Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Diet Sehat yang Sering Dilakukan

Kesalahan Diet Sehat yang Sering Dilakukan- Bagi sebagian orang melakukan diet adalah salah satu kegiatan yang dianggap susah-susah gampang. Terlebih bagi mereka yang terbiasa makan banyak dan hobi kuliner. Mereka akan sangat kesulitan dan merasa tersiksa ketika harus membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Meski terkadang mereka telah melakukan kesepakatan di awal, tetapi ujung-ujungnya gagal dan berhenti di tengah jalan. Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan oleh mereka yang melakukan diet, sehingga berujung kegagalan.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Diet Sehat

1. Mengonsumsi makanan tinggi gula dan tinggi lemak

Mereka yang melakukan kesalahan diet sehat untuk menurunkan berat badan, biasanya memiliki kecenderungan menyukai makanan manis dan berlemak. Padahal keduanya haruslah dihindari supaya diet memberikan hasil yang optimal. Beberapa makanan yang mengandung tinggi lemak dan tinggi gula misalnya seperti keju, es krim, dan mentega. Selain itu, beberapa jenis makanan juga harus dihindari seperti permen, kue, coklat, dan lain sebagainya. Makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan kegemukan dibandingkan makan nasi.

kesalahan diet sehat
kesalahan diet sehat 

2. Hindari makanan sampah

Tahukah Anda apa itu jenis makanan sampah? Yang dimaksud makanan sampah disini adalah makanan yang enak dan bisa memberikan rasa kenyang tapi tidak mampu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan terkadang, di dalamnya sangat minim kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Makanan yang disebut dengan makanan sampah ini biasanya tinggi kalori, rendah protein, vitamin dan mineral, serta tinggi akan lemak jenuh.

3. Hindari membeli makanan kemasan atau makanan cepat saji

Makanan yang biasa disajikan dalam waktu cepat atau makanan kemasan dan cepat saji, tentu tidak sehat bagi tubuh. Seringkali jenis makanan tersebut mengandung bahan-bahan kimia seperti pengawet dan pewarna. Belum lagi jika mengandung tinggi minyak dan kalori. Makanan seperti ini biasa ditemukan di toko-toko, tempat makan, atau bahkan pinggir jalan yang menjual makanan cepat saji. Berbagai jenis makanan berikut merupakan kesalahan dietsehat ini seperti snack, mi instan, junkfood, dan lain sebagainya.

4. Hindari minum minuman dalam kemasan

Bukan hanya makanan tetapi jenis minuman tertentu juga sangat beresiko bagi Anda yang ingin menjalankan diet. Misalnya seperti minuman bersoda dan beralkohol yang cenderung menyimpan kandungan tinggi gula di dalamnya. Namun sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa di dalam minuman tersebut tersembunyi gula tinggi, karena rasanya yang tidak terlalu manis. Jika terus menerus dalam mengonsumsi minuman tersebut saat diet, bukan tidak mungkin badananda malah semakin gemuk.

5. Mengurangi konsumsi air putih

Daripada anda minum minuman berasa dan berwarna, akan lebih baik jika menambah asupan air putih. Pada kenyataannya, banyak orang yang melakukan kesalahan diet sehat dengan melewatkan dan bahkan mengurangi konsumsi tersebut dengan alasan takut gemuk. Padahal kebutuhan air putih bagi tubuh sangatlah tinggi dan hal ini tidak akan menyebabkan kegemukan. Lantaran tubuh manusia terdiri lebih dari setengahnya oleh cairan.

Itulah tadi 5 hal yang sering dilakukan orang dan menjadi kesalahandiet sehat. Mengetahui beberapa hal yang seringkali dilakukan saat diet sehat ini, bisa menambah pengetahuan Anda terkait apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat diet. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir dia akan gagal dan tidak memberikan hasil yang optimal bagi tubuh ataupun kesehatan. Pastikan anda hanya menjalankan kebiasaan pola hidup sehat tanpa disertai kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada menurunnya kondisi tubuh.


Post a comment for "Kesalahan Diet Sehat yang Sering Dilakukan"