pengidap hipertensi. Bukan hanya kebiasaan-kebiasaan tertentu, namun juga soal makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi:

Makanan olahan yang tinggi garam

Garam memang bermanfaat bagi tubuh. Namun kadar yang berlebihan dalam tubuh justru dapat memberikan sinyal bahaya. Ini karena garam yang mampu mengikat air ini berfungsi sebagai pengatur tekanan darah. Dan jika berlebihan maka tubuh akan kehilangan kontrolnya. Pengonsumsian garam ini dibatasi hanya 1 sendok teh saja setiap harinya.

Sementara makanan olahan identik sebagai makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Karena itulah, makanan olahan termasuk dalam makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi. Untuk mencegah gangguan pada sistem jaringan tubuh, maka dapat diimbangi dengan pengonsumsian sayur dan buah-buahan.

Makanan berlemak

Kandungan lemak jenuh menjadi makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Di antara makanan-makanan tersebut adalah kulit ayam, mentega, dan beraneka goreng-gorengan. Pantangan ini tentunya bukan tanpa alasan. Sebab makanan yang mengandung lemak jenuh ini tidak dapat dicerna tubuh dengan baik. Sementara keadaan tersebut akan menjadi sebab meningkatnya lemak darah.

Makanan dalam kemasan

Makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi berikutnya adalah makanan dalam kemasan. Ini karena makanan dalam kemasan umumnya merupakan makanan yang mangandung kadar gula dan garam yang tinggi. Sementara kandungan tersebut merupakan zat yang sebaiknya dihindari bagi pengidap tekanan darah tinggi.

Selain itu, pengidap darah tinggi juga tidak dianjurkan untuk konsumsi berbagai daging olahan, seperti sosis, kornet, hot dog dan lain sebagainya. Pantangan tersebut berdasar pada tingginya kandungan garam pada olahan-olahan daging tersebut. Sebaliknya, anda dapat mengonsumsi beberapa jenis sayur maupun buah yang sifatnya dapat menawarkan tekanan darah tinggi. Mentimun dan pir adalah di antaranya.

Makanan tinggi gula

Bukan saja karena dapat timbulkan obesitas, makanan tinggi gula juga dapat semakin meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, makanan tinggi gula menjadi makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi. Di antara makanan-makanan tersebut ialah es krim, donat, aneka kue kering, dan lain sebagainya.

Menghindari penambahan gula rupanya juga tidak hanya bagi makanan saja, namun juga bagi beraneka minuman. Jika anda suka mengonsumsi jus buah misalnya, maka sangat dianjurkan bagi anda untuk membuatnya sendiri. Sebab jus buah dalam kemasan yang banyak dijual di swalayan terindikasi mengandung kadar gula yang tinggi. Begitu pula dengan minuman lainnya, seperti kopi, soda, maupun coklat dalam kemasan.

Penanganan masalah kesehatan yang satu ini memang cukup merepotkan. Namun, dengan membiasakan diri, anggapan tersebut akan memudar. Sebab tujuan mematuhi pantangan makanan yang harus dihindari pengidap hipertensi ini juga untuk mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Post a comment for "4 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi"