Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Diet Sehat Untuk Remaja yang Tidak Menimbulkan Efek Samping

Panduan Diet Sehat Untuk Remaja yang Tidak Menimbulkan Efek Samping. Banyak hal tidak mengenakkan karena memiliki berat badan yang tidak normal. Ya, meskipun besar-kecilnya tubuh tidak menjadi ukuran seorang dianggap “cantik” atau “tampan”, kondisi ini tetap saja membuat pemiliknya memiliki kecenderungan untuk menarik diri tampil di depan publik.

Hal ini karena memiliki berat badan tidak ideal dapat berpotensi memunculkan rasa tidak percaya diri dengan penampilan sendiri. Oleh karena itu, supaya tidak semakin terpuruk dalam keadaan tersebut, yang dapat dilakukan adalah mengupayakan penurunan berat badan. Cara tersebut dapat ditempuh dengan berbagai cara, di antaranya ialah dengan mengonsumsi obat penurun berat badan maupun dengan jalur diet sehat.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja 


Panduan Diet Sehat untuk Remaja yang Tidak Menimbulkan Efek Samping

Dengan mempertimbangkan bahaya yang mungkin sekali ditimbulkan jika menempuh jalan instan untuk menurunkan berat badan, maka diet adalah langkah yang tepat. Diet pun tidak hanya 1 jenisnya, tapi banyak. Karenanya, berikut adalah akan dipaparkan mengenai panduan diet sehat untuk remaja yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk

Langkah diet sehat yang pertama adalah menghindarkan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk. Salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan adalah mager. Ya, malas gerak. Sebaliknya, dalam proses penurunan berat badan, jika tidak punya banyak waktu untuk olahraga, dapat diganti dengan melakukan berbagai aktivitas rumah. Salah satunya adalah dengan membantu ibu membersihkan rumah.

Tidak melewatkan sarapan

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa sarapan adalah aktivitas pagi yang tidak penting. Karenanya, bukan hanya remaja, namun orang dewasa pun seringkali melewatkan sarapan pagi. Padahal, sarapan adalah salah satu kegiatan yang menjadi pemasok energi sebelum menjalankan aktivitas berat hingga siang hari. Karenanya, panduan diet sehat untuk remaja berikutnya adalah tidak melewatkan sarapan.

Pemahaman yang keliru adalah melewatkan sarapan pagi dianggap sebagai cara untuk memotong asupan kalori. Padahal bukan demikian, sebab melewatkan sarapan sama saja dengan menghilangkan satu sumber tubuh memperoleh asupan nutrisi yang akan diubah menjadi energi. Oleh karenanya, sarapan tidak boleh ditinggalkan. Namun, untuk yang sedang menjalankan diet, menu sarapan dapat diganti dengan berbagai makanan kaya nutrisi yang rendah kalori, seperti telur rebus, alpukat, dan lain sebagainya.

Mengatur porsi makan

Salah satu penyebab kegemukan adalah tidak terkontrolnya pola makan. Oleh karena itu, dalam proses penurunan berat badan, poin penting dalam diet sehat untuk remaja adalah dengan mengatur pola makan. Mengatur pola makan ini meliputi tiga pokok, yakni mengatur jenis makanan, jumlah atau porsi yang dimakan, dan jadwal makan.

 Oleh karena itu, bagi yang sedang menjalankan treatment pengurangan berat badan, selain memperhatikan jenis makanan ketika sarapan, makan siang atau makan malam, yang harus dilakukan adalah mengatur porsinya. Nah, untuk mempercepat proses diet, dapat dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan menjadi lebih kecil.

Perbanyak minum air putih

Memenuhi kebutuhan air putih sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalankan diet sehat untuk remaja menurunkan berat badan. Ini dilakukan dengan setidak-tidaknya mengonsumsi 2 liter untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap cairan. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh serta membantu kerja tubuh mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan.

Beberapa poin di atas merupakan langkah-langkah diet sehat untuk remaja yang dapat dilakukan. Memiliki berat badan berlebih memang sangat merepotkan, tidak hanya berpotensi mengganggu kesehatan tubuh, ia juga menjadi salah satu penyebab diterima bullying. Untuk menghindari hal-hal tersebut, langkah diet yang mudah dan tidak menyiksa tersebut bisa dicoba.


Post a comment for "Panduan Diet Sehat Untuk Remaja yang Tidak Menimbulkan Efek Samping"