Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatur Menu Makanan Untuk Buka dan Sahur Bagi Pejuang Diet Sehat Saat Puasa

Mengatur Menu Makanan Untuk Buka dan Sahur Bagi Pejuang Diet Sehat Saat Puasa. Banyak yang bingung tentang menu diet saat berpuasa yang dapat dijadikan referensi atau acuan sebagai dasar jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh. Ini karena banyaknya orang yang menjalankan program diet dengan berpuasa namun  bukannya berat badan turun malah semakin hari semakin naik. Inilah yang menjadi kekhawatiran beberapa pengguna diet sekaligus berpuasa.

diet sehat saat puasa

Tak heran memang karena kurangnya pemahaman tentang diet yang baik meskipun juga menjalankan puasa. Banyak orang beranggapan dapat makan semua makanan karen telah seharian berpuasa, namun anggapan ini salah besar. Ini yang membuat meskipun berpuasa namun berat badan tidk kunjung turun. Malah akan mengalami kenaiakan. Karena pola makan yang lagi lagi salah dan tentunya masih mengkonsumsi beberapa jenis makanan secara berlebihan.

Beberapa Contoh Menu Diet Sehat Saat Puasa Yang Dapat Dijadikan Referensi

Bagi pemula pejuang diet mungkin Anda bingung memilih menu makanan yang baik dan tentunya dapat mengontrol kelebihan zat yang ada dalam tubuh Anda baik lemak, minyak dan kelebihan kalori. Berikut adalah beberapa contoh menu yang dapat dijadikan refrensi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat saat puasa. Simak ulasannya sebagai berikut.

Contoh Menu Takjil Buka Puasa

Saat berbuka puasa pasti yang wajib ada adalah takjil. Takjil adalah makanan pembuka saat seseorang sedang buka puasa. Memilih menu takjil ini sebaiknya adalah memilih makanan yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Mengapa demikian? Agar energi yang hilang seharian dapat diserap lagi oleh tubuh saaat selesai memakan takjil dan tentunya tubuh dapat menyerap dengan cepat. Contoh timbangan kalori yang dapat di gunakan adalah teh manis dengan satu sendok gula (37 kalori), kurma 3 buah (50 kalori), salad buah 250 gram (250 kalori), 3 sendok sirup (111 kalori), sandwich dnegan daging asap dan keju (300 kalori).

Namun kesemuanya merupakan contoh makanan diatas juga tidak boleh semua dikonsumsi secara bersamaan. Anda dapat memilih beberapa makanan saja yang sekiranya dapat mengembalikan tenaga pada tubuh. Dan tentunya diet sehat saat puasa ini dengan mudah dapat Anda lakukan. Mengingat masih bisa menikmati makan dengan enak tentunya masih harus tetap mempertimbangkan kadar gizi yang dikonsumsi.

Contoh Menu Buka Puasa

Menu buka puasa ini biasanya dilakukan saat setelah usai shalat tarawih. Ini juga menghindari agar perut tidak kaget, karena telah seharian berpuasa dan tentunya perut menjadi kosong. Namun yang diingat adalah setelah makan besar ini beri waktu perut untuk mencerna makanan, setidakya 2-3 jam. Contoh menu yang dapat dikonsumsi adalah nasi merah 100 gram (175 kalori), ayam tanpa kulit 1 porsi (80 kalori), sayur 150 gram (120 kalori), buah apel 1 (50 kalori), tempe bacem 50 gram (80 kalori). Ini adalah contoh menu yang pastinya tidak dapat dikonsumsi semua mungkin dapat menambah jumlah sayur dan buah.

Contoh Menu Sahur

Menu sahur ini sebaiknya banyak yang mengandung serta dan protein untuk itu contohnya adalah scrambled egg dan tahu (155 kalori), bayam, brokoli, jagung, 300 gram (190 kalori), daging steak 60 gram (200 kalori), kentang rebus 1 buah (90 kalori). Ini contoh menu yang dapat di padukan seseuai selera Anda, tapi ingat selalu hitug jumlah kalori yang akan dikonsumsi agar program diet sehat saat puasa Anda dapat berjalan sesaui dengan yang di inginkan.

Contoh menu diatas dapat menjadi acuan atau referensi bagi Anda yang masih bingung menjalankan diet sehat saat puasa. Banyak sebenarnya menu-menu lainnya yang terpenting adalah selalu jaga konsisten dalam menjalankan diet ini maka usaha untuk menurunkan berat badanpun tidak akan sia sia. Selamat mencoba.

Post a comment for "Mengatur Menu Makanan Untuk Buka dan Sahur Bagi Pejuang Diet Sehat Saat Puasa"