Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Memiliki Nama Unik


Ada banyak makanan khas Kalimantan timur yang memiliki nama unik yang harus kamu coba. Jika kamu berkunjung atau berada di Kalimantan timur tidak ada salahnya mencuci kuliner khasnya. Kuliner khas Kalimantan timur belum terkenal ke luar kota maka jika kamu ingin mencobanya kamu harus datang langsung ke Kalimantan timur. Meskipun belum terkenal kuliner khasnya bukan berarti tidak memiliki cita rasa yang khusus. Kuliner khas Kalimantan timur banyak yang memiliki nama unik dan memiliki rasa yang lezat. Nah dibawah ini beberapa makanan yang memiliki nama  unik yang ada di Kalimantan timur.

Gence Ruan

makanan khas Kalimantan timur

Pembuatan gence Ruan menggunakan bahan dasar ikan, paling banyak ikan yang digunakan adalah ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus. Gence Ruan memiliki arti yaitu Ruan yang artian ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus, kata gance yang artinya bumbu spesial, berarti gence Ruan merupakan ikan gabus yang menggunakan bumbu spesial. Biasanya ikan haruan digoreng atau dibakar, setelah selesai digoreng atau dibakar biasanya ikan haruan langsung dicampur dengan bumbu spesial.

Ayam cincane

makanan khas Kalimantan timur selanjutnya adalah ayam cincane. Makanan ini sudah sangat populer bagi masyarakat Kalimantan timur terutama di Samarinda. Dilihat-lihat makanan ini tidak ada bedanya dengan olahan ayam lain di Nusantara. Ketika dicicipi terlihat perbedaan antara ayam cincane dengan olahan ayam di Nusantara, terutama bumbu yang digunakan dan tekstur ayamnya lebih lembut karena menggunakan ayam kampung. Pada mulanya ayam cincane disuguhkan pada acara acara khusus, seiring berjalannya waktu makanan ini sudah banyak yang menjual di restoran-restoran di Kalimantan timur.

Pisang gapit

Pisang gapit memiliki arti yaitu pisang yang dijepit. Biasanya pisang gapit disiram dengan saus yang amat spesial. Untuk membuat saus spesial semua bahan direbus hingga mendidih lalu diberi taburan maizena supaya kental. Saus inilah yang membuat pisang gapit memiliki rasa yang khas. Pisang gapit biasa disajikan dengan kopi atau teh sebagai cemilan.

Nasi bekapor

Makanan khas Kalimantan timur selanjutnya adalah nasi bekapor. Nasi merupakan warisan dari raja kutai. Nasi bekapor merupakan nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan ikan asin. Yang unik dari nasi bekapor merupakan menggunakan alat khusus dalam pembuatan nasi bekapor yaitu ketel. Untuk membuat nasi bekapor yaitu nasi dan rempah-rempah dimasukkan ke ketel dan langsung dimasak, setelah masak jangan langsung diangkat tambahkan daun Kemangi, ikan asin, dan cabai. Setelah selesai memasukkan rempah-rempah tunggu sampai bagian pinggir berkerak, jika bagian sudah berkerak nasi bekapor siap diangkat.

Gangan manok

Gangan manok merupakan makanan sejenis bakso yang ditambah dengan bola bola ayam sebagai pelengkap. Penyajian gangan manok ditambah sayur sayuran diatasnya. Gangan manok biasa disebut juga manok Balikpapan karena makanan ini berasal dari Balikpapan. Di Balikpapan sudah banyak yang menjual makanan ini di setiap restoran-restoran yang berada di Balikpapan. Gangan manok memiliki cita rasa yang gurih sedangkan bola dagingnya bertekstur lembut ditambah lagi dengan sayuran yang membuat gangan manok dengan segar bila dinikmati. Kamu bisa menambahkan sambal atau saus sesuai selera kamu.

Nah itu diatas beberapa makanan khas Kalimantan timur yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Kalimantan timur. masih banyak makanan yang memiliki nama unik dan memiliki cita rasa yang lezat yang ada di Kalimantan timur.

Post a comment for "Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Memiliki Nama Unik"