Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana yang Unik dan Menggugah Selera

Anda orang Jawa Timur? Bisa jadi anda merupakan orang luar Jawa Timur yang ingin merasakan sensasi Masakan Jawa Timur Sederhana yang Unik dan Menggugah Selera. Indonesia terkenal dengan makanan nya yang beragam. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang wilayahnya besar. Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat nya tersebar luas begitu juga dengan keanekaragaman makanannya. Sehingga, beragam makanan dapat dijumpai baik dari kotanya maupun sedikit masuk ke desa yang sangat khas perawakannya.

Jawa timur menyumbang ragam makanan untuk negara ini. Jika anda berkunjung ke Surabaya (ibu kota) misalnya. Maka anda akan menemukan beragam makanan dari yang beragam dan unik untuk dicoba. Mulai dari pedas hingga rasa manis akan menghiasi lidah para penggemar kuliner nusantara. Namun, Jawa Timur terkenal makanan beratnya yang sangat menggugah selera para pecinta kuliner nusantara. Di sisi yang sama, makanan Jawa Timur menghadirkan mmasakan yang mempunyai komponen bahan yang enak untuk di kombinasikan satu sama lain.

Berikut adalah contoh masakan lezat Jawa Timur yang patut anda coba:

PECEL

makanan Jawa Timur sederhana

siapa yang tak tau pecel? Makanan yang sering kita jumpai ini masih menjadi pusat kuliner masyarakat terutama untuk sarapan pagi. Pecel merupakan salah satu makanan Jawa Timur sederhana yang unik dan menggugah selera. Makanan ini sering dijumpai di sudut - sudut kota atau jalanan karena sangat banyak penjualnya. Racikan bumbu kacang dengan rasa gurih sebagai bumbu utama masakan ini yang disebut sebagai Pecel. Pecel biasanya disajikan dengan sayuran pelengkap seperti tauge, daun singkong atau pepaya, lauk gorengan serta nasi hangat. Kuliner ini juga bisa disantap sebagai sarapan.

SEMPOL

Apakah anda sedang berkunjung ke malang? Inilah makanan unik yang wajib anda coba. Sempol merupakan salah satu Masakan khas Jawa Timur . Ini karena bentuknya yang seperti sate namun berbeda dengan Sempol karena merupakan hasil dari adonan dasar ayam yang dibalut di sebuah tusukan sate. Sebelum disajikan, sempol digoreng dengan menggunakan baluran telur sehingga menciptakan rasa gurih dan nikmat saat di santap. Biasanya, orang menemukan jajanan sebagai hal yang biasa dan terkesan tidak menarik untuk dimakan atau dibuat cemilan sehari hari. Sempol adalah solusi bagi anda yang ingin makan  jajanan dengannya cita rasa sedap dan unik.

TAHU TEK

Selanjutnya, ada masakan Jawa Timur sederhana yang unik dan menggugah selera lain yang patut dicoba. Tahu Tek adalah makanan khas daerah yang terdiri dari baluran bumbu kacang yang diisi dengan isi utama seperti lontong, tahu dan biasanya ditambah telur untuk yang ingin variasi. Ini bisa dilihat dari bumbu kacang yang sedikit di mix dengan bumbu petis yang menyelimuti komponen utama makanan ini. Makanan ini disajikan dengan gorengan tahu dan Lontong sebagai bahan sehingga rasa yang dihasilkan akan sangat gurih dan manis dilidah yang sangat memanjakan mulut para penggemar kuliner nusantara.

Demikian beberapa contoh akan Masakan Jawa Timur sederhana yang unik dan menggugah selera. Makanan tersebut sangat unik dan wajib untuk dicoba. Provinsi Jawa Timur menghadirkan kreativitas makanan tanpa batas dan  Kita harus bangga dengan keanekaragaman makanan tersebut karena memang rasanya yang nikmat dan resep nya harus dijaga karena berasal dadi nenek moyang kita. Kalau bukan kita yang mencobanya? Siapa lagi?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana yang Unik dan Menggugah Selera"