Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana Dari Tulungagung


Jawa timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keberagaman budaya dan kuliner. Setiap daerah-daerah di provinsi jawa timur memiliki keunikannya masing-masing baik dalam hal budaya maupun kuliner. Salah satu daerah di provinsi jawa timur adalah Tulungagung yang mempunyai salah satu kuliner unik yang bernama Lodho. Kuliner Lodho yang merupakan salah satu masakan jawa timur sederhana dari Lamongan yang juga cukup terkenal di daerah sekitar Tulungagung.

Kuliner Lodho Pada Masakan Jawa Timur

Lodho merupakan kuliner yang berbahan daging ayam yang memiliki cita rasa pedas dan gurih dan biasanya di hidangkan dalam keadaan masih hangat. Kuliner Lodho hampir sama dengan kuliner opor namun Lodho memiliki kuah yang lebih kental dan memiliki cita rasa pedas serta aroma bakar. Ayam yang digunakan untuk membuat kuliner ini biasanya adalah ayam kampong karena ayam kampong dinilai lebih gurih dan memiliki daging yang padat. Selain itu, ayam kampung memiliki kadar lemak yang lebih sediti daripada ayam boiler. Namun, saat ini ada juga Lodho yang menggunakan ayam boiler.

Selain untuk mengisi perut, kuliner Lodho juga salah satu masakan jawa timur sederhana yang memiliki makna dalam beberapa ritual adat jawa seperti slmetan. Penggunaan bahan ayam di makanan lodho untuk slametan memiliki makna dimana manusia jawa dapat meniru perilaku baik dari ayam seperti mandiri, dan memilih sesuatu yang terbaik untuknya. Kuliner Lodho tidak hanya terdiri dari ayam namun ada beberapa lauk lain yang menjadi pelengkap dari kuliner ini, contohnya urap dan sego gurih. Urap merupakan makanan yang dibuat dari berbagai macam sayuran seperti tauge, kacang panjang, bayam, kangkung dan dicampur dengan parutan kelapa.

Urap sangatlah sehat karena makanan ini hanya terdiri dari sayuran yang direbus, parutan kelapa dan bumbu lain tanpa melewati proses penggorengan yang berarti makanan ini bebas dari minyak tidak sehat. Selain itu, urap memiliki kandungan gizi seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin. Pelengkap lain di kuliner Lodho adalah sego gurih yang berarti nasi yang dimasak dengan santan agar menciptakan cita rasa gurih. Sego gurih juga sering digunakan untuk ritual adat jawa seperti slametan sebagai tanda sebuah harapan untuk mendapatkan rezeki, dan kemudahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

masakan jawa timur sederhana

Jika anda tertarik untuk membuat masakan jawa timur sederhana yaitu Londho anda bisa membuat dirumah dengan menyiapakan beberapa bahan seperti 1 ekor ayam kampung, 250 ml santan kelapa murni, 13 siung bawah merah, 10 siung bawang putih, kunyit, jahe, kencur, cabe rawit, garam, 3 batang serai, 2 lembar daun salam, lengkuas secukupnya, 5 butir kemiri, merica secukupnya, ketumbar, gula, dan penyedap rasa. Selanjutnya anda dapat memulai memanggang ayam tersebut sampai matang.

Anda bisa mulai menghaluskan bahan-bahan dan bumbu dan kemudian tumis bumbu-bumbu yang sudah halus tadi sampai harum. Jika bumbu sudah harum, anda bisa memasukkan ayam yang sudah dipanggang dan aduk hingga rata.  Anda bisa menambahkan gula, garam, dan penyedap rasa seusai selera masing-masing. Terakhir anda dapat menambahkan santan dan aduk sampai kuah menyerap ke daging ayam. Setelah itu, anda dapat menyajikan kuliner Londho.

Itulah beberapa informasi tentang kuliner dari Tulungagung bernama Londho yang merupakan salah satu masakan jawa timur sederhana. Anda dapat membuat kuliner ini di rumah atau bisa datang langsung ke daerah asal dari kuliner ini yaitu Tulungagung.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana Dari Tulungagung"

Berlangganan via Email