Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memiliki Berat Badan Berlebih? 5 Macam Diet Sehat Ini Patut Dicoba

Memiliki Berat Badan Berlebih? 5 Macam Diet Sehat Ini Patut Dicoba - Memiliki berat badan yang berlebihan sering kali membuat orang merasa tidak percaya diri. Berbagai cara  dilakukan agar berat badan menjadi ideal. Bahkan sebagian orang rela menghabiskan berlembar-lembar rupiah untuk melakukan operasi atau sedot lemak demi mendapatkan tubuh yang diidamkan. Namun, cara tersebut sering menimbulkan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan.

Lalu, bagaimana cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan? Diet yang benar untuk menurunkan berat badan yaitu diet yang tidak hanya membuat tubuh langsing, tetapi juga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Maka dari itu, pilihlah metode diet yang tepat. Berikut akan dijelaskan macam-macam diet sehat yang  dapat dicoba untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara-cara yang mudah dan murah.

5 macam diet sehat
5 macam diet sehat

5 Macam Diet Sehat yang Patut Dicoba

1. Diet Paleo

Salah satu  dari 5 macam diet sehat yang patut dicoba yaitu diet paleo. Diet jenis ini merupakan diet yang mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan alami yang diproses secara alami pula, yaitu dengan cara dibakar, dikukus,dan direbus. Adapun jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah  sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kangan, biji-bijian, ikan, telur, daging tanpa lemak, dan minyak zaitun. Selama melakukan diet paleo tidak diperkenankan mengkonsumsi gula, garam,dan makanan olahan. Sehingga diet jenis ini juga efektif untuk membantu menurunkan kadar gula, dan kolesterol dalam darah.

2. Diet 5:2

Diet 5:2 merupakan jenis diet yang mengharuskan untuk makan secara normal selama lima hari dan melakukan puasa (menurunkan jumlah kalori secara drastis) pada dua hari berikutnya. Selama melakukan diet ini kebutuhan jumlah kalori harian harus dipangkas menjadi seperempat dari total asupan kalori rutin. Misalnya, kebutuhan kalori harian seseorang 2.000 kalori, maka pada dua hari (puasa/penurunan jumlah kalori), orang tersebut hanya dapat mengkonsumsi 500 kalori. Sebaiknya dalam memilih dua hari “puasa” tidak berurutan (senin dan kamis, rabu dan sabtu).

3. Diet zone

List diet  dari 5 macam diet sehat yang akan dibahas selanjutnya,  yaitu diet zone (zone diet). Selama melakukan diet ini, seseorang dapat mengkonsumsi semua jenis makanan. Namun syaratnya harus membagi makanan ke dalam porsi yang sesuai aturan. Dalam sekali makan, asupan yang diwajibkan ialah 40 persen karbohindarat, 30 persen protein, dan 30 persen lemak. Meskipun semua makanan boleh dikonsumsi, tetapi sebaiknya menghindari makanan berkadar emak tinggi.

4. Diet mayo

Diet mayo merupakan jenis diet yang selama prosesnya membatasi konsumsi garam dan karbohindrat. Dalam praktiknya seseorang harus menyusun perencanaan makanan dengan menggunakan pola piramida yang dibuat oleh The Mayo Clinic Diet. Adapun piramida berat badan yang dianjurkan cukup standar yaitu membantasi asupan kalori antara 1.200-1.800 (tergantung jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan). Saat melakukan diet mayo, seseorang harus mengkonsumsi setidaknya empat porsi sayuran dan buah-buahan per harinya.

5. Diet clean eating

5 macam diet sehat yang patut masuk daftar diet wajib dicoba selanjutnya yaitu diet clean eating. Diet ini merupakan jenis diet yang bertujuan untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih pada makanan yang dikonsumsi. Selama mempraktikkan diet ini dianjurkan untuk  mengkonsumsi makanan organik yang masih segar dan kaya akan nutrisi. Tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan secara instan, seperti makanan cepat saji, makanan instan, dan makanan yang memiliki waktu lama untuk proses memasaknya.

5 macam diet sehat ini dapat menjadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan. Sebaiknya pilih metode diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Sebab tidak semua metode diet cocok diterapkan. Supaya aman konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode diet yang akan dilakukan. Dengan demikian proses penurunan berat badan akan terlaksana dengan maksimal dan hasilnya pun sesuai harapan.


Post a comment for "Memiliki Berat Badan Berlebih? 5 Macam Diet Sehat Ini Patut Dicoba"