Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur sederhana yang berasal dari Sidoarjo

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang sangat luas dan dihuni oleh banyak kota dan kabupaten kecil didalam nya. Oleh karenanya, populasi penduduk dan penyebaran etnis nya sangat beragam mulai dari etnis Jawa, Tionghoa hingga Madura. Kali ini kita akan membahas salah satu Masakan Jawa Timur sederhana yang berasal dari Sidoarjo yaitu Kupang Lontong. Bisa dibilang, ini adalah masakan khas kota ini serta sudah dikenal sebagai Ikon kota tersebut. Kupang lontong sudah terkenal dengan ciri khasnya ala Sidoarjo yang dapat menambah nafsu makan anda karena kelezatan nya serta porsinya yang pas untuk disantap dan menarik.

Kuliner Lontong Kupang adalah makanan yang unik dan dapat dinikmati bagi semua kalangan masyarakat baik itu yang muda sampai yang tua. Nama kuliner ini diambil dari penyajiannya yang menggunakan bahan dasar Lontong sebagai pengganti nasi dan Lauk Kupang sebagai acuan protein untuk melengkapi karbohidratnya. lontong merupakan olahan pengganti nasi putih yang di padat kan seakan menyerupai bentuk padat yang panjang dengan fungsinya sebagai karbohidrat utama makanan. Karbohidrat ini dapat dijumpai di gerai makanan berkuah atau berbumbu pekat. Lontong adalah sajian pengganti nasi yang pas karena tahan lama.

Kupang Salah Satu Masakan Jawa Timur Terunik

Masakan Jawa Timur Sederhana

Kupang adalah jenis protein yang dikonsumsi masyarakat namun terkadang masih belum terlalu banyak yang tau mengenai dari mana asal usul sumber makanan tersebut. Hal ini karena memang hewan Kupang sendiri berasal dari wilayah perairan laut yang di panen berbentuk kecil sekali menyerupai kerang. Kupang bisa dibilang sebagai kerang kecil yang tinggal di pesisir dan mempunyai teksturnya jika dimakan hampir mirip dengan hewan kerang. Lauk utama untuk Masakan Jawa Timur sederhana ini sering dipanen pada saat masa surut air sehingga memudahkan pencarian oleh masyarakat sekitar.

Kuliner Kupang Lontong menyajikan disajikan saat kuah sedang panas. Kuliner ini sangat unik karena berisi akan kerang Kupang, Lontong dan lauk tambahan seperti sate kerang. Penikmat atau pemburu kuliner akan terkesan sedikit kaget jika mencoba masakan ini. Ini karena bumbu yang dimasukkan kedalam masakan tersebut mempunyai aroma Petis yang sangat khas bagi penduduk lokal. Aroma petis menyuguhkan hidangan yang sedap serta berwarna sedikit pekat bersatu padu jika disantap saat masih hangat dan mampu menggetarkan lidah penikmatnya karena sangat menggugah selera mereka.

Kupang Lontong yang terkenal seantero kota dan seakan akan menjadi primadona tersendiri bagi warganya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau bagi satu porsi Masakan Jawa Timur Sederhana yang digemari dan dicari banyak orang ini. Harga mulai dari Rp.10.000 hingga Rp.15000 saja tergantung dari banyaknya lauk yang diminta oleh pelanggan tersebut. Selain itu, makanan ini didampingi dengan Sate Kerang yang biasanya disajikan berjumlah dua tusuk dan gorengan bernama Lento untuk menambah cita rasa masakan ini. Kita dapat menjumpai nya jika berkunjung ke Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya.

Itulah informasi mengenai Masakan Jawa Timur sederhana yang berasal dari Sidoarjo yaitu Kupang Lontong. Hidangan yang disajikan saat panas serta menggugah selera bagi para penikmatnya karena cita rasanya yang unik. Jika anda tertarik untuk mencoba makanan ini, cobalah dengan mampir waktu anda melewati kota ini atau sedang berkunjung ke sanak family. Anda tidak akan bisa melupakan cita rasanya yang membuat lidah merasakan kenikmatan didalamnya.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur sederhana yang berasal dari Sidoarjo"