Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Menjalankan Diet untuk Remaja

Makanan yang harus dihindari ketika menjalankan diet untuk remaja. Kegemukan adalah masalah kesehatan yang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, hingga lansia. Hal ini karena kegemukan bukanlah masalah kesehatan yang muncul karena usia. Namun, biasanya disandang oleh mereka-mereka yang memiliki pola makan tidak teratur maupun karena faktor keturunan.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Di antaranya ialah dengan melakukan diet. Sampai saat ini, diet masih menjadi satu-satunya cara menurunkan berat badan yang aman dan tanpa efek samping. Hal ini karena jalan pintas untuk mendapatkan tubuh ideal dengan mengonsumsi berbagai obat-obatan nyatanya menimbulkan berbagai kerugian bagi kesehatan.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Manjalankan Diet

Makanan menjadi perhatian utama ketika menjalankan diet. Hal ini karena ketika menjalankan treatment penurunan berat badan, jenis makanan dan jumlah yang dimakan pun menjadi fokus perhatian. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika menjalankan diet sehat untuk remaja.

Kentang goreng dan gorengan-gorengan lainnya

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kentang juga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, cara mengolah kentang rupanya menjadi ukuran boleh dikonsumsi atau tidaknya. Nah, kentang yang diolah dengan cara digoreng atau dijadikan keripik mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan kentang yang direbus.

Oleh karena itu, ketika menjalankan diet sehat untuk remaja, sebaiknya kentang goreng dan gorengan-gorengan lainnya ini dihindari untuk dikonsumsi. Sebaliknya, makanan tersebut dapat diganti dengan makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Cara pengolahan tersebut memungkinkan makanan tidak mengandung lemak jahat yang dapat menyulitkan proses penurunan berat badan.

Kue dan cake

Kue dan cake adalah salah satu sumber karbohidrat, hal ini karena makanan tersebut diolah dengan bahan dasar tepung-tepungan, gula, dan mentega. Oleh karenanya, selain merupakan makanan yang tinggi kalori, kue juga merupakan makanan dengan kandungan lemak jenuh cukup tinggi. Lemak jenuh tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga, kegemaran mengonsumsi kue dan cake yang biasa dihias dengan cokelat dan olahan gula lainnya ini perlu dikurangi.

Hal ini karena mengonsumsi kue dan cake ketika menjalankan diet sehat untuk remaja akan membuat tubuh mudah merasa lapar dan jadi lebih banyak makan. Meski begitu, ada alternatif jika tetap tidak bisa menahan diri mengonsumsi makanan manis yakni dengan membuat kue dengan tepung protein tinggi dan gula low-fat, serta menggunakan jenis cokelat hitam yang memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan cokelat susu.

Berbagai minuman dalam kemasan

Jenis makanan yang harus dihindari ketika menjalankan program diet adalah berbagai makanan dan minuman dalam kemasan. Ya, ada baiknya sebelum mengonsumsi makanan jenis ini adalah wajib memeriksa kandungan gizi yang tertera dalam kemasan. Hal ini karena banyak minuman kemasan seperti jus, kopi, soda, dan minuman isotonik mengandung gula dan kalori tinggi.

Nah, karena dalam proses diet  sehat untuk remaja jumlah kalori dan gula harian dibatasi, maka sangat diarankan untuk tidak mengonsumsi minuman-minuman tersebut. Sebaliknya, berbagai minuman tersebut dapat diganti dengan alternatif minuman yang lebih menyehatkan, seperti teh tradisional, resela, kopi tanpa gula, hingga berbagai jenis wedhang yang diolah dari umbi-umbi tanaman herbal.

Memang selalu ada pantangan untuk mengonsumsi makanan tertentu ketika sedang menjalankan diet sehat untuk remaja. Hal ini karena makanan-makanan tersebut notabene adalah makanan yang kurang sehat. Oleh karenanya, pengonsumsian ebberapa jenis makanan tersebut hendaknya diganti dengan makanan yang lebih banyak manfaatnya bagi tubuh.


Post a comment for "Makanan yang Harus Dihindari Ketika Menjalankan Diet untuk Remaja"