Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Diet dan Budaya Kuliner Kekinian


Macam diet dan budaya kuliner kekinian - Sering sekali kita mendengar kata diet disebut-sebut dan dilakukan oleh banyak orang. Orang awam lebah banyak menyangka bahwa yang disebut diet adalah kegiatan yang dilakukan dengat mengatur pola makan agar tubuh terlihat lebih langsing. Ada benarnya memang hal ini. Namun sesungguhnya makna diet itu bermacam-macam. Diet itu banyak tujuannya, bukan hanya semata bertujuan melangsingkan tubuh. Ada juga yang tujuannya malah meningkatkan berat badan lho.

Orang melakukan diet dengan berbagai alasan. Dari yang ingin terlihat lebih langsing, mau kelihatan lebih  menarik, berniat untuk lebih sehat, bahkan ada juga yang berdiet karena tuntutan peran baik dalam film maupun sinetron yang dibintangi. Memang langsing menjadi tujuan banyak orang terutama wanita karena wanita ingin terlihat lebih cantik. Entahlah kenapa sepertinya langsing itu merupakan salah satu hal yang identik dengan kecantikan.

Mungkin disebabkan oleh kepentingan industri fashion dan periklanan yang membuat kesan demikian. Di mana para wanita yang ditampilkan dalam iklan-iklan apapun itu tampaknya selalu bertubuh langsing sehinga terlihat lebih menawan. Lama-kelamaan kesan bahwa langsing itu cantik seolah menjadi keharusan bagi para wanita. Bahwa langsing itu cantik, rambut lurus, kulit putih, tinggi semampai, dan seperti itu. tidak  sedikit wanita yang akhirnya mencoba melakukan berbagai macam diet guna memenuhi standar kecantikan tersebut.
macam diet
Sesungguhnya bila kita telusuri berdasarkan logika, para wanita yang tampil sebagai bintang iklan terlihat cantik karena mereka memang berprofesi sebagai model. Pastinya dong memiliki kecantikan paripurna, di atas rata-rata wanita umumnya. Padahal yaa kalau orang biasa yang berwajah pas-pasan meski pun langsing ya terlihat biasa saja kan, tetap tidak akan terlihat wow ala para model yang tampil di iklan.

Nah sebenarnya apa sih makna diet itu sendiri. Apakah memang sekedar untuk melangsingkan tubuh atau ada makna dan tujuan lain dari diet. Apalagi sekarang macam diet begitu beragam. Iklan obat diet juga merajalela. Ditambah lagi perkembangan fashion yang luar biasa dan pengaruh media sosial yang membuat para wanita masi kini seolah berlomba menampilkan diri mereka cantik maksimal. Bagaimana juga asal muasal diet, kemudian diet apa sih yang paling populer, dan benarkah diet itu selalu menyajikan hasil yang diharapkan. Jawabannya ada pada pembahasan artikel berikut ini.

Pengertian Diet

Diet di Indonesia memang lebih sering dimaknai untuk usaha yang dilakukan dalam rangka menurunkan berat berat badan dan atau menjaga asupan nutrisi tertentu. Selanjutnya seiring berjalannya waktu, konteks diet dalam kaitannya dengan pengaturan asupan nutrisi terbagi ke dalam tiga hal.

Pertama, untuk menurunkan macam diet berat badan lewat kalori. Kedua, meningkatkan berat badan. Ketiga, memantang makanan tertentu. Menurunkan berat badan atau sebutannya massa badan biasanya dilakukan oleh para model atau para aktris guna menunjang penampilan yang sempurna di depan kamera dan audiensenya.
macam diet
Lalu, meningkatkan massa badan umumnya dilakukan oleh para atlet juga binaragawan yang diharuskan meningkatkan massa ototnya. Sedangkan memantang makanan tertentu cenderung dilakukan karena alasan kesehatan seperti telah terserang penyakit dan untuk itulah dilakukan diet agar sakitnya tidak menjadi lebih parah.

Contohya, diet para penderita diabetes, jantung koroner, dam lain-lain. Itulah tiga macam diet yang konteksnya adalah pengaturan asupan nutrisi. Mengapa asupan nutrisi harus diatur sedemikian rupa? Karena asupan nutrisi yang seimbang akan mempengaruhi kualitas massa tubuh seseorang.
Di pola ini keteraturan pola makan dengan kebutuhan gizi yang sesuai standar kesehatan, haruslah diperhatikan bila ingin dietnya berhasil. Tidak sulit sebenarnya menjalankannya bila sudah ada niat yang benar-benar kuat dan niat itu dijaga serta dipompa terus agar semangatnya tidak pudar.

Diet Jaman Dahulu


Sejak dahulu banyak orang mempraktikkan macam diet sesuai dengan tujuannya masing-masing. Pada tahun 1820, seorang penyair bernama Lord Byron selalu merasa amat ketakutan jika berat tubuhnya meningkat. Untuk itulah ia mulai pengalaman dietnya dengan mengkonsumsi air cuka apel. Diet air cuka apel ini sebenarnya telah ada sejak jaman Mesir kuno sekitar 3100 SM. Nyatanya hal itu memang cukup berhasil membuat berat badannya stabil. Juga metabolisme tubuhnya lebih baik.

Meskipun wajahnya terlihat lebih pucat namun sebagian orang justru menganggap tampilan wajah seperti itu menimbulkan kesan lebih romatis. Diet ekstrim mulai dilakukan sekitar awal 1900-an pada jaman Ratu Victoria ketika itu wanita seperti terhipnotis mengusahakan diet agar tubuh mereka langsing dan berlekuk sensual ala gitar Spanyol. Uinknya mereka berdiet dengan cara yang cukup berbahaya bagi kesehat mereka sendiri. Yaitu dengan mengkonsumsi pil diet yang di dalamnya berisia telur cacing pita.

Konon, bila telur-telur itu menetas nantinya di dalam tubuh dan memakan makanan macam diet yang terdapat dalam tubuh. Sehingga timbunan lemak tidak akan sempat muncul di badan wanita-wanita tersebut. Sayangnya mereka tidak sadar bahwa tindakan demikian justru berbahaya.

Diet Jaman Sekarang


Beberapa tahun menjelang tahun 2000, mulai makin beragam seperti diet golongan darah mulai populer. Sesuai dengan namanya maka menu makanan seseorang berdasarkan golongan darahnya.
Disebut-sebut bahwa makanan macam diet tertentu akan memberikan efek yang berbeda bila dimakan oleh orang dengan golongan darah berbeda. Jadi agar metabolisme tubuh lebih lancar maka ada makanan yang harus disantap juga ada makanan yang harus disantap demi tercapainya tujuan diet tersebut.

Setelah tahun 2000, diet-diet bar uterus bermunculan. Sebut saja South Beach Diet yang dipopulerkan oleh Bill Clinton, seorang mantan Presiden Amerika. Diet ini adalah hasil perpaduan dari diet karbohidrat. Lalu ada Baby Food Diet yaitu diet dengan cara memakan makanan seperti yang dihidangkan pada para bayi yaitu makanan lunak. Makanan yang  dimakan adalah makanan lunak contohnya wortel lembek. Lady Gaga serta Reese Witherspoon adalah dua selebriti dunia yang membuat diet ini menjadi lebih dikenal luas.

Ada juga The Dukan Diet yang dilakukan oleh Kate Middleton jelang hari pernikahannya. Banyak juga yang kemudian ikut mencoba kesuksesan diet ini. Pencetus diet ini merupakan seorang dokter berkebangsaan Prancis bernama Dr Pierre Dukan. Ternyata diet ini telah diteliti dan disempurnakan selama 35 tahun dari beraneka elemen dan macam diet lainnya. Kate kemudian mampu membuktikannya saat ia tampil sangat cantik dengan bentuk tubuh yang langsing saat pernikahannya.

Pada tahun 2012, ketika isu kiamat akan terjadi pada tahun tersebut, metode diet Paleo justru meledak. Diet ini dianggap sebagai diet jaman batu. Mengapa disebut demikain? Sebabnya makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang menjalankan diet ini adalah seperti makanan yang dimakan oleh manusia gua. Yaitu ikan, sayuran, daging juga tanpa lemak. Makanan-makanan olahan lainnya sangat dilarang seperti roti dan keju. 

Macam diet terbaik tahun 2020 menurut US News & World Report’s:

Diet terbaik dalam segala aspek

1. Diet Mediterania
2. Diet DASH
3. Diet Flexitarian
4. Diet WW
5. Diet Mayo Clinic

Macam Diet paling cepat dalam menurunkan berat badan


1. Program HMR
2. Diet Optavia
3. Diet Atkins

Diet kesehatan jantung terbaik


1. Diet Ornish
2. Diet Mediterania
3. Diet DASH

Macam Diet terbaik menggunakan bahan dasar tumbuhan


1. Diet Mediterania
2. Diet Flexitarian
3. Diet Nordic

Diet termudah diikuti


1. Diet Mediterania
2. Diet Flexitarian
3. Diet MIND

Kisah-kisah diet sukses

Dewi Hughes


Seorang presenter ternama juga pendidik yang cantik. Dahulu berbobot 150 kg dan berhasil menurunkan berat badan sampai setengahnya hanya dalam 10 bulan. Macam diet yang dilakoni adalah diet kenyang. Jadi bukan diet yang menyiksa tubuh namun diet alami yang bertujuan membuat metabolisme tubuh stabil dan efeknya berat badan menjadi ideal. Hughes mengungkapkan kenapa disebut diet kenyang karena setiap dua jam, ia selalu makan. Daging, ayam, ikan, tetap dimakan.
Namun tentu saja ada panduan yang harus diperhatikan pada diet yang dilakukannya. Panduan diet kenyang ala Hughes dipaparkan dalam paragraf selanjutnya. Dewi hughes memberikan tips-tips diet kenyang dan sehat yaitu setel pola pikir agar tujuan diet adalah kesehatan bukan sekedar langsing dan penampilan oke. Selanjutnya, banyak minum air putih karena manfaat air putih bagi kesehatan sangat baik. Tidak makan gorengan, usahakan sering mengkonsumsi air kelapa untuk detoks tubuh.

Tidak mengkonsumsi makanan yang dihangatkan. Makanan macam diet dalam kemasan mengandung pengawet karena itulah ia tidak mengkonsumsinya saat diet. Kemudian gantilah sarapan dengan buah dan sayuran. Gantilah nasi dengan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbi lainnya seperti kentang, ubi, dan lainnya.

Deddy Corbuier


Dulunya adalah seorang mentalist kini beralih haluan menjadi seorang presenter, dahulu pernah mengalami kondisi di mana massa badan dan ototnya tidak ideal. Kemudazn Deddy menjalani satu yaitu OCD. Dengan program Obsessive Corbuzier Diet, ia berhasil menurunkan kadar lemak yang dimilikinya dari 22% menjadi 8,4% dalam kurun waktu hampir 3 bulan.
Jadi yang Deddy lakukan tidak berpatokan pada macam diet berat badan tubuh, namun pada pertambahan massa otot karena itulah berat badannya pun turun naik. Terkadang 80 kg, kemudian bisa berubah lagi menjadi 70 kg, lalu naik lagi ke angka 75 kg.

Kisah-kisah tragis akibat diet


Meskipun ada yang sukses menjalankan program diet, tidak sedikit pula yang membahayakan diri. Dari yang tumbang tak berdaya kemudian digotong ke rumah sakit, sampai yang terpaksa meregang nyawa akibat terlalu ekstrim berdiet. Contohnya seorang ibu berusia 36 tahun yang ingin tampil cantik dan berbobot tubuh ideal saat berlibur nanti bersama keluarganya. Ia mengkonsumsi pil pelangsing sekaligus diet ketat dan terus berolahraga.

Entah dari mana ia dapat ide menjalani macam diet seperti ini. Selain itu ia juga masih bekerja di pabrik mobil. Suatu ketika ia tumbang saat di pabrik dan dibawa ke rumah sakit. Sayangnya begitu tiba di sana, nyawanya sudah tak ada. Ternyata ia hipotensi menyerangnya karena diet ekstrim yang dilakukannya dan kadar potasium berlebih di dalam tubuhnya akibat obat diet yang diminumnya. Malang nasibnya, hanya karena ingin tampil lebih berisi, nyawa pun melayang. Ia meninggalkan seorang anak yang bahkan belum berusia 5 tahun.

Nah, ternyata tidak hanya perempuan lho yang melakukan diet karena ingin penampalan yang lebih baik. Ada seorang atlet rugby namanya Chris Mapletoft yang meregang nyawa karena mengkonsumsi pel pelangsing yang dia beli secara online. Sayangnya, pil tersebut terdapat kandungan 2,4-dinitrophenol yaitu racun yang juga dipakai dalam pestisida dan pastinya sangat berbahaya dikonsumsi manusia. DNP ditemukan dalam banyak produk pelangsing. Berhati-hatilah saat membeli produk pelangsing dengan kode DNP.

Budaya kuliner kekinian


Banyak sekali tercatat masalah kesehatan masa kini akibat makanan yang dikonsumsi. Macam diet pun terus bertambah. Kabar baiknya, sekarang mulai banyak praktisi yang mengedukasi agar mengkonsumsi the real food. Yaitu mengkonsumsi makanan dalam bentuk aslinya. Tanpa diolah seperti sayuran mentah (orang Sunda menyebutnya lalapan) atau kalau pun dimasak ya prosesnya tidak terlalu lama. Semakin sedikit proses pengolahan,maka akan semakin baik hasil yang didapatkan.

Namun tidak termasuk aneka daging. Daging justru harus dimasak dengan kematangan sempurna agar bakteri berbahaya mati. Sesungguhnya memang budaya diet ini erat kaitannya dengan budaya kuliner yang kebablasan. Coba perhatikan lebih dekat, orang-orang jaman sekarang sepertinya sangat tergila-gila akan jajanan ala resto. Bahkan yang amat ditekankan adalah tampilan makanan itu dan kenikmatan rasa di lidah. Bukan dari asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Padahal standar gizi macam diet pun tidak memenuhi. Seperti junk food yang menjadi makanan terfavorit jaman now. Ditambah lagi, hadirnya media sosial yang membuat setiap aktifitas berusaha ditampilkan penuh dengan kesempurnaan. Bagi mereka yang butuh pengakuan, tampaknya saat mereka mengunggah pose mereka beserta tampilan makanan dari restoran ini, café itu, gerai junk food ternama, dan lain-lain, citra mereka akan terangkat.

Ini sungguh menimbulkan masalah di kemudian hari. Kebutuhan nutrisi yang tak sesuai standar kesehatan akan merusak kesehatan mereka. Obesitas meningkat. Diabetes mengancam. Kolesterol dan jantung koroner menjadi momok menakutkan. Akhirnya, mau tak mau mereka harus mengikuti berbagai macam untuk diet.

Sadarkah bahwa kini kita sudah mulai dijajah oleh budaya kuliner. Padahal, junjungan kita, Rasulullah saw justru sangat menyederhanakan konsep makan. Bahkan bila tidak ada makanan, Rasul memilih untuk berpuasa. Juga para ulama pendahulu kita, mereka hidup amat sederhana. Makan pun asal dapat menegakkan tulang punggung. Kesederhanaan macam diet itu justru membuat mereka makin mulia di mata manusia dan Sang Pencipta. Sedangkan saat ini urusan perut ya dibuat repot. Terlalu banyak aturan, kemewahan, dan sarana pamer.

Buang-buang waktu untuk satu urusan yaitu urusan perut yang semestinya sangat mudah. Seharusnya waktu dapat dimanfaatkan untuk hal lebih bermanfaat. Sederhanalah dalam hal makanan.
Tak perlu bingung harus makan di mana, bagaimana cara makannya agar bahagia. Bahkan sampai ada yang menyediakan makanan di samping kandang singa. Tak heran banyak penyakit datang karena makanan. Sebab makanan dijadikan raja. Makin banyak juga macam diet yang diciptakan disebabkan kondisi ini.

Yang perlu diperhatikan saat memutuskan diet

·         Ubah pola pikir, camkan dalam hati dan pikran bahwa sehat adalah tujuan utamanya. Bukan langsing atau bertubuh ideal. Tubuh ideal hanya sekedar bonus atas keberhasilan menjalani program mengubah dan mengatur pola makan yang lebih sehat. Demi terjaganya kesehatan saat ini dan masa depan. Mengapa demikian, karena bila tujuannya langsing, maka berbagai cara akan dilakukan meskipun itu berbahaya bagi dirinya.
·         Ingat-ingat lagi apa tujuan kita makan macam diet sebenarnya. Apakah supaya orang terkagum-kagum melihat keanggunan kita saat makan? Well.. tujuan utama makan kan untuk menghilangkan lapar. Bukan untuk gaya, bukan pula karena gengsi. Bukan juga untuk ajang pamer di media sosial. Makanlah sesuai porsi, namun bernutrisi.

Agar kita kuat menjalankan peran kehidupan yang kita jalani di kehidupan dunia dalam rangka beribadah kepada Tuhan Semesta Alam. Diharapkan tak perlu lah harus melakukan beraneka macam diet.

Post a comment for "Macam Diet dan Budaya Kuliner Kekinian"

Berlangganan via Email