Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rencana Olahraga Sehat Untuk Diet Bagi Pemula Hingga Expert

Rencana Olahraga Sehat Untuk Diet Bagi Pemula Hingga Expert. Apakah Anda sedang berusaha melangsingkan atau mengencangkan tubuh? Jika iya, maka cobalah mengikuti panduan menurunkan berat badan berikut untuk merencanakan olahraga mingguan Anda. Ketika Anda sudah membuat rencana, maka tidak akan ada lagi kata “sebentar” untuk menunda niatan. Dan ketika Anda melakukan ini dengan serius, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan bobot tujuan Anda.

olahraga sehat untuk diet

Bagaimana Anda Memulai Rencana Olahraga Sehat Untuk Diet?

1.   Rencana olahraga bagi pemula

Sebuah lembaga American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan olahraga sedang 150-250 menit per minggu untuk menurunkan berat badan. Ini mungkin terdengar lama, namun jika dibagi setiap hari, maka akan ketemu sekitar 20-30 menit per hari. Sayangnya banyak pemula mungkin berakhir dengan durasi lebih pendek dari rekomendasi itu. Jadi tidak masalah, karena tujuan utama pemula yakni bisa menyelesaikan beberapa latihan hampir setiap hari. Untuk memulainya, cobalah pilih aktivitas yang Anda sukai dan mudah dilakukan.

Berjalan adalah pilihan bagus untuk pemula, karena bisa dilakukan dimana saja dan tidak perlu alat mewah. Sementara itu, Anda juga bisa melakukan latihan beban untuk otot tubuh Anda. Kedua olahraga sehat untuk diet ini bisa digabungkan dalam rencana mingguan Anda. Contoh Anda bisa berjalan 30 menit di hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sementara Selasa dan Kamis bisa diisi dengan 20 menit latihan beban. Sisanya hari Sabtu bisa diisi yoga 20 menit. Sementara hari Minggu diisi bersepeda, renang, atau mengikuti kelas aerobik selama 30 menit. Jadi total latihan mingguan Anda yakni 180 menit.

2.   Rencana olahraga untuk tingkat menengah

Ketika Anda menjadi lebih kuat dan lebih bugar, maka Anda bisa menambahkan beberapa menit untuk setiap latihan harian Anda. Pastikan Anda juga menambahkan menit secara bertahap untuk menghindari kelelahan. Akhirnya, Anda mungkin akan memiliki durasi latihan mingguan hingga 250 menit atau lebih untuk penurunan berat badan yang efektif. Sementara itu, jenis olahraga yang Anda lakukan juga harus semakin sulit karena tingkat kebugaran Anda meningkat.

Pada tahap ini Anda bisa melakukan latihan aerobik untuk membakar lemak dan latihan kekuatan untuk membangun otot. Anda juga bisa menambahkan latihan fleksibilitas untuk mengurangi stres dan menjaga tubuh tetap sehat. Contoh Senin dan Kamis (45 menit): latihan sirkuit intensitas sedang dengan beban. Selasa dan Jum’at (20 menit): latihan kardio intensitas tinggi. Rabu dan Sabtu (30 menit): pemulihan, diisi dengan berjalan atau relaksasi yoga. Minggu (75 menit): berjalan atau jogging intensitas tinggi. Jadi total olahraga sehat untuk diet mingguan Anda yakni 265 menit.

3.   Ketika Anda mulai melihat hasil

Banyak orang akan bertanya, berapa lama mereka harus mengikuti rencana olahraga ini sebelum mereka melihat hasilnya. Untuk menjawabnya, maka itu bergantung masing-masing individu. Jika Anda berolahraga setiap hari, maka di minggu kedua Anda pasti sudah melihat perubahan dalam cara tubuh Anda terlihat dan terasa. Tentunya, jumlah berat yang Anda turunkan juga bergantung dari berapa banyak kalori yang Anda bakar dan konsumsi.

Untuk membuat rencana olahraga sehat untuk diet Anda lebih efektif, maka pastikan nutrisi yang Anda makan juga tepat. Pada tahap ini, cobalah menggabungkan latihan olahraga dengan diet sehat penuh sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan pelaku diet yakni mereka cenderung makan berlebih setelah olahraga. Jadi, jangan jatuh dalam perangkap tersebut. Tetaplah berolahraga dan jangan lupa pantau kalori yang Anda makan setiap hari.

Jika Anda berpartisipasi dalam program olahraga sehat untuk diet yang seimbang, maka Anda akan melihat perubahan yang signifkan dalam satu hingga tiga bulan. Tetapi ingat bahwa untuk menjaga berat badan, Anda harus terus berolahraga secara teratur. Buat penyesuaian pada rencana mingguan Anda dan temukan aktivitas baru yang Anda sukai supaya tetap sehat dan bugar.


Post a comment for "Rencana Olahraga Sehat Untuk Diet Bagi Pemula Hingga Expert"