Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa yang Wajib di Coba Ketika Berkunjung ke Yogyakarta


Masakan jawa yang wajib di coba ketika berkunjung ke Yogyakarta. Jawa termasuk pulau yang mempunyai beraneka ragam jenis makanan khas dari daerah masing – masing. Rasa yang membuat pecinta kuliner Indonesia ingin merasakan khas makanan dari Jawa. Makanan yang di sajikan juga mempunyai rasa yang cukup memanjakan lidah dengan keanekaragamannya. Banyak yang beranggapan Jawa mempunyai khas makanan yang membuat ingin mencicipi dan bahkan bisa terbayang jika tidak merasakannya.

Makanan khas jawa memiliki ciri dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan bahkan kota Yogyakarta yang terkenal dengan kuliner tradisional. Berbagai makanan yang bisa di temukan di daerah tersebut mulai dari rasa manis, gurih dan sedap. Banyak yang ingin menikmati kuliner khas dari Jawa salah satunya daerah Yogyakarta. Daerah yang terkenal dengan budaya kejawen dan makanannya yang khas menjadi sumber wisatawan untuk berkunjung.
masakan jawa
Kota pelajar yang menjadi pusat dari pendidikan dari berbagai daerah sudah pasti ingin mencicipi makanan khasnya. Apalagi masakan jawa yang menjadi ciri khas dari kulinernya menambah daya tarik untuk menikmatinya. Pusat dari wisatawan luar yang juga ingin merasakan nikmatnya masakan yang tidak akan mengecewakan. Makanan khas dari Jawa ini mempunyai rasa yang tidak terkalahkan dengan masakan dari daerah lain. Karena makanan yang mempunyai khas banyak rempah -  rempahnya mempunyai kelezatan tersendiri di lidah.

Inilah Masakan Jawa yang Wajib di Coba Ketika Berkunjung ke Yogyakarta

Gudeg


Tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, gudeg merupakan masakan khas dari Yogyakarta serta memiliki rasa tidak akan mengecewakan bagi pecinta kuliner. Makanan yang menjadi ikon dari kota ini sangat legendaris dan mudah di temui. Perpaduan rempah menjadi rasa manis yang khas membuat lidah inginterus menikmati. Makanan ini berasal dari buah nangka muda yang di olah dengan santan serta bumbu lain sampai warna berubah kecokelatan. Masak yang berjam – jam membuat rasa semakin terasa di lidah dan wajib di cicipi bagi pecinta kuliner.

Krecek

Krecek adalah makanan berupa kulit sapi yang di olah berupa sambal. Masakan jawa ini merupakan pelengkap dari gudeg agar mempunyai kenikmatan yang dapat memanjakan lidah. Krecek ini di hidangkan dengan gudeg, perpaduan masakan ini dapat menjadi rasa yang khas. Rasa gudeg yang manis campur dengan krecek dapat menambah gurih dan pedas pada makanan ini. Tidak lengkap ketika gudeg di sajikan tanpa krecek, orang beranggapan merasa ada yang kurang saat memakannya.

Sate Klatak

Daging yang di tusuk ini merupakan makanan yang sudah populer di nusantara. Tetapi jenis sate yang sate ini memiliki khas tersendiri. Alat tusuk sate biasanya menggunakan bambu tetapi berbeda dengan makanan khas Yogyakarta ini. Alat tusuk yang menggunakan jeruji sepeda menjadi keunikan serta rasa sate penuh dengan rempah menambah cita rasa khasnya. Sate ini dari daging kambing muda di bakar yang sudah di bumbui lengkap menjadi menu wajib yang harus di cicipi.

Nah, itulah makanan jawa khas Yogyakarta yang wajib di coba untuk memanjakan lidah dengan kenikmatannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan berbagai makanan khas dari jawa yang ada di Yogyakarta. Sehingga kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk memanjakan lidahmu dengan berbagai masakan jawa yang di temukan.

Post a comment for "Masakan Jawa yang Wajib di Coba Ketika Berkunjung ke Yogyakarta"