Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkapi Kecukupan Nutrisi yang Tepat untuk Program Diet Sehat Tanpa Olahraga

Lengkapi Kecukupan Nutrisi yang Tepat untuk Program Diet Sehat Tanpa Olahraga  - Tahukah anda bahwa ada begitu banyak nutrisi yang harus dikonsumsi secara tepat setiap hari? Nutrisi ini sangat penting bagi anda yang menginginkan bentuk tubuh ideal dan berat tidak berlebih. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dulu apa itu nutrisi esensial dan macamnya. Nutrisi esensial ini dibagi dalam 2 kategori yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar yang berperan sebagai sumber energi yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrien adalah nutrisi yang menunjang kinerja tubuh dan hanya diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit saja. Bahan nutrisi yang termasuk dalam kategori mikronutrien adalah vitamin dan mineral

diet sehat tanpa olahraga

Macam-macam nutrisi tersebut haruslah dipenuhi saat menjalankan diet sehat tanpa olahraga agar tidak terjadi penumpukan lemak. Akan lebih baik pula jika anda mengombinasikannya dengan olahraga secara rutin setiap harinya. Namun beberapa orang sering kali malas untuk berolahraga, sehingga kunci penting dalam menurunkan berat badan adalah dengan memenuhi nutrisi secara tepat.

Kebutuhan Nutrisi untuk Diet Sehat tanpa Olahraga

Karbohidrat

Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat yang berperan dalam memberikan asupan secara cukup pada otak. Selain itu, karbohidrat juga penting sebagai sumber energi saat diet sehat tanpa olahraga contohnya seperti makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, sayur, buah, serta kacang-kacangan. Sementara jenis karbohidrat yang harus Anda batasi konsumsinya seperti nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue, serta makanan dan minuman manis lainnya.

Protein

Nutrisi ini adalah sumber energi bagi tubuh yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan jaringan tubuh, menjaga kesehatan, serta membantu dalam menurunkan berat badan. Protein yang baik untuk diet sehat tanpa olahraga dapat ditemukan pada telur, ikan salmon, daging sapi, kedelai, dada ayam, keju, dan jenis kacang-kacangan.

Lemak

Mungkin saja anda akan menghindar jika ada makanan yang mengandung lemak saat menjalankan diet sehat tanpa olahraga. Karena banyak beranggapan bahwa lemak akan menyebabkan kegemukan, terlebih jika tanpa dibarenagi olahraga. Namun tidak semua makanan berlemak harus dihindari, karena ada juga lemak baik yang penting bagi kesehatan.

Sebaiknya pilihlah lemak baik yang berasal dari makanan seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak sayuran zaitun dan minyak kelapa, dan makanan rendah lemak lainnya. Selain itu, batasi juga konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak jahat. Jenis nutrisi tersebut terkandung dalam makanan seperti pizza, burger, sosis, serta makanan cepat saji lainnya. hindari semua itu agar dapat menjalankan diet sehat tanpa olahraga

Vitamin dan mineral

Vitamin A, B, C, D, E, dan K sangat dibutuhkan tubuh, sehingga perlu dilengkapi dalam menu makan. Sedangkan jenis mineral yang dibutuhkan seperti halnya kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium yang juga dibutuhkan saat diet sehat tanpa olahraga. Karena meski tanpa olahraga, vitamin dan mineral tak boleh anda hindari hanya demi alasan diet.

Air

Cairan memang tidak memiliki nutrisi, tetapi bisa menghidrasi tubuh dan mengoptimalkan sistem metabolisme. Cairan ini bisa didapatkan dari air putih, serta buah dan sayur. Air juga bisa dijadikan pengganjal perut saat lapar melanda di sela jam makan, sehingga efektif menurunkan berat badan. dan air solusi tepat dalam melakukan diet sehat tanpa olahraga

Itulah tadi nutrisi yang harus ada dalam menu diet sehat tanpa olahraga yang harus diperhatikan. Jangan sampai anda malas olahraga, namun justru mengurangi konsumsi nutrisi penting tersebut. Banyak orang beranggapan bahwa kurangnya aktifitas yang menunjang pembakaran lemak, sehingga mau tidak mau harus mengurangi porsi makan. Padahal cara ini salah, sementara yang tepat adalah menerapkan pola makan sehat lengkap dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

 


Post a comment for "Lengkapi Kecukupan Nutrisi yang Tepat untuk Program Diet Sehat Tanpa Olahraga"