Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Masuk Angin dan Penyembuhan-nya


Mengenal Masuk Angin dan Penyembuhan-nya . Masuk angin atau colds adalah suatu fenomena kemasukan angin. Masuk angin adalah suatu penyakit yang dikaitkan dengan kelebihan angin. Angin dari luar masuk ke dalam tubuh sesuai dengan nama 'masuk angin'. Angin lewat pori-pori kulit di bagian tubuh yang terkena dingin atau angin. Angin itu merusakkan keseimbangan badan dan menyebabkan rasa sakit. Namun ada juga yang menganggap masuk angin sebagai penyakit usus dan dikatakan bahwa angin disimpan di usus. Angin itu menghalangi aliran darah melalui pembuluh darah.

Penyebab masuk angin biasanya badan manusia bisa menahan penyakit masuk angin kalau dalam keadaan sehat. Namun, kalau badan sedang kurang sehat, baik secarai fisik maupun mental, mudah sekali terkena masuk angin. Selain itu terdapat faktor-faktor tertentu yang mempercepat terjadinya masuk angin. Faktor-faktor itu  meliputi pergantian musim perubahan cuaca, membuat badan lebih peka terhadap penyakit dan badan mengalami perubahan suhu yang ekstrim.

Proses Ilmiah Masuk Angin Pada Tubuh

masuk angin
Oleh karena masuk angin adalah kelebihan angin di dalam tubuh, cara mengobati masuk angin meliputi pengusiran kelebihan angin itu dari tubuh. Kalau anginnya sudah dikeluarkan, keseimbangan badan dapat dipulihkan dan bisa kembali kepada keadaan sehat lagi. Angin dibuang melalui sendawa, kentut atau lewat pori-pori kulit. Angin juga sering dikeluarkan melalui muntah. Sesudah muntah perasaan kembung dan mual hilang. Ada beberapa tingkat masuk angin dari tingkat ringan sampai parah.Tingkat masuk angin tergantung pada seberapa jauh angin sudah masuk.

Angin malam adalah angin yang paling berbahaya dan pembawa penyakit. Angin malam masuk ke dalam tubuh dan lari ke bagian jantung. Jantung terkena angin dingin dan mengalami kesulitan berdenyut. Akhirnya jantung tidak kuat memompa darah ke seluruh badan dan seseorang meninggal. Biasanya angin duduk datangnya secara mendadak. Tiba-tiba suatu sore badannya 'tidak enak semua', terasa capek dan pegal-pegal. Seseorang yang terkena angin malam berbaring di tempat tidur dan beristirahat. Pagi kemudian keluargannya menemukan dia sudah meninggal.

Cara mengatasi masuk angin adalah dengan kerok, koyok, kop, dan pijat.  Kerok adalah suatu cara mengatasi masuk angin yang khas Jawa. Metode kerok diwarisi generasi saat ini dari nenek moyangnya. Rata-rata kerok adalah pengobatan masuk angin yang paling disukai orang Jawa. Itu karena kerok merupakan pengobatan masuk angin yang paling murah dan mudah dilakukan. Istilah 'kerok' asli dara kata 'keruk' yang menggambarkan proses kerok. Angin dikeruk keluar dari badan.

Metode lain yang bisa dipakai adalah koyok dan kop. Ada juga kain yang dilempel di kulit untuk mengeluarkan angin yang disebut 'koyok' dan konsep penyembuhannya sama dengan kerok. Biasanya kain itu mengandung balsem atau minyak angin yang menghangatkan badan, memperbesarkan pori-pori kulit dan membuat angin keluar. Kop Suatu cara lain untuk mengobati masuk angin adalah penyedotan angin keluar dari badan. Cara mengkop bisa digambarkan dengan uang logam diletakkan di permukaan kulit dan di atas koin itu ditaruh selembar kain kapas. Kain kapas itu dikasih minyak dan dinyalakan.

Pijat masuk angin di Jawa berfungsi sebagai pengobatan untuk semua penyakit ringan, termasuk masuk angin. Ada beberapa macam pijat di Jawa tetapi jenis yang saya utamakan dalam penelitian ini adalah pijat urat Jawa. Konsep pijat di Jawa sangat berbeda daripada konsep pijat Barat. Di Jawa sudah diakui bahwa urat saraf dan otot semua berhubungan. Memijat urat di satu bagian badan bisa menimbulkan efek penyembuhan di bagian badan lain.

Post a comment for "Mengenal Masuk Angin dan Penyembuhan-nya "