Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Berpengaruh Pada ASI, Ini Dia Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman

Tidak Berpengaruh Pada ASI, Ini Dia Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman - Pada masa sedang menyusui, tapi ingin diet? Banyak Ibu di luar sana yang pada awalnya merasa ragu untuk melakukan diet sehat  untuk menurunkan berat badan yang naik drastis pasca melahirkan. Kekhawatiran bila melakukan diet akan berpengaruh pada produksi serta kualitas ASI yang keluar. Padahal sebenarnya tidak ada larangan bagi Ibu menyusui untuk melakukan diet.

Dengan aturan bahwa diet sehat untuk Ibu menyusui harus tetap mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang penting untuk kesehatan Ibu dan energi untuk proses pemberian ASI. Sebenarnya yang tidak kalah penting adalah kesehatan bayi itu sendiri. Sebab apabila asupan nutrisi sang Ibu tetap lancar dan bergizi, maka ASI tidak akan bermasalah dan bayi pun tetap merasa senang, karena asupan ASI nya lancar tanpa ada hambatan.

diet sehat Ibu menyusui

Tips Penting Diet Sehat Ibu Menyusui

Bagi Ibu yang masih galau saat akan melakukan diet sehat Ibu menyusui, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba. Aman dan yang penting tidak mempengaruhi ASI. Tips yang akan diulas adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah oleh seorang Ibu dan tidak rumit sama sekali. Sebab semakin rumit diet yang dilakukan Ibu, dikhawatirkan akan memicu adanya depresi hingga berpengaruh pada kualitas ASI.

Tunggu Hingga Bayi Berusia 2 Bulan

Akan lebih baik apabila seorang Ibu melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan hingga bayi setidaknya berusia 2 bulan. Mengapa harus menunggu selama 2 bulan? Karena pada dasarnya tubuh seorang Ibu butuh waktu untuk memproduksi ASI yang cukup. Apabila diet dilakukan setelah melahirkan secara langsung, maka otomatis suplai ASI akan terganggu karena asupan makanannya dibatasi. Padahal produksi ASI berasal dari makanan sang Ibu.

Menyusui Sesering Mungkin Sesuai Selera Bayi

Sebenarnya cara yang paling efektif  diet sehat Ibu menyusui adalah dengan cara menyusui sesering mungkin. Semakin sering ASI dikeluarkan, maka berat badan Ibu dapat turun secara berkala tanpa harus mengurangi asupan makanan secara ekstrim. Dapat pula dikatakan bahwa menyusui adalah diet alami yang sangat efektif. Jadi pada dasarnya Ibu tidak perlu risau untuk melakukan diet yang aneh dan ekstrim. Dengan selalu sering memberikan ASI, tubuh pun dapat langsing dengan sendirinya.

Konsumsi Minimal 1500-1800 Kalori Per hari

Meski sedang melakukan diet, tidak seharusnya Ibu yang sedang diet menyusui membatasi kalori yang dikonsumsi pada saat menyusui. Bisa saja hal tersebut berakibat buruk pada kualitas ASI yang menurun dan perkembangan bayi. Minimal konsumsi kalori adalah 1.500-1.800 per hari. Asupan tersebut dapat saja bertambah apabila bayi menyusu dengan aktif. Untuk memenuhi kalori tersebut, seorang Ibu bisa sering makan, tapi boleh dengan porsi yang cukup. Kuncinya adalah sesering mungkin mengkonsumsi sesuatu yang bergizi.

Hindari Diet Instan

Terkadang ada beberapa Ibu yang ingin berat badannya turun tanpa banyak melakukan usaha dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melakukan diet instan yang sebenarnya justru membahayakan diri sendiri dan juga bayinya. Tanpa melakukan diet instan pun asalkan diet sehat Ibu menyusui dilakukan dengan sabar, telaten dan niat untuk menjaga kesehatan diri dan bayi, maka dalam waktu tidak lama pun berat badan akan kembali ideal.

Nah, tidak terlalu sulit bukan untuk melakukan diet sehat Ibu menyusui yang aman tanpa harus mempengaruhi produksi ASI. Diet alami yang dilakukan justru akan membuat produksi ASI bisa berlimpah yang tentunya akan membuat bayi merasa nyaman dan senang karena asupan makanannya terpenuhi. Dengan adanya informasi ini semoga pengetahuan Ibu tentang diet sehat semakin bertambah dan tidak ada keinginan untuk melakukan diet instan yang berbahaya bagi kesehatan.

 


Post a comment for "Tidak Berpengaruh Pada ASI, Ini Dia Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman"