Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Diet Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Secara Keseluruhan

Manfaat Diet Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Secara Keseluruhan. Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, sehingga tidak mengherankan jika air sangat penting bagi kesehatan. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat Anda tetap berenergi. Secara umum, Anda dianjurkan untuk minum air setidaknya 8 gelas sehari. Namun untuk Anda yang bosan dengan rasa air putih bisa mengganti dengan jus atau teh yang mengandung banyak kalori.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis untuk menggantikan fungsi air putih. Jeruk nipis ini kaya akan nutrisi seperti: vitamin A, B, C, D, kalium, kalsium, dan magnesium. Jadi ini bisa digunakan untuk antioksidan atau untuk manfaat kesehatan lain. Untuk lebih detailnya maka bisa dilihat di ulasan berikut.

diet jeruk nipis
diet jeruk nipis

Manfaat Diet Jeruk Nipis bagi Kesehatan

1.   Membantu penurunan berat badan

Banyak orang melakukan diet jeruk nipis untuk membantu penurunan berat badan. Mereka percaya bahwa asam sitrat yang ada pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi ini bisa membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Untuk merealisasikan tujuan ini maka cobalah untuk minum segelas air jeruk nipis di pagi hari, atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan. Selanjutnya imbangi diet ini dengan aktivitas fisik dan kontrol makanan secara teratur.

2.   Meningkatkan pencernaan

Jeruk nipis umumnya bersifat asam dan bisa membantu air liur dalam memecah makanan. Untuk itu minumlah air jeruk nipis setiap hari untuk meningkatkan pencernaan. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dipercaya dapat merangsang sekresi pencernaan. Jadi jika Anda mengalami sembelit, maka keasaman jeruk akan merangsang aktivitas usus dan membantu membersihkan sistem pembuangan Anda. Sementara itu, minum segelas air hangat dengan 2 sendok jus jeruk nipis (sekitar 30 menit sebelum makan) juga dipercaya bisa mengurangi mulas atau gejala refluks lambung.

3.   Meremajakan kulit

Beberapa produk perawatan kulit mengklaim bisa mempromosikan kulit yang lebih sehat dan terlihat lebih muda. Tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk produk mahal jika ingin meningkatkan kehalusan dan penampilan kulit. Karena dengan diet jeruk nipis maka Anda bisa mendapatkan semua kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Kandungan ini juga ditemukan dalam beberapa produk perawatan kulit topikal. Namun, hindari meletakkan jus jeruk nipis langsung di kulit Anda karena bisa menyebabkan luka bakar yang parah.

4.   Memerangi infeksi

Risiko Anda terkena infeksi lebih tinggi selama musim dingin dan flu. Jadi, jika Anda ingin tetap sehat, maka minumlah jus jeruk nipis setiap hari. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis ini akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Ini juga dapat mempersingkat durasi dari suatu penyakit.

5.   Mengurangi risiko serangan jantung

Sebagian orang yang menjalani diet jeruk nipis umumnya bisa mengalami peningkatan kesehatan jantung. Terutama karena kandungan pada jeruk nipis (kalium, magnesium, dan potassium) secara alami dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan hipertensi. Sementara itu, di salah satu penelitian juga disebutkan bahwa senyawa jeruk nipis yang disebut limonin juga dapat mengurangi kolesterol pada tubuh. Jadi jika kadar kolesterol dan tekanan darah Anda baik, maka kesehatan jantung Anda juga meningkat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang sering dikaitkan dengan diet jeruk nipis. Anda bisa mencobanya sesuai tujuan yang ingin dicapai, entah itu untuk menurunkan berat badan atau untuk manfaat kesehatan lainnya. Namun ketika Anda melakukan diet ini, maka usahakan untuk tidak membuang nutrisi yang lainnya. Karena kandungan jeruk saja tidak akan cukup untuk membuat Anda sehat sepanjang hari.

Post a comment for "Manfaat Diet Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Secara Keseluruhan"