Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegemukan? Lakukan 7 Cara Diet Sehat Remaja yang Ampuh Turunkan BB

Kegemukan? Lakukan 7 cara diet sehat remaja yang ampuh turunkan BB. Diet adalah salah satu cara yang efektif dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan dengan jalan diet ini tentunya lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan. Hal ini karena pengonsumsian obat pelangsing dapat berpotensi memunculkan berbagai risiko efek samping.

Risiko yang mungkin muncul dari pengonsumsian obat pelangsing sangat banyak. Di antaranya ialah metabolisme tubuh yang tidak terkontrol, mengalami ketergantungan, dan berisiko kembali ke bentuk tubuh semula jika berhenti konsumsi obat. Menimbang berbagai efek samping tersebut, sangat disarankan untuk memilih jalan penurunan berat badan yang alami saja.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Cara Diet Sehat Untuk Remaja yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Meninjau kembali berbagai kerugian dari efek samping obat pelangsing, maka cara aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara diet sehat. Berikut adalah cara diet sehat untuk remaja yang ampuh turunkan berat badan.

Niat dan memasang target yang realistis

Sebelum menjalankan diet, yang perlu dilakukan adalah memantabkan niat dan memasang target yang realistis. Hal ini karena niat yang kuat akan membuat remaja lebih bersungguh-sungguh demi mencapai target yang ditetapkan. Ya, misal saja menargetkan untuk turun 3 hingg 5 kilogram dalam 1 bulan, maka target tersebut akan dibarengi dengan usaha untuk mencapainya.

Optimis dan beripikir positif

Selain niat dan memasang target yang realistis, cara diet sehat untuk remaja berikutnya adalah dengan membangun rasa optimis. Rasa optimis bisa kurus dan mengurangi berat badan pun juga akan mempengaruhi seberapa kuat diet akan selesai dengan menunjukkan hasil. Dengan terus berpikir positif akan membuat pelaku diet tidak mudah goyah dan terus konsisten menjalankan diet meski baru menunjukkan hasil yang kecil.

Cukup berolahraga

Selain mengatur pola makan dan pola tidur, cara diet sehat berikutnya adalah dengan cukup malakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin meski hanya olahraga ringat seperti sit up, push up maupun lari-lari kecil dapat mempercepat proses pembakaran kalori. Dengan cara demikian, tubuh secara alamiah akan merespon diet yang dilakukan dengan mempercepat penurunan berat badan.

Perbanyak konsumsi air putih

Tubuh memiliki kebutuhan harian terhadap air yang tinggi. Hal ini karena air adalah unsur penting yang membantu jalannya proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi yang sedang menjalankan diet sehat untuk remaja, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air. Mengonsumsi segelas air sebelum dan sesudah makan juga akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi makanan kaya gizi

Selain air, tubuh juga memiliki kebutuhan harian terhadap nutrisi-nutrisi seperti protein, vitamin, dan serat. Karenanya, meski sedang menjalankan diet, kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut harus tetap terpenuhi. Alternatif cara yang dapat dilakukan ialah dengan memilih mengonsumsi makanan yang padat gizi namun rendah kalori. 

Hindari ngemil makanan tinggi gula

Salah satu hal yang dapat menjadikan gagalnya diet sehat untuk remaja adalah kebiasaan ngemil. Hal tersebut diperburuk dengan kegemaran ngemil makanan yang manis maupun asin. Sementara ketika dalam proses diet, gula dan garam adalah hal yang sebaiknya dihindari. Oleh karenanya, untuk mempercepat penurunan berat badan, sebisa mungkin keinginan ngemil seperti ini dihilangkan jauh-jauh.

Minum wedhang perasan jeruk nipis setiap pagi

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum wedhang jerus nipis setiap pagi. Hal ini karena jeruk yang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C ini dapat menyerap kalsium yang ada pada lemak. Sehingga karena itu, tubuh akan merespon dengan lebih cepat penurunan berat badan

Beberapa poin di atas adalah paparan mengenai 7 cara diet sehat untuk remaja. Meski hasil yang ditampakkan dari cara diet alami ini bertahap-tahap, tapi cara diet semacam ini lebih aman dibandingkan dengan mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan pelangsing.


Post a comment for "Kegemukan? Lakukan 7 Cara Diet Sehat Remaja yang Ampuh Turunkan BB "