Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Nutrisi yang Tepat sebagai Makanan untuk Diet Sehat

Kriteria Nutrisi yang Tepat sebagai Makanan untuk Diet Sehat - Tentu anda sudah tahu bukan bahwa dalam menjalankan diet tidak sembarang jenis makanan bisa dikonsumsi? Ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan, lantaran merangsang seseorang untuk mengonsumsi makanan berlebih. Contohnya saja seperti masakan dengan rasa yang tajam, mengandung lemak tinggi, terlalu manis, asin dan berbumbu, serta mengandung soda dan alkohol. Lalu seperti apa kriteria makanan yang tepat untuk diet sehat agar mengoptimalkan program? Berikut ini penjelasan dari kriteria makanan yang aman buat diet sehat yang perlu Anda ketahui.

Makanan yang mengandung serat tinggi menjadi kriteria makanan untuk diet sehat yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Serat menjadi zat penting yang akan memudahkan sistem pencernaan dan penyerapan tubuh terhadap nutrisi yang dikonsumsi. Serat bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah sayur-sayuran serta biji-bijian yang berasal dari tanaman. Konsumsi makanan tersebut tidak akan memberikan tambahan kalori dalam jumlah besar, sehingga menyebabkan penumpukan sampah pada tubuh.

makanan untuk diet sehat
makanan untuk diet sehat

Makanan untuk Diet Sehat

1.  Makanan dengan kandungan air atau mineral yang tinggi

Ketahuilah bahwa jenis makanan yang mengandung tinggi air bisa menjadi camilan dan makanan sehat bagi Anda yang tengah menjalankan diet, supaya tubuh tetap terlihat langsing. Bahan makanan yang mengandung tinggi air contohnya seperti buah dan sayur. Namun anda juga perlu mengetahui bahwa dalam buah dan sayur tertentu juga terkandung lebih banyak air dibandingkan jenis lainnya. Contohnya saja seperti buah dan sayur mentimun, lobak, seledri, semangka dan juga brokoli.

2. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Untuk mendapatkan kriteria makanan untuk diet sehat tepat, kebutuhan karbohidrat juga harus tetap dipenuhi sesuai kebutuhan. Namun ketahuilah bahwa karbohidrat terdiri dari dua jenis, salah satunya karbohidrat kompleks yang baik buat diet. Jenis karbohidrat ini efektif dalam menurunkan berat badan karena mudah diserap oleh tubuh. Di dalam bahan makanan karbohidrat kompleks juga tersedia serat yang tinggi dengan sedikit gula alami.  Berbeda dengan jenis karbohidrat sederhana yang sulit untuk diolah tubuh, sehingga berisiko menyebabkan penumpukan lemak.

3. Makanan yang mengandung kadar protein tinggi

Dalam menjalankan diet, Anda harus mengetahui bahwa semakin banyak protein yang dikonsumsi berarti kalori yang terbakar juga semakin besar. Ini berarti Anda harus lebih banyak mengkonsumsi protein, agar kalori tidak semakin banyak dan menyebabkan penumpukan lemak. Diet dengan menambahkan asupan protein bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga anda tidak cepat merasa lapar. Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi saat diet lebih efektif untuk dijadikan pengganti karbohidrat sederhana yang memiliki rendah nutrisi.

4. Makanan dengan lemak sehat

Kriteria makanan untuk diet sehat yang tepat selanjutnya adalah bahan yang mengandung lemak baik. Lemak baik ini biasanya bisa didapatkan dari bahan makanan seperti alpukat dan bahan-bahan alami lainnya. Berbeda dengan lemak jahat yang seringkali dikombinasikan dengan tinggi gula, kalori, karbohidrat, serta lemak yang menyebabkan kegemukan. Contoh makanan ini seperti berbagai jenis kue, permen, snack dan sebagainya.

Mengetahui kriteriamakanan untuk diet sehat, tentunya menjadi kunci penting agar anda bisa lebih tepat dalam memilih bahan makanan yang terbaik. Ketahuilah bahwa makanan memiliki peran penting dalam pembentukan lemak, sehingga bisa meminimalisir terjadinya berat badan berlebih. Maka dari itu, ketika tengah menjalankan diet sehat sebaiknya hindari asal dalam memilih bahan makanan. Jangan sampai andasembarangan dan justru menggagalkan program diet.

 

 


Post a comment for "Kriteria Nutrisi yang Tepat sebagai Makanan untuk Diet Sehat"