Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Makanan Penderita Jantung Koroner Yang Baik Dikonsumsi


Jenis - Jenis Makanan Penderita Jantung Koroner Yang Baik Dikonsumsi. Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di saat memiliki penyakit pun kita harus memfilter makanan yang akan dimakan agar penyakit yang diderita tidak semakin kronis. Dengan mengatur pola makan yang sehat kita memberikan asupan yang seimbang bagi tubuh, Asupan berupa vitamin dan nutrisi akan menjadikan fungsi organ di dalam tubuh bekerja semakin baik.

Tingkat kematian akibat penyakit jantung di Indonesia sangat tinggi. Oleh karenanya banyak orang yang sekarang mulai rajin berolahraga, berpola hidup sehat, dan menjaga pola makan untuk menjaga jantung. Ada banyak berbagai macam buah dan sayuran yang sangat baik bagi kesehatan jantung yang dapat dikonsumsi setiap harinya. Namun, juga ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi karena berbahaya bagi jantung. Berikut jenis – jenis makanan yang sehat bagi orang yang mengalami jantung koroner.

Daftar Makanan Penderita Jantung Koroner Yang Menyehatkan Tubuh

Yogurt

Yogurt merupakan susu yang didapat dari hasil fragmentasi bakteri, berbagai jenis susu bisa dijadikan sebgai yogurt. Yogurt sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu, atau sejak abad ke-3 sebelum masehi. Banyak catatan yang menyebutkan bahwa yogurt berasal dari turki, arti dari kata yogurt dalam bahasa turki yaitu padat.  Yogurt ini sangat baik bagi penderita jantung koroner, selain itu juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.
penderita jantung koroner


Kismis

Kismis merupakan makanan yang biasanya ditabur di atas roti sebagai pemanis. Ternyata makanan ini sangat baik dikonsumi untuk orang yang menderita penyakit jantung koroner. Di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat memerangi bakteri pada gusi. Biasanya orang yang sakit pada bagian gusinya, dapat terserang penyakit padabagian jantung. Kismis mulai dikenal oleh manusia sejak abad ke -11, walaupun bentuknya kecil tapi sangat bermanfaat.

Biji – bijian

Ternyata dengan mengonsumsi biji – bijian secara rutin dapat menngurangi rasa sakit bagi penderita jantung koroner. Hal itu dikarenakan oleh kandungan biji – bijian yang di dalamnya terdapat antioksidan, pitosterol, dan fitoestrogen yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Manfaat lain yang didapat dari makanan ini yaitu dapat membantu seseorang dalam melakukan program menurunkan badan atau diet. Biji – bijian juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang.

Kacang Hijau

Makanan berikutnya yang baik untuk kesehatan jantung yaitu kacang hijau. Kacang hijau termasuk dalam tanaman palawija, tanaman ini sudah terkenal luas di seluruh daratan asia atau daerah tropis. Tanaman ini juga masuk kategori polong – polongan. Menurut penilitian ditemukan bahwa kacang hijau dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

Ikan Salmon

Ikan salmon sangat baik dikonsumi bagi penderita jantung koroner. Ikan ini berasal dari Samudera Atlantik dan Pasifik. Ikan ini baik dikonsumsi dengan intensitas 2 sampai 3 kali dalam seminggu, sehingga resiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun. Ikan salmon memliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki detak jantung yang tidak teratur.

Itulah jenis – jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita jantung koroner. Tentunya semua makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan organ jantung. Konsumsilah makanan – makanan tersebut sesuai takaran yang ada, karena suatu yang berlebihan memiliki dampak yang negatif.

Post a comment for "Jenis - Jenis Makanan Penderita Jantung Koroner Yang Baik Dikonsumsi"