Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Sering Dilupakan

Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Sering Dilupakan - Apakah anda berniat untuk menurunkan berat badan namun bingung memilih metode yang efektif dan cepat memberikan hasil? Banyak orang masih saja bingung untuk memilih cara diet yang paling tepat, lantaran banyaknya metode yang diklaim efektif menurunkan berat badan.

Padahal ada banyak cara yang tepat dan cepat untuk diet, salah satunya adalah menerapkan aktifitas fisik dengan berolahraga. Cara ini sering kali jadi pilihan, lantaran tidak hanya memberikan manfaat dalam penurunan berat badan saja. Olahraga sehat untuk diet melainkan juga mampu membentuk badan jadi lebih kencang dan terlihat ideal.

olahraga sehat untuk diet

Belum lagi dengan manfaatnya terhadap kesehatan yang juga menurunkan resiko beragam penyakit seperti penyakit jantung, stroke, obesitas, dan lain sebagainya. Namun dalam menjalankan aktifitas ini anda perlu memperhatikan beberapa hal supaya hasilnya lebih optimal. Berikut ini tips dalam menjalankan latihan olahraga sehat untuk diet tersebut.

Tips Olahraga Sehat untuk Diet

1. Lakukan olahraga dengan durasi bertahap

Bagi Anda yang baru saja memulai olahraga atau tidak terbiasa melakukannya, akan lebih baik jika anda memulainya secara bertahap. Lakukan olahraga paling tidak berdurasi 30 menit setiap hari, serta jangan terlalu dipaksakan. Setelah terbiasa, mulailah menaikkan durasi olahraga anda menjadi lebih lama. Tips ini akan membiasakan anda untuk lebih mudah dalam melakukan olahraga sehat untuk diet, sehingga badan tidak merasa pegal-pegal.

2. Olahraga dimulai dari yang ringan

Selain harus melakukan olahraga dengan durasi waktu yang bertahap, anda juga harus menambah tingkatan olahraga. Jika sebelumnya anda mengikuti jenis olahraga ringan seperti jalan jalan pagi, lari kecil di sekitar kompleks, atau pun sekedar pemanasan, sebaiknya mulailah meningkatkannya. Anda bisa melanjutkan dengan olahraga lebih berat seperti bersepeda, senam, futsal, basket, dan lain sebagainya.

3. Jangan melupakan pemanasan terlebih dulu

Tips olahraga sehat untuk diet selanjutnya adalah jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum berolahraga. Anda bisa memperkirakan untuk melakukannya secara maksimal selama 5 - 10 menit dengan gerakan yang tepat. Pemanasan ini bertujuan untuk mempersiapkan otot, denyut jantung, serta suhu tubuh selama latihan.

4. Fokuslah saat berolahraga

Satu hal penting yang tak boleh anda lewatkan saat olahraga adalah harus fokus saat sedang latihan fisik. Dengan fokus dan konsentrasi, hasil olahraga akan lebih optimal dan sesuai yang diinginkan yaitu penurunan berat badan. Seperti halnya ketika Anda menghabiskan waktu olahraga dengan berjalan di treadmill sekaligus nonton televisi, tentu hasilnya tidak maksimal. Begitu pula jika anda berolahraga diselingi dengan mengonsumsi cemilan atau pun minuman manis dengan kalori tinggi.

5. Pastikan latihan sesuai kemampuan

Tips olahraga sehat untuk diet selanjutnya yaitu memastikan bahwa jenis dan durasi latihan sesuai kemampuan. Ketahuilah bahwa sebaiknya-baiknya durasi olahraga, yaitu sesuai dengan kemampuan dan kondisi kesehatan. Jangan sampai anda memaksakan kemampuan dengan berolahraga berlebihan, contohnya seperti terus berolahraga saat tubuh benar-benar lemas dan tak bertenaga. Kondisi ini justru akan memberikan resiko buruk terhadap kesehatan.

Itulah tadi tips olahraga sehat untuk diet yang jarang diperhatikan oleh sebagian orang saat tengah beraktifitas fisik. Namun yang tak kalah pentingnya, terpentingnya, yaitu berolahragalah secara konsisten untuk memaksimalkan manfaatnya. Anda pun dapat memilih jenis olahraga yang disukai dan dirasa cocok. Dengan begini, anda akan selalu merasa nyaman saat melakukan olahraga dan berkomitmen untuk serius melakukannya. Sehingga keinginan anda untuk melakukan diet sehat dengan cara olahraga juga akan berhasil dengan berat badan yang diharakan.

 

Post a comment for "Tips Olahraga Sehat untuk Diet yang Sering Dilupakan"