Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masakan Jawa Bercita Rasa Gurih Paling Digandrungi


Masakan Jawa Bercita Rasa Gurih Paling Digandrungi. Indonesia memiliki beragam macam masakan yang tersebar di seluruh penjuru daerahnya. Salah satunya masakan khas Pulau Jawa yang jadi favorit masyarakat. Jika kita sering mengeksplor tempat di Indonesia, maka kalian pasti setuju masakan jawa punya cita rasa yang lezat. Negara kita memang terkenal dengan makanannya yang memiliki cita rasa kaya. Sepertinya belum cukup bila tidak melakukan petualangan kuliner dan menemukan rasa baru untuk diperkenalkan.

Meskipun terkesan makanan tradisional, jajaran kuliner Indonesia pantas bersaing dengan makanan luar negeri. Kita dapat menjamin semua bahan makanan alami serta mengandung gizi bagi siapa pun yang mengonsumsi. Mau cita rasa pedas sampai gurih pun tersedia. Biasanya orang jawa banyak menggunakan bumbu rempah dengan rasa manis seperti kuliner di Yogyakarta. Di sana banyak makanan tersohor yang menjadi ikon hingga mengundang wisatawan asing turut mencicipi.

Dikatakan masakan jawa namun setiap daerah di Pulau Jawa sendiri punya keunikan masing-masing. Di daerah Jawa Timur lebih terkenal cita rasanya yang gurih karena kuah santan yang selalu melengkapi setiap masakan. Terkadang masakan jawa juga menuai aroma kuat berkat rempah-rempah. Sebenarnya semua masakan daerah di Indonesia mengandung unsur rempah yang meningkatkan kualitas masakan. Sehingga para penikmat kuliner ingin terus mencicipi rasa tersebut.

Karena selera seseorang berbeda satu dengan yang lain, mungkin aroma kuat dari masakan tidak cocok baginya. Ada pula yang lebih menyukai rasa pedas suatu masakan tanpa banyak menilai bahan dan lainnya. Masakan daerah Jawa memiliki makna serta arti tersendiri di setiap penyajiannya. Itu menjadi salah satu sebab orang penasaran bagimana rupa dan rasanya. Namun tak sedikit masyarakat yang mengutarakan menikmati masakan tanah Jawa denga cita rasa gurih. Cita rasa tersebut disebut membawa ketenangan di setiap suapan apalagi kala masih hangat.

Masakan Jawa Bercita Rasa Gurih

Sayur Lodeh

Masakan jawa

Siapa yang tak akrab dengan sayur lodeh? Salah satu suguhan khas Indonesia berbalut santan ini jadi peneman makan siang sempurna kala di rumah maupun kantor. Masakan jawa yang sering jadi andalan ibu rumah tangga ini begitu gurih dinikmati. Tak jarang pula resep sayur lodeh dikreasikan sesuai selera individu. Ada yang menambahkan cabai merah halus ke dalamnya untuk menimbulkan warna merah menggiurkan. Menu santap ini akan lebih lezat dinikmati bersama tempe goreng.

Sambal Tumpang

Makanan favorit orang jawa khususnya Jawa Timur satu ini telah lama melegenda. Penggemar sensasi pedas dan gurih pasti tak akan luput mencoba kuliner satu ini. Kita dapat mudah menemukannya di pedagang pinggir jalan dan biasanya buka hingga larut malam. Di sana penjual juga telah menyiapkan berbagai lauk lain seperti sate usus, sate telur puyuh, tempe, tahu serta gorengan lainnya.

Lodho Ayam

Kuah santan yang kental pada masakan satu ini memang tak bisa ditolak pesonanya. Bumbu dasar macam bawang merah, bawang putih, kunyit. Jahe, kencur serta cabe merah akan mengingatkan kita pada cita rasa masakan jawa yang sangat kaya. Resep lodho ayam lebih bervariasi karena banyak pencinta kuliner yang menciptakan ide baru. Namun yang jelas kuah santan adalah resep utama membuat lodho ayam.

Soto

Makanan yang terbuat dari kaldu daging serta sayuran ini sudah menjadi langganan masyarakat Indonesia. Banyak warung kecil menyediakan menu ini dan tak ragu mencoba karena sudah familiar. Beberapa variannya adalah soto ayam, soto daging dan soto kambing. Masakan ini biasa dihidangkan pada acara penting seperti acara nikah.
Sedikit referensi masakan jawa di atas dapat kamu masukkan ke daftar kuliner yang harus dicoba. Pilih daftar yang hendak dicoba dahulu dan mari jelajahi kuliner daerah Jawa.

Post a comment for "Masakan Jawa Bercita Rasa Gurih Paling Digandrungi"