Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kopi Untuk Jantung Koroner


Manfaat Kopi Untuk Jantung Koroner – Sejak dahulu tentu tidak sedikit dari Anda yang mendengar bahwa konsumsi kopi tidak baik untuk jantung. Mitos yang beredar di masyarakat bahwa kopi menyebabkan penyakit jantung juga sering terdengar. Namun tahukah Anda bahwa kopi malah memiliki manfaat untuk jantung?

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer saat ini. Kopi yang dulunya menjadi minuman kelas tiga dalam masyarakat, kini naik kelas menjadi minuman kelas satu. Tidak sedikit pula yang menjadikan kopi sebagai komoditas utama dalam bisnis kuliner hari ini.

Kalau dulu kopi sebatas minuman reguler semata, hari ini banyak orang yang menjadikan kopi sebagai salah satu gaya hidup. Terlebih lagi beberapa penelitian membuktikan bahwa kopi ternyata baik untuk penderita jantung koroner. Sehingga pada masyarakat kebanyakan, hari ini kopi berubah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari.
jantung koroner
Seperti kita ketahui bersama penyakit jantung memiliki jenis yang beragam. Juga disebabkan oleh berbagai faktor pula. Mulai dari pola makan, lemak, hingga yang paling terakhir adalah adanya faktor genetika. Semua faktor tersebut pada akhirnya akan bermuara pada menyempitnya pembuluh arteri koroner yang sering berujung pada kematian bagi penderitanya.

Kopi dan Jantung Koroner

Bagi Anda yang menjadi pecinta kopi, ada baiknya Anda harus memahami apa saja informasi gizi yang terkandung dalam setiap seduhan kopi yang Anda nikmati. Dalam satu gelas kopi ternyata memiliki berbagai kandungan vitamin. Mineral yang disertai dengan vitamin B2, B3, dan B5 ternyata terkandung dalam kopi, dimana vitamin B3 merupakan vitamin yang sangat baik untuk mencegah terjadinya jantung koroner.

Vitamin B3 merupakan jenis vitamin yang mampu menjaga peredaran sirkulasi darah dalam tubuh. Vitamin ini juga berperan penting dalam menciptakan sel darah merah mangan. Dimana sel darah merah mangan akan diproduksi oleh jantung, dengan kombinasi vitamin B5 sebagai unsur yang mampu mengubah lemak dan protein menjadi kekuatan bagi kita dalam beraktivitas.

Selain itu kopi juga terbukti mampu menurunkan resiko terkena stroke dan depresi yang menjadi salah satu penyebab utama bagi seseorang untuk terserang penyakit jantung koroner. Bukan tidak sering bagi kita saat mendengar bahwa sebagian besar penderita penyakit jantung, berawal dari tekanan pikiran akibat depresi, yang memicu melemahnya jantung. Oleh karena itu, kopi mampu menjadi salah satu alternatif untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Alasan lain adalah bahwa kopi terbukti memiliki kandungan kromium dan magnesium yang baik untuk tubuh. Dimana dalam hal ini Anda mengkonsumsi kopi yang tidak disertai gula untuk mendapatkan ekstrak murni kopi tersebut. Maka kandungan kafein dan kedua zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Terciptanya penyakit jantung koroner juga tidak lepas dari tingginya kandungan gula yang terdapat dalam darah. Tingginya kandungan gula darah ikut berkontribusi dalam menambah resiko menyempintnya pembuluh darah arteri. Sehingga kopi juga sangat baik dalam mengurangi angka resiko terkena diabetes, dimana kandungan kopi dapat menjadi insulin bagi tubuh.

Dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula, Anda juga ikut mengurangi konsumsi gula pada tubuh. Sehingga hal ini sangat baik dalam menjaga kualitas kesehatan jantung, apalagi secara khusus bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Hasil yang Anda peroleh adalah bahwa nafsu makan akan berkurang dan angka kalori yang rendah pada tubuh.

Sudah saatnya Anda membuktikan bahwa mitos kopi berbahaya untuk pengidap jantung koroner adalah salah. Jika Anda ingin memiliki kualitas jantung yang lebih sehat, kopi malah bisa menjadi salah satu solusi utama bagi Anda. Tapi pastikan bahwa Anda mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Post a comment for "Manfaat Kopi Untuk Jantung Koroner"