Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semua yang Ingin Anda Ketahui Tentang Diet Golongan Darah O

Semua yang Ingin Anda Ketahui Tentang Diet Golongan Darah O. Diet golongan darah adalah sebuah metode yang diciptakan oleh Dr. Peter J. D'Adamo yang ditulis dalam bukunya yang bertajuk "Eat Right 4 Your Type", tahun 1996. Diet yang popular ini memiliki prinsip bahwa golongan darah seseorang bisa sangat memengaruhi cara tubuh mereka untuk berasimilasi atau bereaksi terhadap makanan tertentu.

Diet ini menawarkan jenis makanan dan rencana olahraga yang disesuaikan kebutuhan individu dari masing-masing jenis golongan darah (A, B, AB dan O). Namun sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah khusus yang mendukung premis bahwa golongan darah bisa mempengaruhi diet seseorang. Meskipun begitu Anda mungkin ingin mengetahui apa dasar dari diet golongan darah ini, dan bagaimana itu bisa bekerja.

diet golongan darah O
diet golongan darah O


Diet Golongan Darah O Menurut D'Adamo

1.   Karakteristik golongan darah O

Karakteristik tipe-O menurut D'Adamo adalah seorang "pemburu", yang berarti bahwa tipe ini bisa melakukan diet golongan darah O yang kaya akan protein hewani. Ini mencakup semua jenis makanan seperti daging organik, unggas, dan ikan. Selain itu, menurut D'Adamo, tipe-O memiliki kandungan asam lambung yang lebih tinggi dari rata-rata. Jadi kondisi ini bisa membuat mereka lebih efisien dalam mencerna daging dibandingkan golongan darah lain. Tetapi ini juga membuat mereka lebih rentan terhadap sakit maag.

Orang dengan darah O juga cenderung memiliki kadar hormon tiroid yang lebih rendah. Jadi menurut D'Adamo, tipe golongan darah ini akan lebih rentan terkena hipotiroidisme. Ini adalah kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan dan penambahan berat badan. Terlepas dari dua masalah itu, rata-rata tipe-O memiliki sistem kekebalan yang sangat aktif. Orang dengan golongan darah O juga memiliki pencernaan yang kuat dan dapat merespons stres dengan baik melalui aktivitas fisik yang intens.

2.   Jenis diet utama

Untuk Anda yang memiliki tipe-O maka bisa melakukan diet golongan darah O dengan menghindari produk biji-bijian. Bahkan biji-bijian seperti beras merah dan gandum juga harus dihindari, karena dianggap tidak baik bagi mereka. Diet ini juga secara khusus menyerukan untuk menghindari produk susu laktosa, termasuk susu, keju dan yogurt. Bahkan D'Adamo juga memasukkan telur ke dalam kategori yang sama dan harus dihindari, karena merupakan sumber protein yang buruk bagi tipe-O.

Makanan lain yang harus dibatasi pada tipe-O yakni jenis sayuran tertentu seperti kacang merah. Jenis kacang ini dipercaya mengandung lektin yang dapat mengendap di jaringan otot, dan membuatnya lebih sulit untuk membakar kalori. Sementara itu, jenis sayuran lain seperti kembang kol, sawi, dan kubis juga dikatakan bisa meningkatkan berat badan pada tipe-O. Terutama karena sayuran ini bisa mengganggu aktivitas tiroid.

3.   Makanan lain yang harus dibatasi

Meskipun diet golongan darah O merekomendasikan untuk makan sumber protein hewani, namun ada juga beberapa jenis protein yang harus dihindari. Contohnya yakni ikan lele dan salmon. Sementara itu, orang dengan tipe-O juga dapat memasukkan minyak dalam makanan mereka (seperti minyak zaitun dan biji rami). Namun ini melarang minyak lain seperti yang ada pada jagung, kacang tanah, dan minyak bunga safflower.

Sementara itu, orang dengan golongan darah O masih bisa makan kacang tertentu selama itu bukan sumber protein utama. Selain itu, mereka juga harus menghindari buah-buahan yang bersifat asam, seperti alpukat, jeruk, stroberi, melon dan acar. Jenis minuman kopi, teh hitam, soda, dan jus apel juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi golongan darah O.

Itulah beberapa menu diet golongan darah O yang bisa Anda konsumsi dan hindari. Mengingat banyak sumber karbohidrat atau pati yang dibatasi, maka tidak salah jika Anda akan mengalami penurunan berat badan yang efektif dengan cara ini. Jadi akankah Anda mencoba diet ini?


Post a comment for "Semua yang Ingin Anda Ketahui Tentang Diet Golongan Darah O"