Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Penyakit Masuk Asing dan Cara Mengatasinya


Mengenal Penyakit Masuk Asing dan Cara Mengatasinya. Penyakit ini menjadi penyakit yang lazim dijumpai dan dirasakan oleh orang Indonesia. Nama penyakit ini muncul disebabkan karena kondisi tubuh yang terasa tidak enak karena banyaknya angin yang masuk kedalam tubuh itu sendiri.

Penyakit ini bisa dirasakan oleh seseorang ketika tubuh orang tersebut drop. Penyebab hal ini bisa karena suhu ruangan yang ber AC, terpapar udara malam yang dingin hujan-hujanan, kerja lembur, istirahat kurang, kurangnya menjaga asupan makanan dan masih banyak lagi. Lazimnya, penyakit ini banyak dijumpai ketika musim pancaroba roba terjadi, atau ketika musim hujan tiba.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit masuk angin ini beraneka ragam, mulai dari kedinginan, tidak enak badan, meriang, sakit kepala, nyeri otot dan kehilangan nafsu makan. Namun ada beberapa gejala lain yang timbul juga yang sering dikaitkan dengan penyakit ini. Gejala-gejala tersebut adalah badan terasa hangat dan demam, buang angin seczra berlebih, perut kembung, sakit pada perut dan juga pegal-pegal.
masuk angin

Beberapa Penyakit yang Sering Disebut sebagai Masuk Angin

Menurut ilmuwan, penyakit ini tidak termasuk sebuah penyakit, melainkan sekumpulan gejala dari kondisi medis tertentu yang merujuk atau sebagai tanda suatu penyakit lainnya. Beberapa penyakit itu antara lain ialah:

1.      Infeksi saluran pernapasan

Masuk angin merupakan gejala dari infeksi saluran pernapasan atas yang merupakan penyakit yang jamak kita jumpai dengan gejala demam, batuk dan pilek yang disebabkan oleh bakteri dan virus dari luar.

2.      Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti mual, muntah, perut kembung, diare, sembelit, dan sensasi perih atau nyeri ulu hati. Gejala-gejala tersebut, khususnya kembung, juga sering dikatakan sebagai penyakit ini. Penyebab gangguan pencernaan bermacam-macam, antara lain keracunan makanan, infeksi virus maupun bakteri, alergi atau intoleransi makanan, dan stres.

3.      Demam berdarah dan malaria

Kedua penyakit ini merupakan penyakit infeksi yang sering terjadi di negara tropis, seperti Indonesia dan salah satu gejala dari masuk angin. Keduanya pun sama-sama ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Secara medis, tidak ada obat khusus dan spesifik untuk mengobati penyakit masuknya angin pada manusia ini. Kebanyakan orang memilih untuk sekedar meredakan gejala atau sering disebut pengobatan simptomatik. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika merasa gejala penyakit ini adalah:
  • Banyak beristirahat, jika Anda masuk angin, pastikan tetap makan, walaupun Anda merasa tidak enak badan dan kurang berselera untuk mengonsumsi makanan. Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Konsumsi makanan berkuah dan hangat, misalnya sup, terutama jika batuk. Hal ini dapat membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Adanya uap juga dapat membantu mengatasi gejala hidung tersumbat.
  • Banyak minum menjadi pengobatan ampuh untuk masuk angin, namun hindari konsumsi kafein dan alkohol. Konsumsi cairan yang banyak membantu mengencerkan dahak. Sementara itu, minuman yang mengandung kafein atau alkohol membuat seseorang kehilangan banyak cairan sehingga berisiko dehidrasi.
  • Konsumsi suplemen, terutama yang mengandung vitamin C. Hal ini dapat membantu kerja sistem imunitas tubuh dalam melawan penyakit.
  • Jika keluhan masuk angin tidak juga membaik, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter. 



Semoga artikel ini bisa membantu anda dan memberikan pemahaman tentang penyakit ini. Itu dia beberapa pembahasan mengenai penyakit masuk angin yang jarang orang ketahui. Lebih jauh semoga artikel ini secara tidak langsung bisa menjadi pedoman hidup sehat anda,baik itu dalam pola kehidupan dan pola makan anda.

Post a comment for "Mengenal Penyakit Masuk Asing dan Cara Mengatasinya"