Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Alami Mencegah Masuk Angin


Tips Alami Mencegah Masuk Angin. Akhir-akhir ini cuaca menjadi sangat ekstrim  jika siang terasa panas menyengat, saat malam tiba dingin menyelimuti tubuh tiada tara. Ditambah datangnya musim hujan sehingga tubuh bertambah lagi harus memproteksi diri, selain tubuh sebenarnya yang harus mampu mencegah masuk angin adalah pola hidup secara sehat dari diare masing-masing Musim hujan memang telah tiba, sangat menyenangkan untuk para penikmat hujan karena darinya dapat memperoleh sebuah inspirasi dan banyak hal lain.

Meski dapat membawa sebuah ilham berupa inspirasi, tidak dapat dipungkiri banyak juga yang tiba-tiba tepar dan drop karena kontak langsung dengannya. Kita harus tetap memproteksi diri dari keadaan tersebut, selain karena kedinginan hal yang membuat kita menjadi rentan terkena masuk angin adalah faktor cuaca yang tak menentu, deadline pekerjaan yang mengharuskan lembur, banyak orang yang tidak bisa tidur tepat waktu atau begadang ditambah suply makanan pada tubuh kurang.

Beberapa hal tersebut yang membuat tubuh kita rentan dengan segala macam penyakit, tidak terkecuali penyakit masuk angin penyakit yang sering terjadi pada orang yang membutuhkan peran materil dan suport moril. Usut punya usut, definisi masuk angin yang sering kita dapatkan dari kita balita sesungguhnya tidak ada dalam kamus kedokteran. Sebenarnya masuk angin dapat dikatakan sebagai kearifan bahasa dan para leluhur atau nenek kita, dan walaupun didalam dunia kedok teran tidak disebutkan istilah masuk angin.
masuk angin
Namun para dokter akan cepat mengetahui kalau kita mendiagnosa sendiri bahwa itu masuk angin, dokter akan mengiyakan mungki ini terjadi karena kearifan bahasa dan keorisinalitasnya sehingga membuat dokter tidak mengatakan sebenarnya apa itu istilah masuk angin sebenarnya dalam dunia kedokteran. Penyakit masuk angin memang bisa menyerang siapa saja, namun yang sering diperingatkan adalah bahwa masuk angin sering menyerang pada orang-orang yang senang begadang.  Orang yang setiap hari cekaka-cekikik ditengah jalan tanpa sehelai selimut menutupi bajunya. 

Memang ada kemungkinan benar, namun sebabnya masuk angin bukanlah orang tersebut hanya  kemasukan hembusan angin malam atau semacamnya yang sering kita pahami. Selain karena dingin yang melanda tubuh karena gertakan angin masuk angin sebenarnya merupakan sebuah kompilasi dari dari dua jenis gejala gangguan kesehatan yaitu maag dan flu.

Jadi jangan saja menganggap bahwa yang terkena masuk angin pasti para penikmat malam namun anda yang dirumahpun perlu hati-hati dengan menjaga pola hidup sehat. Orang yang masuk angin mengalami beberapa gejala dan gangguan kesehatan seperti, demam, flu, tidak enak badan, perut kembung, sakit kepala, nafsu makan menurun, nyeri otot. Namun biasanya gejala tersebut tidak datang secara bersamaan orang yang masuk angin akan mengalami kombinasi dari dua gejala tersebut.

Namun paling sering adalah demam dan flu. Terbukti meskipun masuk angin merupakan penyakit yang tidak tercantum dalam medis namun mempunyai efek demage yang lumayan dan tentu saja agak sedikit menyiksa. Beberapa orang indonesia pada umumya akan memilih jalan alternatif ketika dilanda sebuah penyakit masuk angin yaitu kerokan. Kerokan adalah mengerok pada bagian tubuh terutama yang lebar dan dapat masuknya angin.

Contohnya seperti punggung, leher dan lengan menggunakan benda tumpul biasanya koin dengan stimulus sebuah pelicin atau balsem penghangat. Badan akan dikerok smpai memerah jika teramat merah berarti masuk anginnya akut. Kerokan dipercayai masyarakat indonesia dapat mengeluarkan angin yang telah masuk kedalam tubuh lewat pori-pori yang memerah akibat kerokan dan menjadikan tubuh lebih terasa enakan.Namun perlu anda ketahui pada hakikatnya kerokan yang di gandrungi seluruh lapisan masyarakat indonesia.

Yang dapat meredakan masuk angin adalah tindakan yang kurang baik karena alih-alih tubuh kita membaik justru mengorbankan kulit dengan melukainya yaitu pecahnya pembuluh darah kecil dibawah kulit akibat bergesekan dengan benda keras. Sebenarnya secara medis tidak ada manfaatnya bahkan dilarang dengan keras. Efek merasa baik setelah kerokan adalah hasil kehangatan dari media yang telah digunakan misalnya balsem, minyak dan lain-lain.

Jadi teman-teman, dengan masuknya musim hujan dan faktor cuaca yang tidak menentu kita tidak mau badan kita drop dan terkapar, padahal deadline pekerjaan atau kegiatan sedang mengejar kita.
Sedangkan kerokan yang menjadi andalan orang indonesia ternyata tidak mengandung manfaat sama sekali justru akan melukai tubuh kita. Kita harus menjaga pola hidup sehat setiap hari. Berikut beberapa cara mencegah datangnya masuk angin. Simak baik-baik ya !

Jaga pola makan

Bagi para pekerja baik apapun bentuknya akan mengabaikan sebuah pola makan, mereka makan menunggu perut benar-benar merasa keroncongan bahkan sampai ada yang merasa sakit masuk angin. Bukan tidak mampu membeli atau sedang tirakat namun faktor kemalasan dan mengundur waktu, lebih mengejar deadline namun melupakan asupan makan yang membuat berjalannya deadline. Kebanyakan malas karena alasan tempat kerja jauhlah kantinnya jauhlah dan lain-lain yang pada intinya adalah malas.

Sehingga mereka telat makan dan berakibat pada maag. Sebenarnya banyak sekali alternatif ketika anda sedang sibuk mengejar deadline atau merasa malas saja ketika sudah nyaman mengerjakan kegiatan.

Anda bisa membawa bekal dari rumah sehingga waktunya makan anda tinggal membukanya, atau kalau merasa ribet karena perlu persiapan dan membawanya, jangan kehabisan akal untuk kesehatan andasekarang ada delivery dimana-mana anda tinggal kringg lalu datanglah menu kesukaan anda. Intinya jagalah pola makan anda agar tetap sehat dan nantinya tidak mudah terserang masuk angin. Dan anda tetap dapat mengejar deadline setiap hari.

Sering berolahraga

Olahraga adalah menggerakan bagian tubuh agar melemaskan otot-otot yang kaku dan memanaskan bagian tubuh sehingga keluar keringat dan bersamanya mengalir racun-racun yang jahat. olah raga dapat membuat hidup anda menjadi lebih sehat, memang tidak terasa secara instan tetapi sebenarnya dapat menambah daya tahan tubuh anda meningkat, tidak mudah terserang penyakit terutama yang datang dari cultural shock atau kekagetan tubuh menerima serangan dari luar. 

Misal saat datang musim hujan yang dingin itu memerlukan sebuah adaptasi, jika daya tahan tubuh anda bagus, maka tubuh akan memproteksi dengan baik dan anda akan merasa baik-baik saja tidak masuk angin. Jadi, buat anda para pekerja keras atau orang yang serig keluar malam buanglah rasa mager anda untuk berolah raga, agar tubuh anda senantiasa sehat.

Olah raga tidak perlu ekstrim seperti lari maratoon, nge-gym, atau panjat tebing. Anda hanya perlu melakukan pergerakan-pergerakan ringan seperti pemanasan senam yang penting anda berolah raga.
Setiap pagi ketika hendak berangkat kerja atau ketika hendak tidur. Jika anda bingung carilah referensi di smart phone anda. Jangan menjadi orang yang menyesal jagalah pola kesehatan anda agar tidak mudah terserang penyakit terutama masuk angin.

Simpan tenaga

Untuk beberapa orang melakukan rutinitas pekerjaan dimalam hari merupakan kegiatan menyenangkan baik bekerja atau bersantai. segala sesuatu seolah mudah dikerjakan ketika malam hari karena kesunyian dan ketenangan sehingga membuat otak lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan apapun entah itu deadline maupun pekerjaan rumah.
masuk angin
Kita bisa menghabiskan semalam suntuk untuk mengerjakan sesuatu hal, iya kalau bermanfaat kalau hanya sekedar tongkrongan, itu bisa merugikan banyak hal pada diri anda terutama kesehatan. Dan akan rentan terkena masuk angin. Untuk itu, sayangilah tubuh anda, karena setiap yang hidup didunia mempunyai hak, dan tubuh anda pun mempunyai hak yaitu beristirahat, jangan biarkan tubuh anda dipaksa untuk  bekerja semalaman suntuk atau bekerja rodi.

Istirahatlah yang cukup minimal 8 jam waktu tidur anda dimalam hari agar anda bugar kettika bangun pagi. Banyak yang beranggapan tidak masalah begadang yang penting diganti eaktu siang sebenarnya itu bukan hal yang baik, karena waktu siang hari itu waktu untuk bekerja bukan tidur. Dan pula tidak akan mengganti kebaikan dan manfaat dari tidur dimalam hari.

Berfikiran positif

Banyak orang bijak mengatakan bahwa “Tuhan senantiasa bersama prasangkamu” jika pikiran anda selalu positif dalam menjalani hari-hari, merasa bahagia, hal ini berakibat pada psikologi anda dan membuat tubuh anda lelah dan fikiran terkuras dan berakibat pada kesehatan anda dan gampang terkena penyakit tidak terkecuali akan merembet ke  masuk angin, juga akan membuat tuhan menjauh dari anda, jadi senantiasa berfikiran positif dan bahagia.

Salah satu agar pikiran anda fresh  dan bahagia adalah piknik atau jalan-jalan. Ditengah kesibukan anda mengurusi hal-hal yang ruwet dan dikejar deadline, sempatkanlah waktu anda untuk mengunjungi berbagai tempat yang dapat menyegarkan kembali pikiran anda, mungkin saja pergi ketempat-tempat wisata, atau pergi ketempat yang selama ini diinginkan.

Hal tersebut untuk menghargai kerja keras anda dan juga Agar psikologi anda selalu membaik dan pikiran senantiasa positif dan bahagia sehingga daya taha tubuh selalu baik karena tidak berfikiran negatif yang sebenarnya menguras energi masuk angin walaupun tidak tampak.

Hindari banyak merokok

Bukan barang baru lagi kalau teman yang setia menemani kita sehari-hari ketika kerja atau malam hari ketika lembur atau sekedar begadang adalah sebatang rokok. Rokok menjadi hal yang wajib bagi seorang laki-laki walaupun sudah mengerti bahaya pada kandungannya. Sebenarnya disarankan untuk yang sudah kecanduan kurangilah sedikit demi sedikit kebiasaan merokok anda, karena ketika anda merokok selain efek negatif yang ditimbulkan yang ada pada bunfkusnya. Merokok dapat membuat nafsu makan menurun.

Ketika anda sedang mengerjakan deadline apalagi kalau malam hari, sebenarnya yang harus dilakukan adalah banyaklah makan atau imbangi asupan makanan, jangan sampai perut merasa kosong, karena jika perut sampai keronconga itu bisa berakibat masuk angin atau maag.
Karena kondisi malam hari yang sebenarnya untuk beristirahat sehingga membuat penurunan daya tahan tubuh, anda laper sedikit saja tidak dipenuhi dengan makan dan malah meroko maka akan berakibat pada kesehatan anda anda bisa sakit terutama masuk angin. Jadi hilangkan kebiasaan merokok atau kurangi.

Menggunakan Jaket Pengaman

Jika pekerjaan anda memang dilakukan pada malam hari dan harus dikerjakan seperti ojek online, delivery direstoran maka anda harus persiapkan diri untuk bertempur dengan cuaca malam, jangan biarkan kamu kalah dan terkapar karena kurang persiapan. Kan lucu juga sering keluar malam namun masih belum tahu cara mengatasi agar badan senantiasa sehat dari penyakit khususnya masuk angin.
Walaupun pada akhirnya semua adalah kehendak yang diatas, namun kita sebagai manusia wajib hukumnya berusaha dengan dirikita sendiri, baru setelah itu baru kita pasrahkan pada yang diatas. 

Salah satu cara agar kita terhindar dari masuk angin ketika harus terpaksa keluar malam karena tuntutan kerjaan adalah dengan menggunakan jaker yang tebal, masker muka dan sarung tangan.
Pendek kata badan masuk angin yang biasanya gampang terpapar hembusan angin malam kita tutup dengan rapat agar tidak merasa kedinginan dan senantiasa hangat. Setelah kita pulang alangkah lebih baiknya kita mengkonsumsi minuman atau makanan yang hangat seperti jahe susu, teh manis hangat dan lain-lain agar kondidi tubuh yang kedinginan dapat kembali kesuhu normal dengan bantuan minuman yang hangat.

Kurangi minuman dingin

Kebalikan dari tips tadi adalah pantangan minum air dingin apalagi ketika pada malam hari, karena kebiasaan orang indonesia entah apapun cuacanya atau apapun keadaanya ketika habis makan pasti akan ditutup dengan hidangan dingin biasanya minuman es, mungkin karena kebiasaan melihat orang lain melakukan akhirnya menular pada semua orang.

Sayangilah diri anda dengan tidak mengonsumsi makanan sembarangan dan tidak melihat cuaca. Sebenarnya tidak apa meminum es tapi kalau pada kondisi siang hari, tapi kalau malam, bisa berbahaya dan menyebabkan masuk angin. Dalam dunia medis ada istilah dispesia dan flu, hal tersebut terjadi karena pembendungan pembuluh darah yang mengecil akibat hawa dingin yang dihasilkan oleh minuman Es, itu bisa menjadi gejala pilek saat selaput mukosa pada hidung anda membesar dan banyak mengeluarkan cairan.

Selain pilek, gejala pada masuk angin adalh kembung, minum minuman dingin juga dapat membuat perut kembung karena berkonstraksinya otot-otot di selaput lendir pada lambung lalu membuat gas sehigga perut menjadi kembung.

Mandi Air Hangat

Sedah dikatakan sebelumnya sekarang sudah masuk musim hujan dan cuaca selalu tidak dapat ditebak, walaupun kita sudah sedia mantel atau apapun yang tembus air hujan kita tidak selalu mengetahui tepatnya hujan akan turun. Terkadang sebelum berangkat tidak ada apa – apa tetapi sekarang malah terjadi hal yang berbeda. Kemudian malah males makai mantel karena sudah basah pula, untuk apa kan mantel dipakai biar diri kita tidak merasa dingin, dan alhasil jadi lengket semuanya dan masuk angin.

Lalu apa pentingnya sebuah mantel kalau tidak berfungsi apa – apa? Tentu mantel akan tidak digunakan mendingan gunakan mantel kamu daripada mantel kamu tidak ada gunanya sama sekali. Jika anda mengalami situasi diatas, ketika sampai pada tujuan disarankan untuk mandi dengan air hangat untuk meregangkan kembali otot-otot yang kaku dan mengeras akibat kehujanan dan juga karena seharian bekerja. Pernapasan anda akan membaik ketika menghirup uap dari air hangat.

Pastikan seluruh bagian tubuh anda terguyur dengan merata dan rasakan sensasi rilex yang luar biasa. Dengan mandi dengan air hangat maka selain keletihan berkurang badan yang kedinginan yang bisa menyebabkan flu dan masuk angin akan sedikit berkurang. Setelah itu konsumsilah minuman yang hangat.

Untuk menjaga diri dari masuk angin atau berbagai macam penyakit lainnya pastikan anda tidak malas memperhatikan diri sendiri, dan mencintainya. Orang lain, pasangan hanya sekedar menghimbau namun yang harus menjaga adalah diri anda sendiri.

Post a comment for "Tips Alami Mencegah Masuk Angin"