Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenikmatan Masakan Jawa Timur Sederhana

Semua orang pasti akan mencicipi kuliner di suatu daerah saat berkunjung maupun liburan di daerah tersebut. Aktivitas mencicipi kuliner di suatu daerah telah menjadi rutinitas bagi semua orang karena mereka beranggapan bahwa kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas suatu daerah. Salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi surganya kuliner adalah Jawa Timur yang memiliki kuliner-kuliner khas yang dimiliki di setiap daerahnya. Banyak sekali kuliner unik yang memiliki cita rasa sangat lezat yang mampu membuat anda ingin mencobanya setiap hari. Berikut adalah makanan-makanan yang merepresentasikan Kenikmatan Masakan Jawa Timur Sederhana.

1.      Tahu Campur

Kuliner pertama adalah tahu campur yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat Jawa Timur karena cita rasa gurih saat menyantap makanan ini. Tahun campur adalah makanan khas dari daerah Surabaya dan Lamongan tapi sekarang sudah banyak yang menjual kuliner ini di berbagai daerah dan anda akan dengan mudah untuk menjumpai orang yang menjual kuliner ini. Kuliner tahu campur berbahan dasar lontong yang sering ditambah lauk pelengkap seperti mie kuning, selada, tauge, tahu goring dan kemudia disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih.


2.      Bakso Malang

Sesuai dengan namanya, masakan jawa timur sederhana ini berasal dari daerah Malang dan tidak hanya digemari oleh masyarakat Malang saja namun hampir semua masyarakat Indonesia menyukai kuliner yang terbuat dari daging cincang ini. Yang membuat bakso Malang sangat digemari banyak orang adalah kuahnya yang lebih bening dari bakso pada umumnya dan mempunyai wangi yang sangat menggugah selera makan anda. Anda tidak perlu ke Malang untuk mencicipi kuliner ini karena sudah banyak orang yang menjual kuliner ini di daerah lain.

3.      Ledre

Kuliner selanjutnya bukan makanan utama atau makanan berat seperti sebelumnya namun kuliner ini merupakan makanan ringan tradisional yang bernama Ledre. Makanan ini berasal dari daerah Bojonegoro yang berbentuk seperti kue semprong dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi anda yang sedang berkunjung ke daerah Bojonegoro. Ledre terbuat dari campuran tepung beras, telur, gula pasir, santang, minyak kacang, dan biasanya ditambahkan pisang sebagai toping tambahan agar menambah cita rasa. Makanan ringan ini terkenal memiliki rasa yang gurih dan sangat renyah.

4.     Brem

Masakan jawa timur sederhana selanjutnya berasal dari daerah yang terkenal dengan pecelnya yaitu Madiun. Kuliner ini bernama Brem yang berbahan dasar fermentasi sari ketan yang memiliki cita rasa manis dan biasanya berbentuk persegi dan berwarna putih. Anda akan dengan mudah menjumpai makanan satu ini di setiap tempat oleh-oleh di Madiun karena makanan ini sangat terkenal dan digemari masyarakat. Makanan ringan ini sangat cocok dijadikan camilan disaat anda sedang bersantai atau saat sedang berkumpul dengan keluarga.

5.      Getuk Pisang

Kuliner terakhir adalah Getuk Pisang yang sangat digemari oleh masyarakat Jawa Timur. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa wisatawan setelah berkunjung ke provinsi Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Getuk pisang berbahan dasar pisang dari jenis pisang raja nangka yang memiliki tekstur agak keras yang diolah dengan tambahan garam dan gula pasir dan biasanya dibungkus dengan daun pisang. Camilan tradisional ini sudah ada sejak lama dan masih digemari oleh masyarakat samapi saat ini.

Semoga informasi tentang Masakan jawa timur sederhana diatas dapat memberi inspirasi kepada anda tentang kuliner-kuliner yang harus dicoba saat berkujung ke Jawa Timur. Ada baiknya jika anda pergi ke daerah asal dari kuliner-kuliner diatas karena biasanya kuliner yang ada di daerah asalnya lebih enak daripada di daerah lain.

Post a comment for "Kenikmatan Masakan Jawa Timur Sederhana"