Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Diet Sehat Untuk Remaja, Apa yang Boleh Dimakan?

Menu Diet Sehat Untuk Remaja, Apa yang Boleh Dimakan? Sebagai seorang remaja, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan fisik, perubahan yang perlu didukung oleh diet yang sehat dan seimbang.Dengan mengkonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang maka Anda bisa mendapatkan semua energi dan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung tubuhsupaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Mengkonsumsi makananyang sehat dan seimbang, bukan berarti melepaskan makanan favorit Anda. Ini hanya mengurangi makanan atau minuman yang tinggi lemak dan gula, lalu menggantinya dengan makanan yang lebih sehat dan seimbang. Lalu apa saja yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehat Anda? Berikut ulasannya. 

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja 

Lima Kelompok Makanan Diet Sehat Untuk Remaja

1.    Buah dan sayur-sayuran

Semua kelompok umur dianjurkan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Menurut sebuah penelitian diet sehat untuk remaja inidapat membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Buah dan sayuran juga penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan rendah lemak. Jadi ini sangat baik untuk dikonsumsi selama pertumbuhan.

Contoh porsi buah yang bisa dimakan setiap hari termasuk, satu buah ukuran sedang (apel, jeruk, pisang, atau pir); dua buah ukuran kecil (kiwi, satsuma atau prem);satu irisan besar nanas atau melon; satu sendok makan buah kering; tiga sendok makan sayuran segar atau beku; dan satu gelas (150 ml) jus buah segar atau smoothie.

2.    Makanan yang mengandung pati

Makanan bertepung atau mengandung pati seperti roti, nasi, kentang, dan pasta adalah sumber energi, serat, dan vitamin B yang baik. Jadi ini harus digunakan sebagai dasar menu diet sehat untuk remaja. Pilih varietas yang tinggi serat, seperti: gandum, beras merah, dan kentang (tanpa kulit). Gandum dipercaya mengandung banyak serat dan seringkali ini juga lebih banyak nutrisi lainnya. Ini akan membantu Anda untuk menahan lapar lebih lama, dan membantu mencegah sembelit, serta melindungi dari bahaya kanker.

3.    Makanan yang mengandung sumber protein

Kacang-kacangan, ikan, dan telur adalah alternatif yang baik untuk menggantikan daging. Terutama karena ini secara alami rendah lemakdan tinggi serat, ini juga kaya akan protein, vitamin dan mineral.Orang muda disarankan untuk makan dua porsi ikan dalam seminggu, yang salah satunya harus berminyak. Ikan berminyak, seperti salmon atau mackerelbiasanya mengandung banyak asam lemak omega-3 dan baik untuk kesehatan jantung.

4.    Susu dan turunannya

Susu dan turunannya (seperti yoghurt dan keju) adalah sumber penting kalsium, vitamin A, D, B12, protein dan lemak. Jenis mineral ini, terutama kalsium sangat diperlukan dalam diet sehat untuk remaja, sebagai pendukung kekuatan tulang serta mendukung fungsi saraf dan otot. Sementara vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk membantu menyerap kalsium, dan oleh karena itu berperan penting dalam memperkuat tulang.

5.    Minyak nabati

Mendapatkan lemak sehat yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Yang terbaik adalah minyak tak jenuh seperti minyak lobak, minyak zaitun,danminyak bunga matahari. Sementara itu, hindari makanan tinggi lemak (terutama lemak jenuh) seperti gorengan, karena bisa menimbulkan risiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Tahun-tahun remaja adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Pada saat ini, mereka yang aktif dan sehat cenderung memiliki selera makan yang besar. Untuk itu mereka harus tahu menu diet sehat untuk remaja apa saja yang bisa mereka makan.

 

 


Post a comment for "Menu Diet Sehat Untuk Remaja, Apa yang Boleh Dimakan?"

Berlangganan via Email