Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Diet Mayo Wajib Dicoba, Cara Baru Bikin Perut Rata

Qsehat.com - Mencoba menu diet mayo mungkin bisa jadi salah satu pengalaman diet yang menyenangkan untuk Anda. Memiliki perut rata adalah impian semua orang. Beragam jenis diet ditawarkan untuk mencapainya. Namun menjalani proses diet pastilah tidak mudah, mengatur pola makan dan menu diet menjadi tantangan tersendiri.

Diet mayo pertama kali diperkenalkan oleh badan usaha non-profit di Amerika yaitu Mayo Clinic. Diet mayo lebih kepada membenahi pola hidup Anda menjadi lebih sehat daripada sebelumnya. Untuk memperoleh berat badan ideal, diet ini juga mengutamakan aktivitas fisik pada prosesnya.

menu diet mayo
menu diet mayo

Inilah Manfaat dan Prinsip Diet Mayo

Di dalam menu diet mayo tidak ada pengaturan spesifik mengenai jenis makanan apa yang harus dihindari maupun dikonsumsi. Prinsip diet mayo adalah membatasi jumlah garam dan karbohidrat. Seperti yang diketahui kadar  garam berlebih dalam tubuh dapat mengikat air yang memicu terjadinya obesitas.

Manfaat Diet Mayo

Beberapa manfaat yang bisa didapat selama menjalani diet mayo ini adalah menurunkan kadar kolesterol dan mencegah hipertensi. Seperti yang diketahui kandungan garam yang tinggi pada tubuh berisiko menaikkan tensi darah atau hipertensi.

Rendahnya kadar garam pada menu diet mayo ini, diharapkan mempermudah proses dikeluarkannya kandungan garam melalui urine, feses serta keringat. Pencernaan yang sehat akan berpotensi menurunkan berat badan Anda.

Diet mayo mengajari Anda untuk mengelola gaya hidup sehat. Selain memperhatikan kandungan garam dan karbohidrat, menu diet mayo juga terdiri dari sayur-mayur dan buah-buahan. Jika konsisten dilakukan maka tak hanya kolesterol, diabetes pun dapat diatasi bersama diet mayo.
 
Prinsip Diet Mayo

Pada prinsipnya diet mayo mengajak Anda untuk memperbaiki pola hidup yang terkait pada pola makan dan aktivitas fisik Anda. Salah satu trik untuk mengubah pola hidup adalah dengan membuat list pola hidup sehat yang baru minimal 5 dan membuat list pola hidup yang lama sebagai perbandingan.

List ini akan berguna menjaga disiplin dalam melaksanakan pola sehat yang baru. Dua minggu pertama dirancang untuk menurunkan berat badan hingga 4,5 kg. Pada minggu ketiga dan seterusnya Anda sudah mulai terbiasa dengan menu diet mayo mulai dari jenis makanan, porsi makan, hingga aktivitas fisik.

Setelah terbiasa menjalani diet di minggu-minggu pertama, maka setiap bulannya Anda sudah bisa mengontrol penurunan berat badan. Memperoleh berat ideal yang permanen dan stabil tentu bisa dicapai asal selalu konsisten menjaga menu diet mayo dan rutin berolahraga.


menu diet mayo
menu diet mayo

 Menu Diet Mayo yang Enak dan Sederhana

Menu diet mayo bisa Anda tentukan sendiri dengan memperhatikan kandungan di dalam makanan. Selain garam Anda juga harus mengurangi kadar gula dan lemak. Perbanyaklah protein dan kalori yang bisa terdapat pada ikan dan sayuran.

Selanjutnya buatlah daftar menu diet mayo yang enak sesuai selera Anda. Selama 1 minggu kedepan Anda bisa buat daftar menu yang mungkin merubah sebagian besar pola makan Anda selama ini. Mari simak beberapa contoh menu diet mayo berikut ini.

Pilihan Menu Sarapan
  • Teh atau kopi dengan gula tanpa susu.
  • Jus buah dengan gula tanpa susu.
  • Roti bakar boleh dengan selai, bisa ditambahkan sedikit mentega.

Pilihan Menu Makan Siang
  • Ayam tanpa kulit dikukus boleh tambahkan sedikit garam. Lengkapi dengan sayuran rebus seperti wortel dan nikmati bersama kentang tumbuk. 
  • Daging panggang dan sayuran rebus seperti jagung dan buncis.
  • Pepes ikan dilengkapi tahu dan tempe bacem serta sayur urap.

Pilihan Menu Makan Malam 
  • Daging tanpa lemak sandingkan dengan sayur bayam dan tambahan buah.
  • Salad buah lengkap dengan yogurt. 
  • Telur rebus ditambah keju dan sayuran rebus seperti wortel, jagung atau brokoli dilengkapi  semangkuk buah.

Sebelum mengonsumsi menu diet mayo konsultasikan kesehatan Anda terlebih dahulu dengan dokter pribadi Anda. Dalam menjalani diet jenis apapun hal ini baik untuk dilakukan agar Anda lebih memahami kondisi kesehatan dan meminimalisir resiko bagi kesehatan tubuh Anda.

Post a comment for "Menu Diet Mayo Wajib Dicoba, Cara Baru Bikin Perut Rata"