Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Natural Diet untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Qsehat.com - Natural diet merupakan cara terbaik bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal. Berat badan ideal tentunya menjadi dambaan hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Berat badan ideal tentu saja sangat menunjang penampilan dan juga baik untuk kesehatan.

natural diet
natural diet
Cara diet alami atau diet natural merupakan salah satu cara diet tanpa menggunakan suplemen ataupun jenis obat-obatan penurun berat badan. Proses diet secara alami memerlukan proses yang lebih panjang dibandingkan dengan diet instan. Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi keberhasilan diet.

Inilah Tips Diet Natural untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Saat ini ada beragam cara diet yang dapat dijadikan pilihan dan sesuai dengan kondisi masing-masing orang. Untuk menjalani program diet sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan sehingga dapat membahayakan kesehatan. Berikut cara natural diet yang harus anda ikuti:

1. Rutin Sarapan Pagi

Meski sedang melakukan program diet, bukan berarti tidak boleh makan pagi atau sarapan. Sarapan dengan menu yang tepat akan membuat tubuh merasa segar, kebutuhan kalori terpenuhi dan pastinya tubuh tidak mudah lapar. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat dan protein untuk sarapan.

2. Pilih Makanan Berserat Tinggi

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat diperlukan dalam program natural diet. Alpukat, pisang, pepaya, jagung, kacang polong, brokoli dan juga beras merah merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan serat. Serat tinggi pada sayuran dan buah dapat membantu memperlancar pencernaan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki peran penting dalam melakukan natural diet. Mengkonsumsi air putih sebelum makan membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang sehingga mengurangi porsi makan. Selain itu, asupan air putih yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan sempurna sehingga akan tetap merasa segar.

4. Olah Raga Rutin

Cara diet sehat dan alami salah satunya adalah dengan melakukan olah raga secara rutin. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari asalkan dilakukan secara rutin sudah tentunya sangat membantu proses diet. Olah raga secara rutin akan membantu penurunan berat badan dan menjaganya untuk tidak naik lagi.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Tubuh tidak memerlukan asupan gula dalam jumlah yang banyak. Kebutuhan gula harian pada tubuh dapat dipenuhi dari buah dan sayur yang dikonsumsi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan karena dapat membahayakan kesehatan. Biasakan untuk membaca tabel gizi saat membeli minuman kemasan.

6. Hindari Minuman Beralkohol

Saat sedang melakukan natural diet, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Alkohol dalam minuman biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Selain itu, alkohol dapat menghilangkan mineral-mineral penting yang ada di dalam tubuh.

7. Kurangi Gorengan dan Garam

Gorengan dan garam merupakan dua hal yang sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari ketika sedang melakukan natural diet. Kandungan minyak dalam gorengan dan juga garam dapat mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme yang terganggu tentu saja akan mengacaukan program diet yang sedang dijalani.

Natural diet hasilnya tidak bisa langsung terlihat karena prosesnya yang cukup lama. Meskipun jenis diet ini memerlukan waktu cukup panjang, namun hasilnya bisa bertahan lama dibandingkan dengan diet instan. Berat badan tidak akan mengalami penurunan ataupun kenaikan secara drastis.

Disiplin diri sangatlah diperlukan dalam program diet alami untuk memperoleh hasil maksimal.
Lakukan diet secara konsisten dan bertahap. Jika tidak mampu untuk melakukan ketujuh tips tersebut secara langsung, mulailah dari yang paling mudah. Lama kelamaan akan terbentuk pola makan dan juga gaya hidup yang sehat.

Siap untuk melakukan natural diet? Selamat mencoba.

Post a comment for "7 Tips Natural Diet untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal"

Berlangganan via Email