Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Sehat Bagi Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Produksi Asi

Tips diet sehat bagi ibu menyusui tanpa mengurangi produksi ASI. Bukan rahasia lagi jika pascamelahirkan, tubuh ibu membengkak dan menjadi lebih gemuk daripada sebelum masa kehamilan. Ini sebenarnya terjadi karena pola makan ibu yang tidak teratur ketika sedang mengandung, dan efek dari meningginya hormon yang menyebabkan semakin meningkatnya nafsu makan.

Nah, porsi dan pola makan ketika mengandung tersebut biasanya terbawa hingga setelah melahirkan. Sementara metabolisme perempuan yang lebih lambat membuat kelebihan nutrisi tubuh menumpuk dan menjadikannya kegemukan. Efeknya, setelah melahirkan, akan terasa bahwa tubuh semakin gemuk yang biasa ditandai dengan tidak muatnya baju-baju lama ketika hendak dipakai kembali.


tips diet sehat ibu menyusui
tips diet sehat ibu menyusui

Tips Diet Busui Tanpa Kurangi Asi

Diet yang dilakukan oleh ibu menyusui tentunya berbeda dengan diet yang dilakukan oleh orang-orang lainnya. Hal ini, karena ibu menyusui memiliki tanggungan untuk tetap memberikan asi yang kaya nutrisi untuk si buah hati. Oleh karenanya, cermati tips diet sehat ibu menyusui berikut ini.

Cukupi kebutuhan sayur dan buah

Tips diet sehat bagi busui yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan sayur dan buah. Ini dilakukan supaya ibu tetap memperoleh asupan nutrisi seperti kalsium, potasium, zat besi, dan mineral dari berbagai macam sayur maupun buah yang dikonsumsi. Buah yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui di antaranya ialah apel, pisang, pear, dan lain sebagainya.

Dalam proses diet yang juga masih dalam keadaan menyusui, ibu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah maupun sayur yang padat gizi namun dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan demikian, selain ibu mendapat manfaat untuk penurunan berat badan, ibu juga tetap mencukupi kebutuhan nutrisi si buah hati dengan tips diet sehat ibu menyusui.

Cukupi kebutuhan serat

Tips berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan serat. Selain nutri-nutrisi seperti zat besi, maupun kalium yang diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah, kebutuhan serat tubuh juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan tersebut. Bahan makanan lainnya yang memungkinkan ibu dapat mencukupi kebutuhan serat namun tetap di jalur diet sehat ibu menyusui adalah berbagai produk berbahan gandum utuh.

Cukupi kebutuhan protein

Mencukupi kebutuhan protein adalah salah satu tips diet ibu menyusui yang paling penting. Protein-protein ini bisa i bu dapatkan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang merupakan sumber protein baik, salah satunya adalah putih telur. Makanan berprotein tinggi yang rendah kalori ini juga dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Dan tentu akan snagat membantu bagi ibu yang biasanya mudah merasa lapar setelah menyusui.

Kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi

Tips diet busui yang terakhir adalah mengurangi pengonsumsian makanan dengan kadar gula berlebih. Ini dikarenakan gula seringkali tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Oleh karenanya, sangat baik jika makanan-makanan manis tersebut diganti dengan makanan-makanan yang kaya serat, maupun makanan kaya protein yang akan membuat ASI ibu lebih berkualitas.

Tips diet ibu menyusui di atas dapat dilakukan bagi ibu yang menjalankan program diet namun dengan tetap memperhatikan kebutuhan untuk tumbuh kembang si kecil. Namun meski begitu, ibu harus menghindari beberapa jenis makanan yang mungkin dapat menimbulkan alergi. Jika ibu menemukan tanda-tanda seperti si buah hati yang gelisah dan sering menangis setelah menerima ASI, ibu dapat memperhatikan makanan-makanan apa yang telah ibu konsumsi dan tidak mengonsumsinya lagi keesokan harinya.


Post a comment for "Tips Diet Sehat Bagi Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Produksi Asi"