Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Timur Sederhana berbumbu dasar Kacang

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, sosial akan ciri khas masing masing wilayahnya. Wilayah dari negara ini juga mendukung masyarakatnya untuk memanen kacang sebagai komoditas utama. Hal yang berdampak dari kegiatan ini adalah banyaknya jumlah variasi makanan yang mungkin bisa membingungkan para pecinta kuliner. Mereka akan dibingungkan akan kelezatan makanan yang tidak hanya itu itu saja. Maka dari itu, disini kita akan membahas Masakan Jawa Timur Sederhana berbumbu dasar Kacang yang enak untuk disantap.

Sate Madura

Masakan yang akan kita bahas kali ini adalah Sate Madura. Sate merupakan masakan khas Indonesia yang identik dengan jenis protein yang ditusuk dalam sebuah tusukan kayu dan dibakar hingga matang. Penggunaan jenis protein yang dipakai bisa saja menggunakan daging Ayam, Sapi ataupun daging Kambing. Namun, disini kita akan membahas Sate Madura karena umum dijumpai dan rasanya yang nikmat apalagi disantap saat makan malam tiba. Terlebih, makanan ini terkenal akan kelezatannya yang membuat lidah kita puas saat memakannya.

Masakan Jawa Timur Sederhana

Penamaan Sate Madura memang berasal dari asalnya yang merupakan pulau Madura tepat di provinsi Jawa Timur. Orang Madura terkenal dengan kemahiran mereka berjualan baik dari segi makanan hingga barang barang kebutuhan. Kemahiran mereka ini berdampak pada cita rasa masakan yang mereka buat. Mereka terkenal berani memasukkan atau mengkombinasikan bumbu untuk menciptakan suatu hidangan yang lezat. Kelezatan Sate Madura merupakan hasil dari ide kreatif Mereka akan Masakan Jawa Timur Sederhana yang menghiasi Nusantara.

Sate Madura memerlukan panggangan arang sebagai proses pematangan dagingnya. Daging yang biasa digunakan ialah daging ayam yang sudah dibumbui lalu diiris kecil untuk bisa ditusuk pada tusukan kayu. Ketika matang, Sate Madura akan dibalur dengan bumbu kacang dan ditabur dengan bawang goreng sebagai penambah cita rasa. Makanan ini biasanya di temani dengan Lontong sebagai Karbohidrat utama. Terlebih, akan lebih lengkap jika dimakan dengan meminum Es Teh sebagai minuman kalian lho.

Bumbu Kacang Masakan Jawa Timur Sederhana

Bumbu kacang dari Sate Madura ini merupakan hasil olahan dari Kacang, Bawang merah, Bawang putih yang sudah dihaluskan. Lalu, bumbu kacang akan dimasak tumis diatas api sedang dengan ditambah Air, Daun jeruk, dan kecap hingga matang. Matangnya bumbu akan terlihat jelas jika bumbu sudah dirasa sedikit kental dan berubah warna agak pekat kecoklatan. Tentunya, resep dari Masakan Jawa Timur Sederhana ini tidak bisa dimasak oleh sembarangan orang karena akan menjadi tidak enak tentunya nanti pada hasil akhir makanan disajikan. Oleh karenanya, Orang Madura mampu membuatnya menjadi masakan yang lezat.

Masakan ini dapat dijumpai dimanapun dan sering terlihat jika kita menyusuri kota. Banyak ragam penjual Sate Madura yang menjajakan masakannya hanya untuk dibel dan menjadi langganan bagi setiap orang. Ini karena orang Indonesia sering mengingat dimana letak masakan lezat dan akan terus berkunjung kapanpun mereka mau. Hal ini pula yang medorong penjual Sate Madura untuk terus bersaing akan dimana tempat terbaik untuk mendapatkan satu porsi makanan yang lezat ini .

Itulah sedikit pennjelasan mengenai Sate Madura yang menjadi terkenal sampai sekarang karena kelezatannya yang cocok di lidah orang Indonesia. Masakan ini seakan menjadi penentu pilihan bagi pecinta ragam Masakan Jawa Timur Sederhana berbumbu dasar Kacang. Ini karena memang perpaduan antara bumbu Kacang yang dikombinasikan dengan daging – dagingan menciptakan sensasi kenikmatan tersendiri. Inilah mengapa masakan ini mampu memikat hati masyarakat di hampir semua kalangan baik yang muda hingga orang dewasa.

Post a comment for "Masakan Jawa Timur Sederhana berbumbu dasar Kacang"