Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Harus Anda Cicipi


Indonesia memiliki banyak sekalli keberagaman dalam hal budaya, kesenian, agama, dan kuliner. Kuliner merupakan salah satu alasan kenapa suatu daerah harus dikunjungi dan kuliner merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan setiap orang pergi berlibur ke suatu daerah. Di setiap daerah, memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang kadang-kadang tidak dimiliki daerah lain dan menjadi kuliner tersebut ikon dari suatu daerah. Salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali kuliner unik dan lezat adalah provinsi jawa timur. Jika anda sedang atau akan berkunjung ke Jawa timur, ada beberapa Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Harus Anda Cicipi.

Nasi Krawu

Masakan jawa timur sederhana

Nasi krawu merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Gresik, Jawa Timur yang cukup terkenal dan bahkan kuliner ini menjadi legenda karena makanan ini sudah ada sejak berpuluh hinggan ratusan tahun lalu. Nasi krawu memiliki makna nasi yang dicampur kasar dengan beberapa bahan atau lauk lain yang cukup bervariasi seperti daging sapi, daging ayam, jeroan, serundeng, sambal terasi, gorengan, dan sebagainya. Lauk-lauk tersebut disajikan bersama nasi putih dan sambal dan biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Sate Madura

Kuliner sangatlah terkenal tidak hanya di jawa timur, namun juga terkenal di seluruh jawa dan bahkan di luar pulau jawa. Sate Madura merupakan kuliner legenda yang sangat gemari oleh masyarakat Indonesia karena kelezatan dari bumbu kacang ditambah empuknya daging sate yang dibakar. Kuliner ini sesuai namanya berasal dari Madura dan biasanya menggunakan arang batok kelapa yang bisa memberikan cita rasa yang unik ke satenya. Bahan dasar dari Masakan jawa timur sederhana ini biasanya menggunakan daging kambing atau daging ayam.

 Soto Lamongan

Selain sate Madura yang sudah terkenal di luar jawa timur, soto Lamongan juga sudah terkenal dan digemari tidak hanya masyarakat Lamongan dan jawa timur tapi juga di luar jawa timur. Makanan ini berasal dari Lamongan dan makanan ini memiliki cita rasa yang segar dan gurih dari koya di dalamnya. Yang menjadikan soto Lamongan berbeda dengan soto yang lain adalah bubuk koya yang berbahan dasar bawang putih dan kerupuk udang yang dihaluskan sampai menjadi bubuk. Rasa gurih dari bubuk koya mampu membuat orang menyukai kuliner soto Lamongan.

Rawon

Masakan jawa timur sederhana selanjutnya merupakan makanan yang juga sudah dikenal oleh semua orang tidak hanya di jawa timur tapi juga di luar jawa timur yaitu Rawon. Rawon merupakan kuliner khas yang berbahan dasar daging sapi yang ditambahkan kuah yang berwarna coklat gelap. Anda tidak perlu khawatir tentang warna kuah rawon yang berwarna coklat gelap karena hal tersebut berasal dari rempah yang bernama kluwek yang mampu memberikan rasa hangat saat menyantap makanan ini.

Lodho Ayam

Kuliner terakhir merupakan makanan khas yang dimiliki oleh daerah Tulungagung yang bernama Lodho ayam. Kuliner ini memiliki dua kuah yaitu Lodho ayam kuah kental dan Lodho ayam kuah encer yang bisa anda pilih sesuai selera. Kuliner ini berbahan dasar ayam kampung yang dibakar terlebih dahulu kemudian ayama tersebut akan dimasak kembali dengan bumbu rempah lain. Kuliner ini sangat popular di daerah Tulungagung yang menjadikannya sangat mudah untuk dicara karena banyak yang menjual kuliner Lodho ayam ini.

Itulah beberapa masakan jawa timur sederhana yang telah dirangkum. Anda harus mencicipi beberapa kuliner diatas saat berkunjung ke jawa timur karena kuliner-kuliner diatas sangat mudah untuk dicari dan memiliki harga yang terjangkau. Semoga informasi diatas dapat menambah daftar kuliner yang harus anda cicipi saat berkunjung ke jawa timur.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana Yang Harus Anda Cicipi"

Berlangganan via Email