Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Berasal Dari Banyuwangi


Provinsi jawa timur memiliki kuliner-kuliner khas yang ada di setiap daerah di provinsi ini salah satunya adalah daerah paling timur dari provinsi ini, yaitu Banyuwangi. Banyuwangi terkenal dengan julukan “The Sunrise Of Java” karena kabupaten Banyuwangi adalah daerah pertama yang merasakan sunrise di pulau jawa. Kabupaten ini terkenal memiliki suku yang bernama osing dan juga terkenal memiliki tradisi dan budaya yang beragam salah satunya tarian gandrung. Daerah juga memiliki beberapa masakan jawa timur sederhana yang berasal dari Banyuwangi, salah satu diantaranya adalah kuliner sego tempong.

Kuliner sego tempong adalah salah satu kuliner yang harus anda coba saat berkunjung ke Banyuwangi karena kuliner ini terkenal memiliki rasa sambal yang khas dan bikin nagih. Sambal merupakan aktor utama dari kuliner ini karena sambal di sego tempong tidak dimasak melainkan mentah yang membuat para pengunjung merasa penasaran ingin mencoba sambal tersebut yang terlihat segar. Kuliner ini sangat cocok bagi anda para pecinta makanan pedas karena racikan sambal yang dibuat penjual sego tempong akan membuat anda seperti di ”tempong” yang bermakna di tampar dalam Bahasa Indonesia. Kata tempong merupakan Bahasa osing dimana masyarakat seperti di tampar saat makan sambal kuliner ini.

Sambal Masakan Jawa Timur Sederhana

masakan jawa timur sederhana
Sambal dari masakan jawa timur sederhana ini yaitu sego tempong terdiri dari bahan-bahan yang segar dan diracik secara khusus oleh penjual kuliner ini seperti cabai rawit, gula pasir, garam, terasi, jeruk limau, dan tomat ranti. Masyarakat Banyuwangi menyebut tomat sayur yang memiliki permukaan bergelombang dengan sebutan tomat ranti, sedangkan tomat yang memiliki permukaan halus disebut tomat buah. Bagi anda yang tidak menyukai kuliner pedas, sebaiknya anda jangan mencoba sambal dari sego tempong karena sangat pedas namun bikin nagih.

Selain seperti di tampar setelah makan sego tempong, kebanyakan penikmat kuliner ini pipinya akan menjadi merah setelah makan sego tempong karena saking pedasnya sambal dari kuliner ini. Sego tempong terdiri dari nasi, lauk (tahu, tempe, ikan asin, dan perkedel jagung) yang bisa kamu pilih sendiri, sayuran, dan pastinya sambal. Biasanya di warung yang menjual sego tempong akan disediakan lalapan berupa terong rebus atau goring, mentimun, bayam rebus, kacang panjang rebus, kubis rebus, dan daun kemangi. Simak artikel masakan menarik lainnya disini.

Harga dari masakan jawa timur sederhana ini bisa dibilang cukup murah, antara Rp 7.000 sampai Rp 15.000. anda dapat mencoba kuliner sego tempong di warung kecil, namun ada beberapa tempat penjual sego tempong yang terkenal karena enak seperti warung nasi tempong mbok Titin di ketapang, warung mbak sum yang ada di jalan Ahmad Yani dimana warung ini katanya adalah pelopor ide kuliner sego tempong ini, nasi tempong Mbak nah yang berada di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi kota yang buka hingga tengah malam, dan warung nasi tempong Sukowidi mbak Sumiyati yang terkenal sambalnya yang ditambahkan ikan teri.

Itulah informasi tentang masakan jawa timur sederhana yaitu sego tempong yang dimiliki oleh kabupaten yang mempunyai julukan “The Sunrise Of Java” yaitu kabupaten Banyuwangi. Kuliner ini wajib anda coba saat berkunjung atau berlibur di Banyuwangi, apalagi bagi anda yang menyukai kuliner pedas. Tidak sulit bagi anda untuk menemukan kuliner ini karena banyak orang yang menjual kuliner sego tempong.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Berasal Dari Banyuwangi"

Berlangganan via Email