Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Paling Banyak Diminati Oleh Wisatawan


Ada banyak makanan khas Kalimantan timur yang paling diminati oleh wisatawan yang perlu kamu ketahui. Jika kamu berwisata ke suatu tempat kurang enak jika tidak mencicipi kuliner khasnya, sama halnya ketika kamu berkunjung atau berada di Kalimantan timur kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi kuliner khasnya. Meskipun kuliner khas Kalimantan timur belum terkenal tetapi masakan khasnya memiliki cita rasa tersendiri yang membuat ketagihan bagi pemakannya. Nah dibawah ini beberapa masakan Kalimantan timur yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing.

Nasi kuning

Nasi kuning sudah terkenal di masyarakat Kalimantan bahkan cukup populer di pulau Jawa. Pembuatan nasi kuning hanya menggunakan beras yang sudah dimasak bersamaan dengan rempah-rempah sehingga menambah rasa gurih pada Masakan ini. Untuk warna pada nasi kuning sendiri diperoleh dari pewarna alami yaitu kunyit. Untuk tambahan dari nasi kuning biasanya menggunakan pauk seperti tempe, tahu, ayam, dan lain-lain. biasanya nasi kuning dihidangkan sebagai menu sarapan pagi atau makan siang.
makanan khas Kalimantan timur

Pepes Kepiting

Biasanya pembuatan pepes menggunakan daging ayam maupun ikan sebagai bahan dasarnya. Namun berbeda dengan makanan khas Kalimantan timur ini menggunakan kepiting sebagai bahannya. Kebanyakan orang menggunakan kepiting Soka sebagai bahan pembuatan pepes kepiting. Untuk membuat pepes kepiting semua bahan dibungkus daun pisang, lalu bahan yang sudah dibungkus dikukus sampai daun pisang berubah warna dan mengandung aroma yang khas. Biasanya rempah yang digunakan adalah cabai rawit, cabai merah, kemangi, serai serta rempah-rempah lainnya, tetapi saat pepes ikan masuk ke mulut rasa mendominasi adalah rasa pedasnya.

Sate payau

Jika kamu menikmati olahan sate dari daging ayam, kambing ataupun sapi itu biasa biasa saja, di Kalimantan timur ada sate yang tidak biasa karena menggunakan daging buruan yaitu rusa. Meskipun menggunakan daging rusa sebagai bahannya, sate ini memiliki rasa yang manis dan tekstur dagingnya yang lembut. Makanan ini terbilang langka karena belum banyak yang menjual sate payau. Biasanya wisatawan dapat mencicipi ketika ada acara festival atau ada acara adat yang diselenggarakan masyarakat Kalimantan timur

Ayam cincane

Makanan khas Kalimantan timur selanjutnya adalah ayam cincane. Makanan ini sudah sangat populer bagi masyarakat Kalimantan timur terutama di Samarinda. Dilihat-lihat makanan ini tidak ada bedanya dengan olahan ayam lain di Nusantara. Ketika dicicipi terlihat perbedaan antara ayam cincane dengan olahan ayam di Nusantara, terutama bumbu yang digunakan dan tekstur ayamnya lebih lembut karena menggunakan ayam kampung. Pada mulanya ayam cincane disuguhkan pada acara acara khusus, seiring berjalannya waktu makanan ini sudah banyak yang menjual di restoran-restoran di Kalimantan timur.

Pulut nasi

Pulut nasi adalah makanan yang berbahan dasar nasi, karena porsinya yang sedang biasanya makanan ini dijadikan menu sarapan pagi. Pulut nasi biasa dibungkus dengan daun pisang, dilihat sekilas terlihat sederhana tetapi nasi pulut memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Pisang gapit

Makanan khas Kalimantan timur yang selanjutnya adalah pisang gapit. Pisang gapit memiliki arti yaitu pisang yang dijepit. Biasanya pisang gapit disiram dengan saus yang amat spesial. Untuk membuat saus spesial semua bahan direbus hingga mendidih lalu diberi taburan maizena supaya kental. Saus inilah yang membuat pisang gapit memiliki rasa yang khas.

Nah itu di atas beberapa makanan khas Kalimantan timur yang paling direkomendasikan saat kamu berkunjung ke Kalimantan timur. Masih banyak lagi makanan makanan yang paling diminati oleh wisatawan yang ada di Kalimantan timur.

Post a comment for "Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Paling Banyak Diminati Oleh Wisatawan"