Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Diet Ampuh? Konsumsi 8 Makanan Tinggi Protein untuk Diet

Qsehat.com - Makanan tinggi protein untuk diet bagus sekali dikosumsi karena bisa membuat cepat langsing. Pada dasarnya protein berperan dalam memperbaiki sel dan memproduksi sel baru. Protein termasuk zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah cukup tinggi. Orang dewasa membutuhkan 1 gram protein per-kg berat badannya.

Berbagai masalah yang timbul akibat kekurangan protein yaitu munculnya rasa lapar, tubuh lemas, mudah lelah dan sistem kekebalan tubuh menurun. Oleh karena itu, Penting untuk mengetahui apa saja buah dan sayuran yang mengandung protein. Berikut penjelasannya!

makanan tinggi protein untuk diet
makanan tinggi protein untuk diet
Inilah Beberapa Makanan Tinggi Protein Untuk Diet

Makanan tinggi protein untuk diet bermanfaat membangun sistem imun, membentuk otot, memperbaiki mood, mengurangi stress, dan lain-lain. Terdapat dua macam protein yaitu protein hewani dan protein nabati. Untuk mengetahuinya lebih lanjut silahkan simak ulasan di bawah ini:

Makanan tinggi protein hewani

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung protein hewani:

Daging sapi

Tidak heran lagi bahwa daging sapi termasuk makanan tinggi protein untuk diet yang paling ampuh. Selain mengandung protein tinggi juga mengandung zat besi, seng dan vitamin B12. Selain daging sapi, daging ayam juga bisa dijadikan alternatif pilihan asalkan tidak mengonsumsi kulitnya karena mengandung lemak jenuh.

Seafood

Seafood atau makanan laut umumnya mengandung protein yang rendah lemak. Salah satu seafood yang mengandung banyak protein yaitu ikan tuna. Tuna kaleng mudah dijumpai di supermarket. Anda hanya cukup menghangatkan sebelum memakannya.

Telur

Siapa yang tidak mengenal telur, ternyata telur merupakan makanan tinggi protein untuk diet yang sangat mudah dijumpai. Merebus telur merupakan cara yang lebih baik untuk orang yang sedang diet. Telur rebus lebih sehat karena tidak ada tambahan minyak saat memasak.

Keju dan yogurt

Keju memiliki kadar protein berbeda-beda pada tiap jenisnya. Keju jenis swiss, parmesan, pecorino dan edam memiliki kandungan protein lebih tinggi. Untuk jenis yogurt, greek yogurt mengandung dua kali protein lebih banyak. Pilihlah greek yogurt original, jika ingin menambahkan pemanis cukup madu atau buah-buahan saja.

Makanan tinggi protein nabati

Ada beberapa makanan yang mengandung protein nabati dan baik sekali bagi tubuh, terutama untuk anda yang menghindari protein hewani. Diantaranya adalah:

Biji-bijian

Mengkonsumsi biji-bijian dapat mengontrol berat badan. Biji chia, biji buah delima, biji gandum, biji rami, kuaci, dan biji wijen merupakan jenis makanan tinggi protein untuk diet. Biji-bijian tersebut mudah ditemukan di pasaran, namun untuk jenis biji rami dan biji chia mungkin baru bisa dibeli secara online.

Kacang-kacangan

Camilan tinggi protein untuk diet dapat ditemukan di berbagai macam kacang-kacangan. Beberapa diantaranya yaitu kacang almond, kacang brazil, kacang pistachio, kacang kenari, kacang tanah, dan kacang mete. Perlu diingat, jangan makan berlebihan dan lebih baik dipanggang agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Kedelai

Kedelai merupakan bahan dasar untuk makanan tahu, tempe, susu kedelai, dan berbagai snack kedelai. Kedelai kaya akan serat dan protein yang tinggi serta lemak yang baik bagi kesehatan (lemak tak jenuh). Kandungan tersebut menjadi kunci untuk mengontrol asupan kalori dalam tubuh.

Sayuran

Kebanyakan orang beranggapan bahwa sayuran kaya akan serat dan vitamin namun sedikit mengandung protein. Ternyata anggapan itu tidak selalu benar. Sayur lentil, kacang lima, kacang polong, brokoli, asparagus, jagung manis, jamur dan kentang merupakan sayuran yang mengandung protein.

Memang sayuran tidak memiliki protein sebanyak daging. Namun, berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh telah tersedia dalam sayuran tersebut. Oleh karena itu jangan sampai mengabaikan makanan ini ketika menjalankan program diet. Mulai sekarang, pasok kulkas Anda dengan makanan tinggi protein untuk diet agar program anda lancar.

Post a comment for "Mau Diet Ampuh? Konsumsi 8 Makanan Tinggi Protein untuk Diet"