Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilihan Makanan Khas Kalimantan Yang Enak Dan Lezat Dinikmati Lidah


Pilihan Makanan Khas Kalimantan Yang Enak Dan Lezat Dinikmati Lidah! Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya Indonesia adalah negara kepulauan. Maksud dari negara kepulauan adalah bahwa Indonesia terdiri dari pulau pulau yang ada didalamnya. Setiap pulau memiliki keunikan tersendiri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari kebudayaan, suku, dan juga makanan khas yang ada di setiap daerahnya tentu menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan keberanekaragaman.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang terbagi pada pulu pulau yang ada. Salah satunya adalah pulau Kalimantan yang memiliki beberapa provinsi didalamnya. Tentu pulau Kalimantan memiliki suku dan juga kebudayaan yang unik dan membedakannya dengan yang lainnya. Saat kamu pergi berkunjung ke Kalimantan maka akan lebih mudah mendapatkan makanan yang khas darisana. Nah, dalam kesempatan ini akan diberikan penjelasan lengkap berkaitan dengan beberapa makanan khas Kalimantan yang kini bisa dinikmati.

Dibawah Ini Adalah Makanan Khas Kalimantan Yang Enak Dan Juga Lezat

Chai kue

makanan khas Kalimantan

Salah satu makanan khas Kalimantan yang memiliki cita rasa begitu enak dan juga lezat dan dapat dijadikan rekomendasi tepat adalah chai kue. Pada dasarnya chai kue merupakan sebuah snack yang berasal dari Kalimantan dan di pengaruhi oleh kebudayaan tiongkok. Bahan dasar dari chai kue adalah ebi dan juga lobak yang membuat makanan khas satu ini begitu gurih dan enak. Chai kue akan sangat enak jika di cocol dengan sambar pedas asamanis yang menjadi pendampingnya. Kamu bisa menemukan makanan khas dari Kalimantan yang satu ini di daerah Pontianak.

Manday

Makanan khas di Kalimantan yang sekarang ini memiliki cita rasa begitu enak dan juga unik adalah manday. Manday merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar berupa cempedak yang memiliki kemiripan dengan buah nangka. Kulit cempedak menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk di jadikan sebagai makanan khas dari Kalimantan yang berupa manday. Manday dibuat dengan cara diasinkan terlebih dahulu selama beberapa hari lamanya dan kemudian digoreng dengan minyak panas. Kamu bisa mendapatkan makanan khas manday saat berkunjung ke Kalimantan.

Pengkang

Pengkang menjadi salah satu makanan khas yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke pulau Kalimantan. Pengkang menjadi sebuah kue yang sangat unik dengan bahan dasar berupa ketan dengan isian berupa udang dan juga ebi. Pada dasarnya pengkang sangatlah mirip dengan lemper dan memiliki bentuk seperti segitiga dan rasanya sangat enak jika dimakan bersama dengan saus kerang yang pedas. Kamu bisa menjadikan makanan khas Kalimantan ini menjadi salah satu oleh oleh yang dapat dicicipi dengan baik.

Kalumpe

Kalumpe bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk kamu konsumsi saat berkunjung ke wilayah Kalimantan. Pada dasarnya kalumpe terbuat dari bahan utama berupa sayur daun singkong yang dimasak bersama dengan santan. Biasanya kalumpe akan di temukan pada makanan Padang dan juga Sumatera.

Tentunya kamu bisa menikmati berbagai macam makanan khas Kalimantan yang enak dan unik lainnya saat berkunjung kesana. Jika kamu mengkonsumsi makanan khas dari daerah Kalimantan dengan cita rasa enak dan gurih pasti akan dirasakan kepuasan tersendiri. Itu saja yang bisa disampaikan semoga bisa menjadi rekomendasi tepat untuk makanan khas dari Kalimantan yang dapat kamu konsumsi.

Post a comment for "Pilihan Makanan Khas Kalimantan Yang Enak Dan Lezat Dinikmati Lidah"