Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Remaja Bunda Kelebihan Berat Badan? Simak Tips Diet Sehat Untuk Remaja di Sini!

Remaja Bunda Kelebihan Berat Badan? Simak Tips Diet Sehat Untuk Remaja di Sini!- Masa remaja merupakan masa-masa di mana para remaja masih dalam proses pencarian jati diri. Pada proses ini biasanya para remaja ada ditahap mulai berani memprotes, ingin kebebasan dalam segala hal, termasuk dalam hal ngemil dan makan. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan bahkan obesitas, mengingat aneka jenis camilan dan junk food yang paling banyak di gemari oleh anak-anak merupakan jajanan yamg tidak sehat. Melarang mereka untuk tidak memakan makanan jenis itu tentu takkan mudah.

Belum lagi, kesibukan Bunda yang menggunung, terkadang membuat diri tak berdaya dan tak punya pilihan lain selain menyajikan menu siap saji maupun junk food yang memang tak baik bagi kesehatan. Menu utama paling hits dan semua orang dari dewasa hingga anak-anak menyukainya, adalah, mie instan dimakan bersama nasi.Tentu ini tak baik. Karbohidrat bertemu karbohidrat, dikonsumsi jangka panjang dan sering maka dapat menyebabkan obesitas. Memang, menu tersebut merupakan menu paling simple dan mudah dibuat, ekonomis pula. Tapi efek sampingnya takkan baik bagi tubuh.


diet sehat untuk remaja

Ragam cara yang dapat dilakukan agar sukses menjalankan diet sehat untuk remaja.

Anak usia remaja memerlukan banyak energi dan stamina untuk bisa membuatnya tetap aktif dalam berbagai berkegiatan. Namun sayangnya semakin banyak remaja masa kini yang mengalami obesitas karena kurang nutrisi sehat dan aktivitas fisik. Bunda, mari simak tips berikut ini agar dapat menerapkan diet sehat untuk remaja Bunda di rumah.

1. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih merupakan cairan yang sangat penting untuk dikonsumsi dengan cukup supaya tubuh dapat bekerja secara optimal. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih dapat membantu mendetoks racun-racun dalam tubuh serta meningkatkan laju metabolisme. Laju metabolisme yang meningkat ini turut berperan dalam proses penurunan berat badan.

 2. Biasakan memperhatikan label makanan sebelum dikonsumsi

Bunda dapat mengajarkan atau membiasakan anak remaja Bunda agar mengontrol asupan kalori dengan cara membiasakan kebiasaan sederhana ini, yaitu membaca label pada setiap kemasan makanan, kebiasaan sederhana ini dapat menghindari makanan yang hanya mengandung kalori kosong tanpa nutrisi. Dari para ahli kesehatan, remaja seharusnya mengonsumsi sekitar 2.000 kalori setiap harinya, selain itu juga harus menghindari makanan yang digoreng, dipanggang, juga susu full cream saat menjalani diet sehat untuk remaja ini.

3. Kurangi jajan dan biasakan makan di rumah

Anak usia remaja cenderung lebih menyukai makan di luar yang mungkin saja dapat meningkatkan asupan kalori lebih banyak. Jadi, Bunda cobalah untuk memberi pengertian pada remaja  Bunda agar lebih sering makan di rumah serta membatasi kegiatan makan-makan di luar sehingga asupan kalori dapat terkontrol, setelah itu, bunda dapat mencoba melihat perbedaannya dalam beberapa hari.

4. Sempatkan untuk lakukan aktifitas fisik

Para ahli menyarankan agar remaja setidaknya dapat melakukan aktivitas fisik paling tidak selama satu jam dalam sehari. Hal ini cukup membantu remaja dalam memiliki berat badan sesuai dengan yang diinginkan. Olahraga yang dapat dilakukan pun tak harus olahraga berat atau diet ketat, cukup melakukan aktifitas seperti menari, bersepeda, berenang, berjalan atau lari. Remaja dapat memilih aktivitas fisik yang disukai. Carilah cara agar diet sehat untuk remaja juga menjadi aktif dan  selalu bergerak, contohnya,  menari bersama teman-teman, membantu bunda membersihkan rumah, maupun berorganisasi di luar rumah.

Itulah beberapa tips, yang dapat Bunda terapkan pada remaja bunda agar tidak memiliki kelebihan berat badan. Pastikan juga untuk mencukupi nutrisi sehatnya dalam menjalani diet sehat untuk remaja ini. Menu sayur dan buah-buahan pun dapat mulai dimasukkan menjadi menu rutin setiap harinya.

 

 


Post a comment for "Remaja Bunda Kelebihan Berat Badan? Simak Tips Diet Sehat Untuk Remaja di Sini!"