Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana yang Sangat Terkenal dan Harus Dicoba


Jika anda sedang mencari destinasi tempat untuk berkuliner, cobalah ke provinsi jawa timur dimana provinsi adalah surga bagi para pecinta kuliner karena banyaknya pilihan kuliner di provinsi ini. Anda dapat mencicipi beberapa kuliner khas dan unik di beberapa kota dan kabupaten yang ada di jawa timur karena banyak pilihan masakan jawa timur sederhana yang sangat terkenal dan harus dicoba.

1.      Lontong Balap

Masakan jawa timur sederhana
Salah satu kuliner terkenal dan memiliki nama unik adalah lontong balap yang merupakan kuliner khas dari daerah Surabaya.  Lontong balap merupakan sajian dari lontong yang diberi kuah dan ditambah beberapa toping seperti tauge, tahu, dan ada beberapa penjual yang memberi lento (kacang yang dimasak secara khusus), anda bisa menambahkan sambal petis. Nama lontong balap merupakan istialah dimana dahulu penjual lontong balap menggunakan gentong-gentong besar yang dipikul dan penjual tersebut terlihat berjalan dengan cepat saat memikul gentong-gentong itu.

2.      Rawon

Masakan jawa timur sederhana ini sangat terkenal dan disukai banyak orang karena cita rasa yang lezat. Rawon merupakan olahan daging sapi yang diiris kemudian ditambahkan dengan kuah berwarna coklat kehitaman dan ditambah tauge, sayuran, dan bawang goring. Kuah coklat kehitaman dari kuliner rawon ini berasal dari rempah yang bernama keluwek. Kuliner rawon sangat mudah di jumpai di beberapa daerah di jawa timur.

3.      Lodho

Kuliner selanjutnya berasal dari daerah yang mempunyai julukan “kota marmer” yaitu Tulungagung yang mempunyai kuliner khas bernama Lodho. Kuliner ini memiliki cita rasa gurih, dan pedas dan berbahan ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum di masak. Kuliner ini biasanya menggunakan ayam kampung yang memiliki keuntungan seperti daging yang tebal dan lebih gurih daripada ayam boiler. Kuah dari Lodho merupakan campuran dari beberapa rempah-rempah dan santan murni yang membuat kuliner ini harus anda coba saat berkunjung ke Tulungagung.

4.      Orem-Orem

Salah satu daerah jawa timur yang terkenal dengan kulinernya yang beragam dan masakan jawa timur sederhana adalah Malang. Malang tidak hanya mempunyai kuliner bakso yang sudah terkenal tapi juga memiliki kuliner lain yang tidak kalah lezatnya dengan bakso malang, yaitu Orem-Orem. Orem-Orem merupakan kuliner khas Malang yang terdiri dari irisan tempe, tauge, irisan daging ayam, lontong atau ketupat, dan ditambah dengan kuah santan yang sangat gurih. Kuliner ini hanya ditemukan di Malang dan karena alasan itulah kuliner ini tidak begitu banyak orang yang tahu.

5.      Rujak Cingur

Kuliner khas yang dimiliki provinsi jawa timur yang harus anda coba adalah rujak cingur. Kuliner rujak cingur berbahan mulut atau moncong sapi yang disebut “cingur” oleh orang jawa dan ditambah beberapa jenis buah yang biasanya ada di rujak pada umumnya seperti nanas, papaya, timun, manga muda, bengkuang, kedondong, dan ditambah irisan lontong, tempe, tahu, tauge, dan beberapa sayuran serta ditambahkan racikan bumbu yang biasanya terbuat dari petis, pisang muda, gula, cabai, kacang yang sudah disangrai atau digoreng. Mungkin penjelasan tersebut porsi dari rujak cingur cukup besar.
Itulah beberapa masakan jawa timur sederhana dimana beberapa dari kuliner tersebut memiliki nama yang unik namun tetap harus anda coba. Anda bisa berkunjung ke beberapa daerah untuk mencicipi kuliner khas yang hanya ada di daerah tertentu.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana yang Sangat Terkenal dan Harus Dicoba"