Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Keberhasilan Diet Sehat Untuk Remaja yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kunci Keberhasilan Diet Sehat Untuk Remaja yang Ampuh Turunkan Berat Badan. Memiliki berat badan yang berlebih tentunya akan memperngaruhi bentuk tubuh. Selain merasa kesulitan untuk mendapatkan pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh, tidak jarang pemiliknya akan merasa tidak percaya diri terhadap apa-apa yang dikenakannya. 

Hal tersebut berdampak lebih buruk lagi jika yang menyandang kelebihan berat badan adalah remaja. Remaja yang merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju remaja ini umumnya menjadi awal-awal masa ketertarikan dengan lawan jenis. Namun karena beberapa hal, tidak sedikit remaja yang minder dan pada akhirnya menarik diri dari pergaulan karena masalah penampilan.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Nah, jika kamu merasa memiliki masalah seperti remaja tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah menemukan solusi atas permasalahan itu. Jadi, jika masalahnya adalah kegemukan yang membuat kamu tidak percaya diri, kamu bisa dengan melakukan beberapa usaha penurunan berat badan. Ini dapat kamu mulai belakukan diet sehat untuk remaja yang aman dan ampuh untuk menurunkan berat badan.

Kunci Keberhasilan Diet Sehat untuk Remaja

Dari sekian macam jenis diet yang banyak dijalankan, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi kunci pokok keberhasilan diet. Hal-hal tersebut adalah mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kunci keberhasilan diet sehat bagi remaja.

Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Kunci keberhasilan diet sehat untuk remaja yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Remaja yang juga masih dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi baiknya bukan hanya makanan dengan asas enak dan menarik bentuknya.

Makanan yang dianjurkan bagi remaja sedang menjalankan diet adalah makanan kaya gizi. Di antaranya ialah makanan kaya serat dari gandum, buah, maupun sayuran. Selain itu, diet juga akan lebih cepat menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi sumber protein dari ikan maupun daging-dagingan.

Memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi

Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, kunci diet sehat untuk remaja berikutnya adalah memperhatikan jumlahnya. Ya, meski karbohidrat merupakan salah satu zat yang diperlukan tubuh, tapi jika jumlahnya berlebihan justru akan dapat menimbulkan kegemukan atau masalah kesehatan lainnya. Karena itu, dalam masa diet, sebaiknya mengurangi jumlah asupan karbohidrat yang dikonsumsi.

Selain itu, ketika masa diet kamu juga harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Sebagai cara alternatif, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya nutrisi tapi mengandung kalori yang kecil, di antaranya ialah telur, dada ayam tanpa lemak, apel, pear, dan lain sebagainya.

Memperhatikan jadwal makan

Kunci diet sehat untuk remaja berikutnya adalah memperhatikan jadwal makan. Jadi, selain jenis dan jumlah makannya, kamu juga harus membuat jadwal makan beserta menu-menunya. Yakni menu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal ini karena diet yang dijalankan bukanlah diet  dengan menyiksa tubuh terus-terusan dalam keadaan lapar, tapi dilakukan dengan mengatur pola makannya.

Konsisten

Ketiga kunci diet sehat untuk remaja tersebut akan berhasil jika dilakukan dengan konsisten. Hal ini karena hasil yang ditunjukkan dari proses diet yang dijalankan tidaklah tampak secara drastis, namun tampak sedikit-sedikit secara bertahap-tahap. Sebab penurunan berat badan yang drastis biasanya menandakan bahwa diet yang dilakukan tidak sehat dan berpotensi menimbulkan efek bagi kesehatan.

Beberapa hal poin di atas adakah kunci keberhasilan diet sehat untuk remaja. Jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan baik, keinginan untuk menurunkan berat badan bukan lagi angan-angan. Jadi mulai diet kapan?


Post a comment for "Kunci Keberhasilan Diet Sehat Untuk Remaja yang Ampuh Turunkan Berat Badan"