Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Nutrisi Tepat Saat Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui

Sumber Nutrisi Tepat Saat Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui - Ada banyak wanita yang tidak sabar untuk menjalankan program diet di masa pasca melahirkan. Padahal pada masa tersebut, kondisi tubuh wanita memerlukan banyak nutrisi untuk mempercepat proses pemulihan. Selain itu, asupan nutrisi ibu juga sangat penting untuk menyusui bayi yang baru saja dilahirkannya. Sehingga pola makan sehat dan seimbang menjadi sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari.

Makanan yang dikonsumsi tersebut juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu menyusui. Karena faktanya, masih ada banyak sumber makanan yang hanya memberikan rasa kenyang tanpa adanya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh  Berikut ini beberapa asupan dan sumber nutrisi yang bisa dikonsumsi ibu saat sedang diet dimasa menyusui.

diet sehat ibu menyusui

Asupan Nutrisi Diet Sehat Ibu Menyusui

Buah-buahan

Saat menjalankan diet sehat ibu menyusui, minimal terdapat jenis buah-buahan untuk dikonsumsi setiap hari supaya gizi terpenuhi. Tak perlu buah-buahan mahal, cukup pilihlah buah yang mudah ditemui seperti jeruk, pisang, pepaya, dan lain sebagainya. Buah mengandung tinggi vitamin dan serat yang baik bagi kesehatan dan produksi ASI, serta tidak menyebabkan kegemukan.

Kacang dan biji-bijian

Anda bisa memilih jenis yang berwarna gelap, contohnya seperti kacang merah. Jenis bahan makanan ini dapat dijadikan sumber protein nabati dan kalori sehat yang diperlukan tubuh. Mengonsumsinya setiap hari juga mampu mendukung produksi ASI menjadi lebih baik dan berkualitas.

Produk olahan susu rendah lemak

Beberapa produk olahan susu rendah lemak yang tepat untuk diet sehat ibu menyusui seperti yogurt plain dan keju. Produk susu mengandung tinggi protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang baik bagi tumbuh kembang bayi. Selain itu, kandungan lemaknya yang rendah juga tidak akan membuat tubuh menimbun banyak lemak yang beresiko kegemukan.

Daging tanpa lemak

Di dalam bahan makanan daging tanpa lemak, terkandung zat besi, protein dan vitamin B12 yang penting bagi kesehatan ibu dan bayi. Kelengkapan nutrisi tersebut dapat memenuhi energi ibu saat masa menyusui dan pasca melahirkan, tanpa menyebabkan penambahan berat badan.

Ikan salmon

Sumber makanan selanjutnya yang bisa dijadikan menu diet sehat ibu menyusui adalah ikan salmon. Jenis ikan ini sangat kaya akan kandungan lemak DHA yang penting bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak. Ikan ini juga tidak akan menyebabkan kegemukan, namun pastikan mengolahnya dengan cara tepat tanpa tambahan minyak goreng.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein mudah ditemukan yang biasa dikonsumsi dengan cara merebus ataupun menggoreng. Di dalam kuning telur terkandung tinggi protein yang penting bagi ibu dan bayi. Konsumsi protein ini akan lebih baik, ketimbang anda mengonsumsi tinggi karbohidrat yang beresiko kegemukan.

Biji-bijian utuh

Sumber makanan yang tak kalah pentingnya adalah biji-bijian utuh seperti gandum yang tinggi kandungan serat dan zat besi. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara tepat, salah satunya roti gandum. Produk bijian ini sekarang sudah banyak dijumpai di pasaran, yang sengaja ditujukan untuk program diet sehat ibu menyusui.

Mengetahui berbagai sumber nutrisi yang penting bagi program diet sehat ibu menyusui, tentu akan mengoptimalkan diet anda. Selain itu, pastikan anda juga mengonsumsi banyak sayuran hijau demi mendapatkan rasa kenyang tanpa beresiko penambahan berat badan. Sayur juga efektif dalam menambah kualitas produksi anda menjadi lebih banyak. Sehingga tentunya, bayi akan mendapatkan kecukupan ASI meski anda tengah menjalankan diet ketika menyusui.

Post a comment for "Sumber Nutrisi Tepat Saat Menjalankan Diet Sehat Ibu Menyusui"

Berlangganan via Email