Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tantangan yang di Hadapi dalam Berbisnis Kuliner Masakan Jawa


Tantangan yang dihadapi dalam berbisnis kuliner masakan jawa. pastinya dalam setiap bisnis memiliki tantangan tersendiri. semua tantangan itu mau tidak mau suka tidak suka anda harus tetap menghadapinya. apalagi jika anda sudah terlanjur menjalankan bisnis kuliner ini. maka dari itu sebelum anda menjalankan bisnis kuliner pastikan anda sudah memahami dan mengetahui tantangan yang akan dihadapi kelak. jika anda sudah mengetahui dan memahami tantangan-tantangan yang dihadapinya, maka ketika anda sudah menjalankan bisnis kuliner anda sudah siap menghadapi tantangannya.

karena setiap orang memiliki selera yang berbeda antar satu orang dengan orang lainnya membuat anda diharuskan untuk melakukan suatu inovasi. inovasi ini dilakukan guna memuaskan konsumen ada dengan segala usaha untuk mewujudkan segala keinginan konsumen. misalkan dari segi rasa masakannya, bahan masakan, kemasan masakan atau bisa dari pelayanannya. ini akan membuat biaya operasional atau biaya produksi nya menjadi membengkak. tapi tidak akan menjadi masalah jika semua yang sudah anda siapkan jad digunakan untuk konsumen anda.

dalam berbisnis kuliner sangat dipengaruhi oleh suatu kondisi ekonomi makro suatu Negara. misalkan seperti ketika harga cabe yang naik, harga bawang-bawang yang naik dan sebagainya. semua kenaikan harga tersebut sangat berpengaruh terhadap operasional perusahaan. jika kondisi itu terjadi maka ada 3 pilihan yang bisa anda lakukan yaitu meningktkan harga jual, mengurangi laba penjulaan atau dengan mengurangi takaran porsi makanannya. tentu semua itu bagi anda selaku pemilik bisnis masakan jawa bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.
masakan jawa

pilihan yang paling aman untuk anda lakukan yaitu dengan mengurangi laba penjualan. karena jika anda memutuskan untuk mengurangi takaran porsi makanan atau meningkatkan harga maka pesaing bisnis anda akan memilih untuk mengurangi laba penjualan. tentunya dengan harapan para pelanggan anda akan beralih ke mereka. jika sudah terjadi maka anda akan kehilangan pelanggan anda. dalam berbisnis kuliner ada beberapa tantangan paling utama dan seringkali dihadapi pebisnis, yaitu.

Tantangan Berbisnis Kuliner Masakan Jawa

Tantangan mengenai rumor bahan yang digunakan

ini merupakan tantangan paling umum dan sering terjadi yang dihadapi pelaku bisnis kuliner khususnya masakan jawa. pasti akan ada rumor mengena bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksinya. seperti rumor atau isu mengenai bahan pengawet dan bahan oplosan yang digunakan. untuk menyikapinya anda harus tenang dan santai. anda bisa menjelaskan semua rumor tersebut ke pelanggan anda bahwa hal itu tidak benar karena anda tetap mengutamakan kenyamanan dan kesehatan pelanggan anda.

Tantangan mengenai kandungan gizi dan mengenai halal atau haram

tantangan ini berkaitan erat dengan tantangan diatas. akan tetapi kita lihat dari segi perspektif yang berbeda. masalah ini muncul tidak se heboh seperti masalah diatas misalnya seperti penggunaan bahan yang layak namun tidak sehat aau penggunaan bahan yang legal namun diharamkan. apalagi jika target pasar bisnis anda adalah anak-anak, maka tantangan mengenai kandungan gizi ini sangat bisa anda rasakan. dan hal ini pasti akan berurusan dengan selera orang tua si anak.

sedangkan untuk masalah halal atau haram ini menyangkut proses operasional. seperti cara serta akan tetapi, masalah ini solusinya cukup mudah hanya dengan mendapatkan sertifikat halal dari lembaga pemerintah yaitu MUI. pihak MUI akan menguji mengenai halalnya kuliner anda hingga anda lolos dan mendapatkan sertifikat. dari sertifikat tersebut bisa anda pamerkan kepada pelanggan anda hingga pelanggan anda yakin jika usaha bisnis masakan jawa yang anda jalankan itu halal.

Post a comment for "Tantangan yang di Hadapi dalam Berbisnis Kuliner Masakan Jawa"

Berlangganan via Email