Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Memiliki Rasa Lezat


Banyak makanan khas Kalimantan timur yang memiliki rasa lezat yang perlu diketahui. Jika kamu berkunjung ke suatu tempat kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khasnya, sama halnya dengan kamu berkunjung ke Kalimantan timur kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khasnya yang memiliki cita rasa yang berbeda di setiap kota. Di Kalimantan timur banyak kuliner khas yang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Nah dibawah ini beberapa kuliner khas Kalimantan timur yang memiliki cita rasa yang lezat dan gurih.

Sambal gami udang

makanan khas Kalimantan timur
Seperti namanya sambal gami udang ditambahkan udang dalam sambal, sehingga rasa sambal semakin istimewa. Sambal gami udang diolah dengan cara digoreng. Cara membuatnya, pertama-tama haluskan semua bahan, setelah bahan-bahan sudah halus langsung digoreng. Setelah cabai sudah digoreng ditambahkan potongan bumbu-bumbu yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah sambal ditambahkan dengan bumbu-bumbu, sambal gami udang siap disantap dengan pelengkap lain.

Pepes Kepiting

Biasanya pembuatan pepes menggunakan daging ayam maupun ikan sebagai bahan dasarnya. Namun berbeda dengan makanan khas Kalimantan timur ini menggunakan kepiting sebagai bahannya. Kebanyakan orang menggunakan kepiting Soka sebagai bahan pembuatan pepes kepiting. Untuk membuat pepes kepiting semua bahan dibungkus daun pisang, lalu bahan yang sudah dibungkus dikukus sampai daun pisang berubah warna dan mengandung aroma yang khas. Biasanya rempah yang digunakan adalah cabai rawit, cabai merah, kemangi, serai serta rempah-rempah lainnya, tetapi saat pepes ikan masuk ke mulut rasa mendominasi adalah rasa pedasnya.

Nasi bekapor khas Kalimantan timur

Makanan ini merupakan warisan leluhur dari raja kutai. Nasi bekapor merupakan nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan ikan asin. Yang unik dari nasi bekapor merupakan menggunakan alat khusus dalam pembuatan nasi bekapor yaitu ketel. Untuk membuat nasi bekapor yaitu nasi dan rempah-rempah dimasukkan ke ketel dan langsung dimasak, setelah masak jangan langsung diangkat tambahkan daun Kemangi, ikan asin, dan cabai. Setelah selesai memasukkan rempah-rempah tunggu sampai bagian pinggir berkerak, jika bagian sudah berkerak nasi bekapor siap diangkat. 

Ayam cincane

Makanan khas Kalimantan timur selanjutnya adalah ayam cincane. Makanan ini sudah sangat populer bagi masyarakat Kalimantan timur terutama di Samarinda. Dilihat-lihat makanan ini tidak ada bedanya dengan olahan ayam lain di Nusantara. Ketika dicicipi terlihat perbedaan antara ayam cincane dengan olahan ayam di Nusantara, terutama bumbu yang digunakan dan tekstur ayamnya lebih lembut karena menggunakan ayam kampung. Pada mulanya ayam cincane disuguhkan pada acara acara khusus, seiring berjalannya waktu makanan ini sudah banyak yang menjual di restoran-restoran di Kalimantan timur.

Rano Ruan

Rabo Ruan hampir mirip dengan abon sapi, tapi bahan yang digunakan untuk membuat Rano Ruan bukan daging sapi ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus. Ikan gabus yang digunakan ikan gabus yang sudah dikukus setengah matang, kemudian ikan gabus di suwir suwir lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dan dimasak menggunakan santan dengan api kecil. Makanan ini sangat cocok dimakan saat masih jangan dan dimakan bersama dengan nasi hangat dan sambal. Makanan ini bisa dijadikan menu sarapan pagi dan makan siang

Jika kamu berkunjung ke Kalimantan timur jangan lupa mencicipi makanan khas Kalimantan timur. Masih banyak lagi kuliner khas yang paling populer di kalangan masyarakat Kalimantan timur.

Post a comment for "Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Memiliki Rasa Lezat"