Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Nutrisi yang Tepat untuk Diet Sehat dan Seimbang

Sumber Nutrisi yang Tepat untuk Diet Sehat dan Seimbang - Tentu anda sudah tahu bukan bahwa menjalankan diet dengan ketat dan tanpa memperbaiki pola makan bisa membahayakan kesehatan? Apalagi jika sampai seseorang mengkonsumsi banyak obat-obatan pelangsing atau penurun berat badan secara berlebihan. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama organ ginjal. Itulah sebabnya banyak orang yang melakukan diet secara sehat dengan bahan-bahan alami. Apabila saat ini anda ingin menjalankan diet tersebut, beberapa sumber nutrisi ini tepat untuk anda konsumsi.

Sumber Nutrisi Tepat untuk Diet Sehat

Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu sumber nutrisi terbaik yang sangat tepat untuk menjalankan diet sehat. Karena selain sehat, buahan buah-buahan juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti gula alami, vitamin, serat, dan juga kandungan mineral. Bahkan beberapa jenis buah juga mengandung karbohidrat yang aman bagi tubuh, contohnya buah alpukat. Namun pada dasarnya semua jenis buah aman dikonsumsi saat sedang diet. Misalnya buah anggur, jeruk, apel, melon, leci, kiwi, dan lain-lain.

diet sehat
diet sehat

Sayuran

Sama halnya seperti buah, sayuran juga mengandung nutrisi yang seimbang bagi mereka yang ingin melakukan diet. Jadi selalu pastikan ada menu sayuran yang lebih banyak di piring makanan anda. Ada banyak jenis sayuran buah yang bisa anda konsumsi, misalnya seperti tomat, wortel, maupun timun. Selain itu, konsumsi juga sayuran seperti kubis, brokoli, kol, kangkung, sawi, kacang hijau, dan sebagainya. Namun perlu diperhatikan teknik memasaknya, supaya nutrisi terserap sempurna.

Biji-bijian

Sumber nutrisi untuk diet sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi biji-bijian. Nutrisi yang dikandung dalam biji-bijian dinilai lebih banyak dan lebih kompleks, sehingga tidak hanya bagus untuk diet tetapi juga kesehatan. Beberapa produk makanan yang dibuat dari biji-bijian seperti tahu dan tempe, namun pastikan anda mengolahnya dengan cara dikukus. Selain itu, ada juga gandum utuh yang bisa dijadikan sebagai pengganti roti tawar.

Protein

Ada banyak bahan makanan yang menyehatkan dan mengandung tinggi protein, contohnya seperti daging dan kacang-kacangan. Namun pastikan anda memilih protein dari bahan makanan yang rendah lemak dan daging tanpa lemak. Contohnya seperti ayam, ikan dan juga potongan daging sapi tertentu, serta Jangan lupa untuk membuang kulit lemaknya. Sementara untuk protein dari nabati Anda bisa memilih kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, kenari, tahu dan tempe, serta kacang almond yang tepat dikonsumsi untuk diet.

Produk susu

Sumber nutrisi yang berasal dari susu memiliki kadar kalsium, vitamin D dan nutrisi lain dalam kadar tinggi dan baik bagi tubuh. Bagi Anda yang sedang diet sehat, sebaiknya memilih olahan produk susu yang rendah lemak, keju, ataupun yoghurt tanpa lemak. Atau Anda juga bisa memilih susu nabati dari bahan seperti kacang almond, biji rami, serta susu kedelai. Bahan susu dari biji tanaman ini juga memiliki kadar kalsium yang baik bagi tubuh dan bisa dijadikan sebagai pengganti produk susu sapi.

Itulah tadi beberapa sumber nutrisi yang tepat untuk dijadikan makanan saat diet sehat. Selain yang dijelaskan di atas, masih ada banyak bahan makanan lain yang juga perlu anda konsumsi. Yang terpenting Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan bervariasi jenisnya  Hindari untuk mengonsumsi hanya di satu jenis makanan tanpa menambahkan asupan nutrisi lain. Tujuannya adalah supaya pemenuhan nutrisi saat diet bisa sesuai kebutuhan dan tidak membuat anda kekurangan gizi.

 

 


Post a comment for "Sumber Nutrisi yang Tepat untuk Diet Sehat dan Seimbang"