Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengawali Diet Untuk Pemula


Mengawali diet untuk pemula. Mudahnya akses segala sesuatu seperti internet, belanja online, work from home, pesan makan lewat ojek online, dan lain-lain dapat membuat kita kurang bergerak. Kurang gerak ini bisa berbahaya loh, bisa membuat kita kurang olahraga diikuti dengan mengosumsi makanan yang berlebih karena kemudahan tadi. Nah akibatnya tubuh menjadi kurus karena kurang kosumsi atau justru menjadi obesitas karena terlalu banyak kosumsi.

Di era modern yang serba gampang ini, pengetahuan dan praktek diet sangat diperlukan, demi menjaga keseimbangan tubuh kita. Apalagi pada masa pandemi COVID-19, tubuh sehat adalah sebuah keharusan. Namun diet tidak bisa dilakukan dengan sembarang, terutama bagi pemula. Nah kali ini kita membahas diet untuk pemula, bagaimana mengawali diet dan diet apa saja yang baik bagi pemula.

Ingat diet bukan hanya bagaimana kita menurunkan berat badan atau menaikan berat badan, tapi juga untuk kesehatan tubuh dan mental kita. Nah ini yang penting, jangan sampai diet justru menyakiti tubuh dan mental. Banyak kasus niatnya mau diet justru menyiksa diri sendiri. Makanya bagi pemula perlu menyimak kiat-kiat mengawali diet berikut:

Mengawali Diet


1.      Membangun niat diet


Ini hal paling awal yang perlu ditanamkan pada diri kita. Apasih niat kita buat diet? ingin punya tubuh ideal, ingin mempesona kekasih, atau ingin hidup sehat. Semua niat itu boleh saja, asal benar-benar diniatkan, tidak setengah-setengah. Niat sangat penting pada diet untuk pemula, karena dari sini semua hal berawal. Jadi kuatkan niat dulu ya.
diet untuk pemula
Membangun niat diet tidak perlu muluk-muluk, yakini saja diet sebagai kegiatan sehari-hari yang diperlukan demi menjaga kesehatan tubuh. Dengan begini diet yang dilakukan tidak hanya nafsu kita untuk menjadi seperti apa, tapi juga diiringi dengan kesehatan yang didapat. Diet jadi lebih bermanfaat dan niatnya juga menjadi lebih kokoh.

2.      Mencari informasi


Mencari informasi pada diet untuk pemula menjadi kewajiban. Sangat penting untuk mengetahui diet apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Lalu informasi juga dapat memberikan cara untuk mengerjakan diet.

Pada era modern sangatlah mudah untuk menemukan informasi terkait diet. Kita dapat menemukan di televisi dengan program kesehatan, di majalah-majalah, kita juga dapat menemukan di internet baik website maupun video. Sudah tidak menjadi alasan lagi kekurangan informasi pada zaman modern ini.

Perlu diingat, bijaklah memilah informasi yang ada. Tidak semua metode cocok bagi diet untuk pemula. Karena itu ada baiknya kita menanyakan langsung atau berkonsultasi ke ahlinya, baik itu praktisi diet profesional ataupun dokter.

3.      Berkonsultasi kepada ahli


Tentu saja seorang ahli sangat diperlukan untuk mengawasi pemula. Diet tidak boleh sembarangan, bisa-bisa tubuh dan mental kita jadi kesakitan, karena kita coba-coba sendiri. Makanya temui praktisi diet profesional ataupun dokter untuk berkonsultasi.

Saat ini juga banyak tersedia konsultasi online yang dapat ditemukan di website atau aplikasi tertentu. Perangkat konsultasi tersebut dapat langsung menghubungi kita ke ahlinya loh. Ini sangat memudahkan diet untuk pemula karena memberikan ruang bagi seseorang yang tidak mengetahui apa-apa soal diet.

4.      Beranikan diri mengawali


Tidak ada hal yang terjadi jika tidak ada yang diawali. Jadi jangan menunggu lagi lakukan dari sekarang. Tentukan diet yang sesuai dengan kemampuan, supaya tidak mengganggu kegiatan kita. Jika sudah sesuai dengan kemampuan yang ada tentu tidak ada lagi istilah menunggu. Intinya mulai bergerak walaupun kecil.

5.      Tetap Bahagia


Ini tidak kalah penting bagi diet untuk pemula. Diet bukan berarti menyiksa diri, diet adalah kegiatan untuk sehat. Jadi selalu berdiet dengan senang hati, jangan merasa tersiksa. Mungkin suatu saat dietnya berhasil, tapi masih memberikan beban mental karena rasa tersiksa tadi. Bagaimana jika tidak berhasil, jadi lebih parah tentunya.
diet untuk pemula
Melakukan diet dengan bahagia dapat menyehatkan mental kita. Selain mendapat tubuh yang sehat, juga memperbaiki mental kita. Dampak langsung bagi diet dengan bahagia juga menambah niat dan mood untuk terus melanjutkan diet secara rutin dan teratur. Penting sekali bukan, coba saja bayangkan kita diet tapi tersiksa dengan apa yang kita lakukan, pasti akan setengah-setengah.

Begitulah mengawali diet untuk pemula, tidak sekedar diawali dengan tangan kosong, tapi diawali dengan niat, tujuan dan komitmen. Dengan mengawali, seseorang akan yakin dapat bergerak untuk melangkah.

Bagaimana jika kita tidak bisa mengawali niat diet, sehingga diet menjadi berantakan. Nah jika begini perlu lah untuk bercermin pada diri sendiri, apasih sebenarnya yang diinginkan, ada atau tidak manfaat yang didapat. Ingat banyak kasus gagal diet yang menyiksa diri. Jadi perlu kita menyimak faktor-faktor gagal diet berikut, supaya tidak terjadi kegagalan.

Faktor-faktor penyebab gagal diet


1.      Kurangnya waktu tidur

Begadang sudah menjadi hal umum bagi seseorang, baik dnegan alasan kerjaan sampai sudah kebiasaan. Kurang tidur sangat tidak baik loh bagi program diet, apalagi diet untuk pemula. Kurangnya tidur dapat menyebabkan terganggunya metabolisme yang berujung pada obesitas.

Pada saat tidur tubuh kita memproduksi hormon yang disebut melatonin. Ketika seseorang tidur hormon ini membantu laju metabolisme untuk membakar kalori. Nah dengan berkurangnya waktu tidur, sistem hormon melatonin tidak bekerja secara maksimal, mengakibatkan proses pembakaran kalori tidak maksimal.

Bukan hanya itu kurangnya tidur juga meningkatkan hormon ghrelin. Hormon ini memiliki fungsi untuk menambah nafsu makan dan mengakibatkan berkurangnya hormon leptin atau hormone yang memicu rasa kenyang. Jadi saat kurang tidur kita justru memiliki nafsu makan yang lebih tinggi, jika dibiarkan dapat menyebabkan obesitas. Diet untuk pemula tentunya harus mengetahui hal ini.

2.      Tidak Sarapan


Siapa yang menyangka tidak sarapan justru membuat diet gagal. Masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sarapan membantu proses metabolisme tubuh, sehingga kalori juga terbakar dengan lebih efektif. Dari suatu studi sarapan baik dilakukan 2 jam sesudah bangun tidur. Sarapan juga memberikan energi untuk melakukan aktivitas di pagi hari, yang menyebabkan pembakaran kalori terjadi. Mulai dari sekarang jangan lupa sarapan ya.

3.      Tidak diiringi dengan olahraga


Baik diet untuk pemula maupun profesional, olahraga menjadi salah satu faktor penting dalam diet. Diet bukan hanya makan dan tidak makan, namun juga membakar kalori. Nah jika tidak diiringi dengan olahraga yang teratur bagaimana bisa seimbang.

Tidak perlu berolahraga yang berat, cukup berolahraga ringan tapi rutin, bisa dengan lari kecil, senam, ataupun yoga. Lebih baik lagi dengan alat pendukung olahraga. Namun harus diperhatikan keseimbangan dengan diet yang dilakukan.

Kita juga harus berhati-hati memilih olahraga untuk diet. Olahraga yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan saran dari konsultan dan ahli, terutama diet untuk pemula. Olahraga yang sesuai dapat memudahkan tercapainya tujuan diet.

4.      Mengosumsi alkohol


Alkohol yang memberikan rasa rileks tidak berujung baik bagi diet yang dilakukan. banyak orang yang memilih mengosumsi minuman beralkohol untuk melepas penat dan berileksasi sejenak. Nah alkohol yang menyebabkan rasa rileks menyebabkan gangguan pada pola tidur. Dengan terganggunya pola tidur seseorang akan kekurangan istirahat, sistem metabolisme akan menurun dan dapat menyebabkan obesitas.

Tidak hanya itu mengosumsi alkohol juga dapat mengganggu aktivitas, serta menghadirkan rasa cemas dan depresi. Keinginan untuk merasa rileks ternyata berujung pada kecemasan. Rasa cemas dan depresi juga berakibat buruk pada rutinitas diet yang dilakukan. baiknya kebiasaan ini dikurangi,  baik diet profesional maupun diet untuk pemula.

5.      Makan sebagai pelampiasan


Ini yang biasa ditemukan, ketika sudah boleh makan justru melampiaskan karena sebelumnya sudah berusaha mengurangi makan dan banyak olahraga. Alih-alih tubuh yang diimpikan tercapai, malah kembali ke garis awal lagi.

Sebagai saran diet untuk pemula, harap sabar dan jangan termakan emosi. Ini juga salah satu ujian dalam diet. Tidak hanya melatih tubuh, tapi juga mental. Orang yang baru mengawali diet masih sulit untuk membiasakan diri, jadi mulai dengan kurangi sedikit-sedikit.

Cara lainnya mengatasi ini yaitu dengan mengalihkan diri kita ke kegiatan positif, seperti membaca, menulis, membuat kerajinan, atau berolahraga. Tidak melulu persolan makan karena balas dendam.

6.      Diet yang kelewat ketat


Bagi diet untuk pemula harus dilakukan dengan perlahan, supaya tubuh beradaptasi dengan pola hidup baru. Memulai diet tidak boleh langsung mengubah pola hidup. Perubahan yang drastis akan mengakibatkan tubuh sulit beradaptasi, terutama soal makan dan olahraga.

Ketika tubuh yang sering mengosumsi karbohidrat tiba-tiba berkurang, akan membuat tubuh kebingungan dalam bekerja. sehingga akan terjadi penolakan yang membuat kita merasa tidak kuat untuk menjalani diet yang sedang berlangsung.

Tidak hanya itu diet ketat juga memiliki efek samping yang beragam. Cepatnya berat badan berkurang justru mengakibatkan kita kehilangan otot bukan hanya lemak. Efek samping yang lain adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat berakibat energi kita menurun, kram otot, sampai sembelit. Diet untuk pemula sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet secara ketat dan secara langsung mengubah pola hidup.

7.      Cuma ikut tren


Tren memang sangat menggiurkan untuk diikuti. Namun untuk diet, tidak dianjurkan sekedar ikut tren. Motivasi diet harus jelas, supaya dapat memberikan komitmen pada diet yang dilakukan. Dengan begitu kepuasan yang didapat ketika berhasil juga akan bertambah.

Melihat tren sebagai acuan sangat sering dilakukan oleh pemula. Kebanyakan memulai diet untuk pemula memang berasal dari tren.
Hal ini bisa dilewati dengan cara melihat kembali apa yang kita inginkam. Melihat manfaat apa saja yang didapat dari diet, dengan begitu motivasi diet dapat bertahan. Faktor-faktor yang menyebabkan diet gagal memang banyak, karena diet merupakan gaya hidup baru bagi orang yang melakukannya, terutama bagi pemula. Gaya hidup ini dapat dilakukan dengan tekun dan konsisten, nah untuk melawan semua faktor tadi intinya kita harus bersabar dan pelan-pelan.
Cobalah diet dengan perlahan, ini juga berguna bagi mental kita untuk tetap bertahan saat diet belangsung. Diet untuk pemula pada awalnya memang terlihat sulit, namun ketika sudah melakukan beberapa hari sudah terasa mudah karena terbiasa. Makanya perlu rasa senang dalam diet untuk menjaga rutinitas dan mood. Diet bukan hal yang menyakitkan, tapi hal yang membahagiakan.

Ada banyak jenis diet yang dapat dilakukan, pilih sesuai kebutuhan kita. Untuk orang yang mau memulai diet tentunya akan kebingungan memilih diet yang baik untuknya, nah berikut beberapa diet yang menjadi rekomendasi bagi yang ingin sehat dan menurunkan berat badan.

Jenis-jenis diet

Diet tinggi protein

Diet untuk pemula yaitu diet tinggi protein menganjurkan mengganti asupan karbohidrat menjadi makanan kaya akan kandungan protein. Ketika tubuh memiliki sedikit karbohidrat, tubuh akan membakar lemak lebih banyak, ini merupakan cara tubuh menghasilkan energi. Dengan begini proses penurunan badan menjadi lebih cepat.

Bagi pemula, perlu dipahami diet ini memang memberikan penurunan berat yang relatif cepat, namun diet ini tidak dianjurkan dilakukan dengan jangka waktu yang panjang. Karena keseimbangan karbohidrat yang berkurang akan menimbulkan berbagai permasalahan baru, seperti bau mulut.

Tingginya protein yang dikosumsi juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dan mengakibatkan semakin beresikonya terkena penyakit jantung. Diet tinggi protein juga mengganggu fungsi ginjal, jadi tidak dianjurkan bagi yang memiliki riwayat penyakit ginjal. Karena itu bagi diet untuk pemula diharapkan melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan diet tinggi protein.

Diet vegan


Diet ini mengaharuskan kita untuk mengosumsi produk-produk nabati dan jamur. Tidak dibolehkan mengosumsi makanan yang berunsur hewani, termasuk juga madu dan telur. Pada intinya diet ini menggunakan pola makan yang tinggi serat  dan rendah lemak.

Diet vegan bertujuan memiliki tubuh yang sehat, bahkan dengan melakukan diet vegan, kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan jantung. Diet untuk pemula harus memperhatikan unsur nutrisi yang tidak bisa digantikan oleh makanan hewani, seperti asam lemak omega 3, kalsium, vitamin D, zat besi, dan vitamin B-12. Banyak pemula yang mengalami kesalahan disini dengan tidak mengosumsi nutrisi tersebut. Sebagai solusinya nutrisi ini dapat digantikan dengan mengosumsi multivitamin.

Diet keto


Diet keto merupakan diet yang cukup populer di kalangan anak muda karena dianggap ampuh menurunkan berat badan. Diet ini mengalihkan karbohidrat ke unsur protein, lemak sehan, dan unsur nutrisi lainnya. Juga mengurangi kosumsi gula yang berlebih

Selain menawarkan penurunan berat badan diet keto juga memiliki manfaat seperti menurunkan resiko diabetes, kanker, dan penyakit lainnya. Jika tidak dilakukan dengan baik, diet keto dapat menyebabkan kadar gula darah menurun secara drastis, badan lemas, dan gangguan pada sistem pencernaan. Baik diet untuk pemula maupun bagi yang sudah berpengalaman, baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan diet ini.

Diet yang memberikan penurunan berat badan secara cepat sebenarnya tidak dapat bertahan lama, atau tidak dianjurkan melakukan dalam jangka waktu yang panjang. Diet sebaiknya dilakukan secara bertahap, supaya penurunan berat badan juga bertahap agar lebih mudah untuk dikontrol. Angka aman dalam penurunan adalah 0,5 kg sampai 1 kg seminggu.

Nah, begitulah diet bagi pemula yang perlu diketahui. Setiap diet baiknya melakukan konsultasi keada ahli, yaitu dokter. Supaya diet yang dilakukan aman dan tidak menimbulkan efek samping. Bagi pemula yang harus diperhatikan adalah ketekunan, sabar, dan perlahan. Jika gegabah dalam melakukan diet akan berakibatkan fatal, seperti penyakit jantung. Jangan lupa diet juga harus diiringi dengan olahraga. Siapa yang ingin mendapat tubuh ideal dan sehat, sudah saatnya untuk melakukan diet, mari kita mulai dari langkah kecil.

Post a comment for "Mengawali Diet Untuk Pemula"