Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Masakan Jawa Yang Paling Terkenal Dan Populer


Mengenal Masakan Jawa yang paling terkenal dan populer. kuliner khas Jawa merupakan Makanan yang sering diburu oleh pecinta makanan. Citarasa dari kuliner khas Jawa sudah dikenal di seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia. Bahkan berbagai kuliner khas Jawa bisa kamu temui dimana saja bahkan di negara manapun.

Kuliner khas Jawa dikenal dengan kelezatannya, karena kelezatannya juga ada banyak orang yang ingin mencobanya lagi saat berkunjung ke pulau Jawa. dan juga Karena kepopulerannya, kuliner khas jawa sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Kuliner khas Jawa ada banyak variannya, ada yang makanan basah dan ada juga yang makanan kering atau cemilan.

Biasanya kuliner khas Indonesia terkenal dengan penggunaan bumbu-bumbunya yang menggunakan rempah-rempah. tidak terkecuali Masakan jawa. Kuliner khas Jawa biasanya identik dengan daerah Jawa timur, Jawa tengah, dan Yogyakarta. sedangkan untuk wilayah Jawa barat seringkali disebut dengan Makanan khas sunda. Karena kebanyakan orang Jawa barat merupakan masyarakat Sunda.
Masakan jawa
Dalam setiap daerah di pulau Jawa pasti ada makanan khas yang memiliki citarasa yang berbeda beda. Kuliner khas Jawa sangat disukai oleh wisatawan asing maupun masyarakat lokal. Karena kuliner khas Jawa memiliki citarasa yang berbeda dalam setiap makanan khas daerah daerah lainnya. Selain memiliki citarasa yang berbeda beda kuliner khas Jawa sudah terkenal ke seluruh dunia dan seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa Masakan Jawa Yang Paling Terkenal Dan paling populer


Nasi gandul khas pati

Masakan Jawa Yang selanjutnya adalah nasi gandul. Makanan ini sangat populer di Pati karena memiliki nama yang unik. Selain memiliki nama yang unik, nasi gandul juga memiliki cita rasa yang cukup menggugah selera. Cara penyajian nasi gandul, nasi disajikan dengan kuah kecoklatan dengan irisan daging sapi atau jeroan sesuai selera. Sekilas rasa nasi gandul sama dengan rawon, soto, dan gulai. Untuk menikmati makanan ini kamu bisa datang ke Pati Jawa tengah.

Nasi liwet solo

Di urutan pertama ada nasi liwet solo yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih. Rasa gurih nasi liwet berasal dari cara pengolahannya yang menggunakan santan. Biasanya nasi liwet disajikan menggunakan sayur labu dengan kuah santan kental, suwiran ayam, dan juga aren yang disajikan di atas daun pisang sebagai wadahnya. Nasi liwet sudah menjadi salah satu khas makanan Jawa tengah yang memiliki cita rasa gurih. Makanan bisa ditemukan dimana saja di wilayah Jawa tengah.

Nasi penggel khas kebumen

Nasi penggel biasanya dimakan sebagai menu sarapan pagi. Menu ini biasa disajikan berbentuk bola yang berukuran seperti bola pingpong. Kamu bisa mengambil sendiri makanan ini dan ditempatkan di atas daun pisang sebagai wadah. Masakan Jawa ini biasa disajikan bersama sayur lodeh dengan kau lainnya. Selain sayuran makanan ini ditambahkan lauk lain seperti kikil atau daging sapi, dan tidak lupa tempe mendoan. Seporsi nasi penggel bisa ditemukan di wilayah kebumen Jawa tengah.

Nasi Jamblang daun jati

Olahan nasi Jamblang sebenarnya hanyalah nasi ditambah lauk Pauk dan dibungkus daun jati. Dalam satu porsi nasi Jamblang hanyalah sedikit nasi, namun yang membuat nasi Jamblang berbeda dengan yang lain yaitu diberi puluhan lauk sehingga membuat nasi Jamblang bervariasi. Apalagi pembungkusnya yang menggunakan daun jati sehingga menciptakan aroma dan citarasa yang khas dan membuat nasi Jamblang tahan basi.

Nah itu saja rekomendasi Masakan Jawa Yang Paling Populer dan paling terkenal di kalangan masyarakat Jawa bahkan Indonesia. Masih banyak lagi makanan khas Jawa yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke pulau Jawa.

Post a comment for "Mengenal Masakan Jawa Yang Paling Terkenal Dan Populer"