Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Dilakukan Pasca Melahirkan

Trik Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Dilakukan Pasca Melahirkan - Setelah melahirkan, salah satu masalah yang seringkali dialami oleh para ibu baru adalah menurunkan berat badan. Segala macam cara sudah dilakukan, tapi tetap saja berat tidak turun turun. Padahal untuk menjalankan diet bagi ibu yang baru saja melahirkan haruslah tepat, agar tetap aman bagi ibu dan bayi. Terlebih jika ibu masih dalam masa menyusui, sehingga harus memperhatikan produksi ASI. Karena pasalnya, banyak ibu yang justru salah dalam menerapkan cara diet tepat.

Ketahuilah bahwa hal ini bisa sangat mempengaruhi kondisi bayi yang menyebabkannya kekurangan nutrisi. Selain itu, kondisi ibu pun bisa mengalami lemas dan kelelahan berlebih akibat salah menjaga pola makan. Terlebih jika ibu menerapkan diet ketat dengan cara sala. Maka dari itu, pastikan Anda mengikuti trik diet sehat ini supaya hasilnya lebih optimal. Sehingga efeknya pun akan baik bagi kesehatan ibu dan bayi tanpa terjadi perubahan kesehatan yang mengganggu kondisi tubuh.

diet sehat ibu menyusui

Trik Diet Sehat Ibu Menyusui

Memberikan ASI eksklusif

Trik pertama dalam melakukan diet sehat ibu menyusui secara aman dan menyehatkan yaitu dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi. Semakin sering ibu memberikan ASI nya pada bayi, tentu produksi ASI juga menjadi semakin lancar. Sehingga banyak nutrisi penting termasuk lemak baik yang ada dalam ASI akan ditansfer pada bayi Anda. Karena itulah, sangat wajar jika menyusui bayi secara intensif dapat menurunkan berat badan secara alami dan bertahap.

Makan secara teratur

Pemberian ASI eksklusif akan sempurna jika pola makan Anda teratur, sehingga hindari melewatkan waktu makan. Jangan pula berfikir jika diet harus mengurangi asupan makanan dan menunda waktu makan yang justru merugikan kesehatan. Pola pikir seperti ini akan mengurangi kualitas produksi ASI ibu menjadi lebih sedikit. Agar produksi makin banyak, ibu juga harus memperhatikan variasi makanan yang dikonsumsi. Pastikan nutrisi yang dikonsumsi seimbang, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, omega 3, zink, zat besi, serta mineral.

Porsi makan tepat

Masih bingung dalam menentukan porsi makan yang tepat dalam menjalankan diet sehat ibu menyusui? Porsi yang besar untuk sekali makan sebaiknya Anda hindari karena bisa menyebabkan kegemukan dan tidak diolah sempurna di organ cerna. Akan lebih baik jika Anda memilih porsi makan yang kecil, tapi dengan intensitas sering dan dilengkapi menu sehat. Hindari juga untuk tidak menurunkan asupan makanan secara tiba-tiba sebab dapat mengganggu produksi ASI yang menurun.

Pilih menu makanan sehat

Selain makan secara teratur dan menggunakan porsi kecil namun sering, Anda juga harus memilih bahan makanan yang menyehatkan. Ada banyak sekali jenis bahan makanan sehat bagi program diet sehat ibu menyusui yang bisa Anda pikih. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan variasi berbeda, supaya kebutuhan nutrisi tercukupi. Berbagai jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi, misalnya seperti beras merah, daging tanpa lemak baik, buah, kacang dan biji-bijian, susu rendah lemak, telur, ikan salmon, roti gandum, sereal, serta sayur-sayuran.

Olahraga yang tepat

Trik diet sehat ibu menyusui yang hampir tak boleh dilewatkan adalah melakukan olahraga. Ketahuilah bahwa selama hamil, melahirkan, hingga menyusui, otot menjadi lebih kendur dan banyak penumpukan lemak. Maka dari itulah, sangat penting malakukan olahraga agar otot-otot yang mengendur menjadi kencang dan lemak menjadi menghilang.

Kelima trik untuk diet sehat ibu menyusui tersebut cukup mudah bukan buat diikuti? Bagi Anda yang saat ini mengalami berat badan yang semakin naik, sangat disarankan mengikuti trik di atas. Jangan lupa juga untuk menerapkan target diet yang ingin Anda dapatkan nantinya. Tujuannya adalah supaya Anda memiliki niat dan komitmen dalam menjalankan diet yang tepat.

Post a comment for "Trik Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Dilakukan Pasca Melahirkan"