Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerokan, Bisa Menyembuhkan Masuk Angin?


Kerokan, Bisa Menyembuhkan Masuk Angin?  Sebagain orang percaya bahwa alternatif terbaik untuk menyembuhkan masuk angin adalah dengan cara kerokan. Pernah tidak kalian bertanya-tanya, dari mana nama penyakit masuk angin itu muncul?. Benar sekali, penyakit ini rasa-rasanya masyarakat kita sendiri yang menciptakan. Karena penyakit ini hanya populer di Indonesia. Seseorang yang terkena masuk angin biasanya akan merasakan suhu badan meningkat, kepala pusing, perut begah, sampai merasakan mual. Hal ini tentu saja dapat menghambat aktivitas kita dalam melakukan suatu pekerjaan.

Sama halnya dengan konsumsi obat medis seseorang yang menderita penyakit tertentu. Ketika masuk angin, banyak dari  masyarakat kita yang memilih alternatif kerokan sebagai obat dari masuk angin. kerokan sendiri adalah metode pengobatan tradisional yang seringkali di jalankan oleh masyarakat di Asia tenggara, termasuk Indonesia. Metode ini, secara umum sebenarnya aman-aman saja untuk di terapkan. Tetapi, kerokan ini ternyata juga dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh kita. Berikut, beberapa diantaranya.
masuk angin

1.      Beresiko menimbulkan pendarahan

Seseorang yang merasakan masuk angin, pasti puas jika kulit mereka berwarna merah. Tetapi, jarang sekali diantara mereka yang paham bahwa hal tersebut disebabkan karena pecahnya pembuluh kapiler. Tekanan dari alat yang di gunakan untuk kerokan tersebut akan membuat kulit menjadi memar, seperti habis dicambuk. Tekanan yang diberikan di kulit juga akan menimbulkan pendaharan minor jika berlebihan saat proses kerokan tersebut terjadi, maka dari itu berhati-hatilah.

2.      Beresiko memicu penularan penyakit dan mengakibatkan nyeri

Seseorang yang dikerok pasti akan merasakan nyeri pada kulitnya, tekanan yang diberikan oleh pengerok biasanya juga akan menimbulkan pendarahan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan terjadi infeksi pada kulit. Reskiko penularan penyakit melalui kerokan ini juga akan meningkat apabila alat yang di gunakan tidak steril dan telah di gunakan oleh lebih dari satu orang.
Disisi lain, kerokan juga merupakan alternatif tradisional yang dipercaya mempunyai banyak manfaat. Kereokan dipercaya dapat mengatasi nyeri sendi dan  nyeri otot. Jika dilihat dari sisi ilmiah, manfaat kerokan ini memberikan manfaat seperti dibawah ini :

1.      Melancarkan peredaran darah

Saat kita merasakan masuk angin, biasanya jantung kita terasa sesak. Hal ini disebabkan karena kurngnya suplay darah ke jantung kita. Adanya kerokan ini dinilai mampu membantu aliran darah kita menjadi lancar serta memperlancar juga pada proses perfusi darah. Perfusi darah adalah proses perpindahan darah dari pembuluh ke jaringan yang dituju.

2.      Meringankan sakit kepala migrain dan meredakan sakit leher

Kerokan dipercaya mampu mengobati sakit kepala kita. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan kepada lansia yang menderita migrain. Setelah dikerok selama 14 hari, lansia tersebut mengaku sakit dikepalanya mulai berkurang. Kerokan juga dipercaya mampu meredakan sakit pada leher. Hal ini juga dibuktikan oleh suatu penelitian yang mengumpulkan responden dengan memisahya menjadi dua kelompok. Yang masing-masing kelompok diberikan koyo, dan lainnya kerokan. Hasil menunjukkan bahwa kerokan lebih efektif daripada koyo.

Dapat disimpulkan, bahwa kerokan dirasa mampu mengobati masuk angin. tetapi, kerokan juga mempunyai efek samping yang bahaya bagi kesehatan kita. Jika anda ingin memilih alternatif ini untuk mengobati keluhan yang anda rasakan ada baiknya untuk melakukan dalam batas yang wajar saja. Cukup sekian pembahas kita kali ini, semoga tulisan ini dapat mengobati rasa penasaran anda. Lekas sembuh, ya.


Post a comment for "Kerokan, Bisa Menyembuhkan Masuk Angin?"