Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan Diet Sehat Saat Berpuasa untuk Mengontrol Berat Badan

Lakukan diet sehat saat puasa untuk mengontrol berat badan. Gemuk dan memiliki berat badan yang tidak normal akan membuat pemiliknya terganggu dan merasa kesulitan memilih ukuran baju yang sesuai dengan bentuk tubuhnya. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang memilih bulan puasa sekaligus sebagai waktu yang tepat untuk melakukan diet penurunan berat badan.

Ketika berpuasa, frekuensi makan akan lebih sedikit, yakni hanya ketika sahur dan berbuka. Inilah yang kemudian membuat banyak orang jauh-jauh hari telah merencanakan untuk memulai program diet ketika puasa. Nyatanya, banyak kasus menunjukkan bahwa ketika berpuasa justru membuat tubuh menjadi lebih melar. Rupanya, ini disebabkan karena seringkali setelah seharian lapar-lapar berpuasa, ketika maghrib justru balas dendam dengan makan yang tidak terkendali.

diet sehat saat berpuasa
diet sehat saat berpuasa

Tips Diet Sehat Saat Berpuasa

Ada sedikit perbedaan antara tips dan strategi diet yang dilakukan ketika berpuasa dengan yang dilakukan ketika tidak berpuasa. Hal ini karena aktivitas, kondisi, dan makanan ynag dikonsumsi berbeda antara keduanya. Nah, karena itu berikut adalah tips diet sehat saat berpuasa untuk mengontrol berat badan.

1.        Hindari berbuka dengan gorengan

Makanan-makanan seperti risoles, batagor, bakwan dan berbagai gorengan lainnya biasanya menjadi makanan yang paling menggoda dan banyak dijual di pinggir jalan menjelang buka puasa. Namun bagi Anda yang sedang menjalankan diet, sangat disarankan supaya menahan diri dan tidak memakannya.

Hal ini karena gorengan-gorengan tersebut mengandung banyak lemak jenuh yang selain dapat mengundang kolestrol juga berpotensi membuat tubuh Anda bertambah gemuk. Sebagai alternatif, ketika menjalankan diet sehat saat berpuasa Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan yang diolah dengan cara direbus, seperti jagung, kacang, maupun berbagai buah dan sayur-sayuran.

2.        Memperbanyak makanan yang tinggi protein dan kaya serat

Tips diet sehat saat berpuasa berikutnya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi dan mengandung banyak serat. Hal ini karena saat memproses protein menjadi energi, tubuh secara alamiah tubuh akan membakar sekaligus. Sedangkan serat akan sangat berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, ketika berbuka puasa, tips diet sehat saat berpuasa, Anda dapat menambahkan menu-menu sayur yang tentunya kaya akan serat. Di antaranya adalah sayur bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Serat juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, seperti apel, pir, pisang, dan lain sebagainya.

3.        Perbanyak konsumsi air putih

Selain memperbanyak konsumsi protein dan serat, ketika menjalankan diet saat berpuasa, sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih. Hal ini selain untuk mencukup kebutuhan cairan tubuh supaya kuat berpuasa hingga maghrib, dengan mengonsumsi air dalam jumlah banyak akan membantu kerja ginjal yang tidak istirahat meskipun Anda sedang berpuasa.

Untuk mencukupi kebutuhan air putih ketika berpuasa tidak dilakukan dengan minum banyak air dalam sekali waktu, namun bertahap-tahap. Yakni dengan minum 3 gelas air putih ketika sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas setelah salat tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur. Jadwal minum air putih ini sangat dianjurkan untuk digunakan bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat saat berpuasa.

4.        Hindari makanan atau minuman yang mengandung gula

Tips diet sehat saat berpuasa berikutnya adalah dengan menghindari minuman dan makanan yang mengandung gula. Hal ini dilakukan karena selain makanan dan minuman manis akan membuat Anda lebih mudah lapar, mengonsumsi makanan dan minuman manis hanya akan menimbulkan penumpukan-penumpukan glukosa dalam tubuh. Ini dikarenakan saat berpuasa, tubuh memproduksi lebih sedikit insulin. Sementara insulin adalah zat yang tugasnya memecah glukosa dan mengubahnya menjadi energi.

Langkah-langkah di atas adalah cara diet sehat yang dapat dilakukan untuk mengontrol berat badan. Tentu Anda tidak ingin tiba-tiba merasa kesulitan memilih baju karena tubuh yang semakin melar, bukan? Karenanya, diet saat berpuasa ini dapat dijadikan sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut.


Post a comment for "Lakukan Diet Sehat Saat Berpuasa untuk Mengontrol Berat Badan"

Berlangganan via Email